Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cerita Penjumlahan Pecahan


Contoh Soal Cerita Penjumlahan Pecahan

contoh soal cerita penjumlahan pada bilangan pecahan

Daftar Isi

1. contoh soal cerita penjumlahan pada bilangan pecahan


adi membeli 1/2 kg mangga dengan harga per kilo nya 20000 dan dino membeli 2 1/2 kg buah jeruk dg harga 15000 per kilo.jadi berapa kah uang yang dibayar kedua nya?Ani sedang berbelanja di pasar. Ia membeli ½ kg gula pasir, ⅓ kg tepung terigu, dan ¾ kg cabai. Saat di perjalanan pulang, ibunya mengirimkan pesan agar Ani membeli 3⅜ kg beras.
Berapakah total berat bawaan Ani?

Jawabannya :
½+¾+⅓+3⅜ = 12/24 + 18/24 + 8/24 + 3 9/24
= 3 47/24 = 4 23/24 kg.

2. Contoh soal cerita pecahan penjumlahan dan perkalian​


Jawaban:

pecahan : ibu membeli 2 roti dia membagikan roti sama rata jadi 2 per 1 sama dengan 2:1 = 2

perkalian adi memiliki 2kelereng ia beli 3 kelereng caranya adalah 2×3= 6 jadi kelereng adi ada 6

Penjelasan dengan langkah-langkah:

SEMOGA BERMANFAAT


3. Buatlah contoh soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan!


Penjumlahan= Ibu Ani membeli 3/4 kg beras,1/8kg ikan,dan 4/6 kg cabai. Saat ketiganya ditimbang bersamaan. Berat tptal tersebut ialah x. Berapa total semua berat belanjaan ibu Ani?


Pengurangan= Ibu Desi memiliki 3/6 kg karung beras. Lalu ibu Desi menyumbangkan 1/5 kg berasnya kepada tetangga lnya. Berapa berat kg beras ibu Desi sekarang?

4. ( Quiz ! ) ☞ Matematika Soal Cerita .________1 . Pada suatu hari , William , Azka dan Adinda hendak berpergian ke kebun binatang . Mereka semua pergi pada jam ( 08 . 00 ) . Dan sampai pada jam ( 10 . 00 ) .Sesudah itu , mereka semua beristirahat di tempat peristirahatan selama ( 15 Menit ) . Jika mereka semua ( William , Azka , Adinda ) pulang ke rumah masing - masing pada pukul (17 . 00 ) , berapakah waktu yang dihabiskan mereka semua ? ( Dari Pergi Sampai Pulang ) .2 . Ibu membeli satu coklat utuh . Lalu ibu ingin membagi rata kepada semua anak - anaknya . Anak dari ibu adalah 2 anak . Lalu , setelah dipotong coklat tersebut terbagi 2 .Sebutkan jumlah coklat tersebut dalam pecahan ! . (Contoh = 1 /3 atau 1 / 5 atau 1 1 / 28 ??? )​


[tex]\huge\colorbox{gray}{Ambiziuz02}[/tex]

_______________________________________________

[tex]{\boxed{\mathfrak{\huge\red{{\boxed{\mathfrak{\huge\purple{Penyelesaian}}}}}}}}[/tex]

_______________________________________________

[tex]\purple{Penyelesaian}[/tex] [tex]\purple{dan}[/tex] [tex]\purple{langkah}[/tex] [tex]\purple{pengerjaan}[/tex] [tex]\purple{dapat}[/tex] [tex]\purple{ disimak}[/tex] [tex]\purple{pada}[/tex] [tex]\purple{lampiran}[/tex]

_______________________________________________

[tex]\large\bigstar[/tex] Detail Jawaban [tex]\large\bigstar[/tex]

▪ Mapel : Matematika

▪ Cabang : -

▪ Bagian : Operasi Bilangan Bulat

▪ Kelas/Jenjang : 4 SD

▪ Kata Kunci : Pengurangan, Pecahan

_______________________________________________

Diketahui :

Waktu pergi = 08.00

Waktu pulang = 17.00

Ditanya :

Berapakah waktu yang dihabiskan mereka semua ? ( Dari Pergi Sampai Pulang )

[tex]{{\boxed{\boxed{{\bold{Penyelesaian \: Soal}}}}}}[/tex]Waktu yang dihabiskan mereka semua

= Waktu pulang - Waktu pergi

= 17.00 - 08.00

= 09.00

=========================Diketahui :

Ada sebuah 1 cokelat utuh dari ibu yang akan dibagikan sama rata kepada 2 anak.

