Buku Guru Kelas 4 Tema 5
Mapel: IPSKelas: 5 SDBuku: Bupetik Tema 4 "Sehat Itu Penting"Jangan Ngasal ya, kalau Ngasal langsung report dan tolong cepat di jawab karena aku udh diingatin guru aku :I
1. Mapel: IPSKelas: 5 SDBuku: Bupetik Tema 4 "Sehat Itu Penting"Jangan Ngasal ya, kalau Ngasal langsung report dan tolong cepat di jawab karena aku udh diingatin guru aku :I
Jawaban:
Interaksi sosial terjalin antara: Teman/kelompok
Interaksi sosial mengarah: kekompakkan dan kerja sama
Alasan: Kekompakkan dan kerja sama dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan sesuatu
Interaksi sosial terjalin antara: Teman
Interaksi sosial mengarah: tolong menolong
Alasan: kita harus saling tolong menolong agar tidak terjadi perselisihan atau permusuhan
Penjelasan:
semoga membantu:)
*adik kelasku jg nanyain itu kemaren dan jawabannya bener..
kelas lima kan?
2. B.Terjemahkanmufrodatdibawahinikedalambahasaarab!1)PakgurumengajarbahasaArabdikelas62)Murid-muridpulangdarimadrasahsetelahsholatdhuhur3)Aniberangkatkemadrasahbersamateman-temanya4)Amirmeminjambukudiperpustakaan5)BugurumembacabukuC.Terjemahkankalimatdibawahinikedalambahasaindonesia!
Jawaban:
1. المدرس يدرس اللغة العربية في الفصل السادس.
2. التلاميذ يرجعون من المدرسة بعد صلاة الظهر .
3. أني تذهب الي المدرسة مع اصدقاءها.
4. أمير يستعير الكتاب في المكتبة.
5. المدرسة تقرأ الكتاب.
Penjelasan:
semoga membantu
3. Tema 8 Subtema 3 Aku Suka BertualangPenugasan1. Buatlah kelompok bersama teman sebelahmu.2. Tanyakan kepada 10 temanmu di kelas, tempat wisata apakah yangpernah mereka kunjungi.3. Tulislah data tersebut ke dalam tabel di buku tugas kalian masing-masing.4. Berdasarkan data tersebut, buatlah juga diagramnya.5. Setelah itu, tulislah informasi-informasi yang dapat kamu perolehberdasarkan data tersebut.6. Presentasikan hasilnya di depan kelas.7. Kumpulkan hasilnya kepada gurumu untuk dinilai.
Jawaban:
wisata yang pernah saya kunjungi adalah GBR disana banyak kali dan pohon
4. 1. Berikut ini disajikan teks yang diambil dari buku siswa kelas 1, Tema: Diriku; Subtema 1: Aku dan Teman Baru Teman Baru Siti senang sekali. Ini hari pertama Siti bersekolah. Siti akan bertemu dengan teman baru. Siti siap pergi ke sekolah. Siti memberi salam kepada orang tuanya. Lakukan analisis teks! Apakah ada kesesuaian dengan tema dan subtema? Tunjukkan kesesuaian/ketidaksesuaian antara tema dengan isi teks dan tunjukkan pula kesesuaian/ketidaksesuaian antara subtema dengan isi teks! 2. Disediakan sebuah teks iklan layanan masyarakat. Susunlah 5 pertanyaan tersirat berdasarkan teks tersebut! 3. Pada awal kegiatan menulis permulaan, guru mengajak para siswa melakukan kegiatan menulis tanpa buku. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan bercerita yang kemudian diikuti kegiatan menulis di udara yang berhubngan dengan cerita awal. Buatlah sebuah cerita pendek (4-6 kalimat) yang akan dimanfaatkan untuk menulis garis lengkung ke arah kanan di udara! Siapkan perintah membuat garis lengkung ke arah kanan. Perintah tersebut masih terhubung dengan cerita. PDGK4101-2 2 dari 2 4. Pantun adalah puisi lama. Pantun dapat diubah menjadi prosa sehingga lebih mudah dipahami. Ubahlah 5 pantun ini menjadi prosa. Pergi ke pasar beli bumbu Dimasak dengan diramu entah seperti apa dirimu aku tetap cinta padamu Pergi ke toko membeli paku Pulang-pulang kubuat sebuah bangku Wahai engkau bidadariku Maukah kau menjadi pacarku Jangan engkau bermain api Jika engkau tak ingin terbakar olehnya Putus cinta jangan kau sakit hati Masih ada banyak hati yang lainnya Jangan suka bermain tali Kalau tak ingin terikat olehnya Putus cinta jangan disesali Pasti kan datang cinta yang lainnya 5. Pada hari Minggu, Ibu Ani secara tidak sengaja mendengar seorang asisten rumah tangga menyanyikan lagu Si Kancil bersama dengan anak asuhannya