Sehingga banyak cokelat yang akan dibagikan masing² anak dalam pecahan adalah [tex] \frac{1}{2} [/tex]


5. buatlah 2 contoh soal cerita yang mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan! ​


Jawaban:

1:1×2+3-4

[tex]1 + 7 - 8 + 9 \times 4 \times 5 \div 2 + 8 { {47 \div }^{2} }^{?} \times \frac{?}{?} + 5 + 6 + 2 - 3 + 8[/tex]

Jawaban:

Ani pergi ke pasar untuk membeli beberapa bahan makan dengan membawa uang 150.000. Jika ani membeli 2.5 kg ikan dengan harga 25.000/kg , kangkung 7.000, dan rempah rempah seharga 21.000.

a.berapakah uang yang Ani habiskan untuk membeli bahan makan tersebut

b.berapa sisa uang yang ada pada Ani


6. Seorang guru yang bernama Suwarti mengajar Matematika di kelas IV SD. Dia mengajar topic tentang pecahan. Bu Suwarti menerangkan dan memberi contoh di papan tulis. Bu Suwarti mengatakan “lihat anak-anak, kalau menjumlahkan pecahan penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu, kemudian pembilangnya dijumlahkan. Perhatikan contoh berikut: 1/4 + 2/3 = 4/12 + 3/12 = 7/12. Perhatikan lagi contoh ini: 1/4 + 1/2 = 1/4 + 2/4 = 3/4. Coba lihat yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Beginilah cara mencarinya. Anak-anak diam semua, Kemudian Bu Suwarti melanjutkan memberi soal kepada anak-anak dengan menuliskan 4 soal di papan tulis. Anak-anak pun mulai mengerjakan soal. Namun tidak semua anak mengerjakannya. Hanya beberapa anak yang kelihatan sedang mengerjakan soal, sedangkan yang lain, ada yang mengganggu teman sebelahnya, ada yang seolah-olah mengerjakan soal ternyata hanya menuliskan soal di buku, sedangkan bu Suwarti keluar kelas bercerita dengan teman guru yang lain. Setelah selesai, anak-anak soal dikumpulkan ke depan, kemudian Bu Suwarti menukarkannya ke pada siswa yang lain untuk dikoreksi. Salah seorang anak diminta menulis jawabannya di papan tulis. Tetapi jawabannya salah. Bu Suwarti tidak sabar, Bu Suwarti sendiri yang menulis semua jawaban di papan tulis. Kemudian anak-anak mengoreksi hasil jawaban temannya dengan melihat kunci jawaban di papan tulis. Ternyata hasilnya membuat Bu Suwarti kecewa karena dari 27 orang anak, hanya 3 orang yang benar 1 jawaban, dan 1 orang yang benar semua. Pertanyaannya: 1. Identifikasi 3 kelemahan pelajaran yang dilakukan Bu Suwarti dalam mengajarkan matematika, kemudian beri alasannya. 2. Bila Saudara yang menjadi bu Suwarti, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembelajarannya.


Jawaban:

1. - tidak sabaran

- terlalu terburu-buru

- kurang memperhatikan anak-anak yang tidak mengerjakan

2. Sebelum memberi soal seharusnya ditanya terlebih dahulu muridnya, apakah sudah paham atau belum, jika belum dijelaskan lagi bagian yang belum paham, jika sudah baru dilanjutkan memberi soal. Setelah itu mulai memperhatikan anak-anak yang sepertinya kesusahan mengerjakan dan mulai dibantu cara mengerjakannya, bukan memberi jawaban. Lalu saat mengoreksi jawaban seharusnya membiarkan anak menulis jawabannya terlebih dahulu, jika ada yang salah dijelaskan bagian yang salah, agar anak paham dan mengerti letak kesalahannya.

Penjelasan:

Semoga membantu


7. 1 Menentukan anggota-anggota dari himpunan (Himpunan) Himpunan bilangan asli kurang dari 52 Menentukan anggota himpunan A irisan anggota B komplemen (Himpunan) Tiga himpunan S, A dan B3 Menentukan banyaknya anggota himpunan A (Himpunan) Himpunan bilangan bulat antara 1 dan 104 Menentukan kelipatan anggota himpunan (Himpunan Kelipatan) 5 antara 20 dan 1005 Menentukan banyaknya himpunan bagian yang mungkin dari himpunan tersebut (Himpunan) Himpunan dengan 5 anggota6 Menentukan irisan kedua himpunan (Himpunan) Dua himpunan, himpunan bilangan prima dan himpunan bilangan ganjil7 Menentukan komplemen dari A gabung B (Himpunan) Tiga himpunan S, A dan B8 Menentukan banyaknya anggota dari A gabung B (Himpunan) Banyaknya anggta himpunan A, B dan A iris B9 Menentukan banyaknya himpunan bagian yang beranggotakan 2 elemen (Himpunan) Himpunan bagian10 Menentukan banyaknya siswa yang gemar kedua ekskul tersebut (Himpunan) Contoh kasus siswa peserta ekskul Pramuka dan PMR11 Menentukan operasi dari daerah yang diarsir. (Himpunan) Diagram venn dengan himpunan beririsan12 Menentukan peserta yang mengikuti lomba cerpen saja. (Himpunan) Contoh kasus siswa peserta lomba baca puisi dan lomba menulis cerpen13 Menyederhanakan bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dengan beberapa suku14 Menentukan koefisien dari salah satu suku yang ada (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dengan beberapa suku15 Menentukan banyak suku pada bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Beberapa bentuk aljabar16 Diberikan beberapa bentuk aljabar. Peserta didik dapat menentukan bentuk aljabar yang memiliki dua suku sejenis (Bentuk Aljabar) Beberapa bentuk aljabar17 Menyederhanakan penjumlahan bentuk aljabar tersebut. (Bentuk Aljabar) Bentuk-bentuk aljabar18 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar (Bentuk Aljabar) Perkalian19 Menentukan hasil perkalian bentuk aljabar (Bentuk Aljabar) Dua suku bentuk aljabar yang sama20 Menyederhanakan perkalian aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Dua bentuk aljabar yg berbeda21 Menentukan KPK dari ke tiga bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Tiga bentuk aljabar yg berbeda22 Menentukan hasil akhir dari bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Bentuk aljabar dan nilai dari variabel-variabelnya23 Menyederhanakan pembagian dua bentuk aljabar tersebut (Bentuk Aljabar) Dua bentuk aljabar yg berbeda24 Menentukan panjang sisi dari persegi panjang tersebut. (bentuk Aljabar) Persegi panjang diketahui luas dan lebarnya25 Menentukan persamaan linear satu variabel (Persamaan linear satu variabel) bentuk-bentuk persamaan26 Diberikan persamaan linear dg variabel x. Peserta didik dapat menentukan nilai x yang benar (Persamaan linear satu variabel) Persamaan linear27 Menentukan penyelesaian PLSV (Persamaan linear satu variabel) Persamaan linear dg variabel x 28 Menentukan penyelesaian PLSV (Persamaan linear satu variabel( Persamaan linear dg variabel x 29 Menentukan harga sebuah penggaris dan sebuah pensil. (Persamaan linear satu variabel) Aplikasi Persamaan linear30 Menentukan nilai x (Persamaan linear satu variabel) Aplikasi Persamaan linear pada bidang datar (segitiga)31 Menentukan batasan tersebut dengan notasi pertidaksamaan (Pertidaksamaan linear satu variabel) Contoh kasus32 Menentukan penyelesaian PtLSV (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pertidaksamaan linear33 Menentukan pertidaksamaan yang ekuivalen dengan pertidaksamaan yg dimaksud (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pertidaksamaan linear satu variabel34 Menentukan panjang kaki dari segitiga tersebut (Pertidaksamaan linear satu variabel) Soal cerita tentang segitiga sama kaki35 Menyederhanakan bentuk aljabar terebut (Pertidaksamaan linear satu variabel) Pecahan bentuk aljabarplis, jawab secepat mungkin ​


Jawaban:

1.{1,2,3,4}

3. {2,3,4,5,6,7,8,9}

Penjelasan dengan langkah-langkah:

cuman bisa itu untuk lainnya itu soalnya belum lengkap,kayak anggota a nya apa gitu jadi nggak bisa di kerjain


8. Membuat Soal Cerita tentang Penjumlahan Pecahan dengan Penyebut yang SamaBuatlah dua buah contoh soal cerita tentang penjumlahan dengan penyebut yang sama. Tulis juga penyelesaiannya​


1. Ibu mempunyai sebuah kue yang baru matang. kemudian, ibu memotong kue tersebut menjadi 10 bagian. lalu Andi memakan 2 bagian kue tersebut, sedangkan Ranti memakan 1 bagian kue itu. berapa bagian kue yang telah Andi dan ranti makan..?

Jawab: Andi; 2 bagian kue

            Ranti; 1 bagian kue

            2/10 + 1/10 = 3/10,

            Jadi, total seluruh bagian kue yang Andi dan Ranti makan adalah             3/10

2. Kakak punya 13/20 bagian pizza dan 3/20 bagian pizza, bila digabungkan, berapa bagian pizza yang kakak punya...?

Jawab: 13/20 + 3/20 = 16/20 atau 4/5


9. SOAL CERITA PERKALIAN PECAHANContoh : Ibu membeli 96 butir telur untuk persediaan membuat kue .Sebanyak 23 bagian dipakai ibu untuk membuat kue bolu.Berap butir sisa telur milik ibu ?Jawab : Telur yang digunakan : 23 x 96 = 64 butirJadi sisa telur milik ibu = 96 - 64 = 32 butirLATIHAN SOAL1.Jumlah siswa di suatu sekolah ada 450 orang.Banyak siswa perempuan ada 35 bagian .Berapa orang jumlah siswa laki-laki ?Jawab : 2. Muhtia mempunyai uang tabungan sebesar Rp. 180.000,00. Sebanyak 34 bagian dari uang itu sudah dibelikan alat tulis.Berapa rupiah uang yang dibelikan Muthia untuk membeli aklat tulis ?Jawab : 3.Pak Dharma memiliki sebidang tanah dengan luas 2.500 m². 25 bagian dari tanah tersebut di tanami pohon manga ,dan sisanya ditanami pohon jeruk.Berapa m² luas tanah yang ditanami jeruk ?Jawab : 4.Bu Sinta memiliki 2 kwintal beras. Sebanyak 34 bagian disumbangkan untuk korban banjir. Berapa kg beras yang sudah disumbangkan Bu Sinta untuk korban banjir ?1 kwintal = 100 kgJawab : 5.Bu Ani mempunyai persediaan bahan untuk membuat kue. Tepung terigu 2,5 kg. telur 3,05 kg dan mentega 1,25 kg. berapa kg berat keseluruhan bahan kue Bu Ani ?Jawab : 6.Toko Sembako Sadewa mempunyai persediaan minyak goreng 25 liter. Selama 3 hari terjual masing - masing 3,5 liter, 5,75 liter dan 7,25 liter . Berapa liter sisa minyak goreng yang belum terjual ?Jawab : 7.Kebun Desa Makmur memiliki luas 5 hektar. Kebun itu ditanami pohon kelapa 1,85 hektar. Pohon pisang 2,75 hektar dan Pohon jeruk 1,5 hektar. Dan sisanya ditanami pojon jagung. Berapa hektar luas tangah yang ditanami pohon jagung?Jawab :8.Ibu mempunyai persediaan terigu 2,5 kg. Ibu membeli lagi 3, 75 kg. terigu itu digunakan untuk membuat kue sebanyak 4,25 kg. Berapa kg sisa terigu milik ibu ?Jawab : nanti ku follow kalo jawab semuanyangasal atau jawabnya gaje bales dendammakasih kakak -v-​


1. Jumlah semua siswa di sekolah : 450

Jumlah Siswa perempuan di sekolah : 35

Jadi Jumlah Siswa pria adalah :

450-35= 415

2. Uang tabungan Muthia : 180.000

Uang yang dipakai untuk beli alat tulis : 34 bagian

Sisa uang Muthia adalah :

180-34= 146

3. Luas tanah : 2.500 m²

luas tanah yang ditanami pohon : 25 bagian

sisa luas tanah pak dharma adalah :

2.500-25= 2.475

4. Bu Sinta sudah menyumbangkan sebanyak 2 kwintal beras / 200kg beras

5. tepung terigu : 2,5 kg

telur : 3,05 kg

mentega : 1,25 kg

jadi berat semuanya adalah 6.8 kg

6. jawabannya 8.5

7. gak tau...maaf banget ya :(

8. -5.5

maaf banget yaa..ada yang aku gak tau :(

semoga membantu :3


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cerita Penjumlahan Pecahan"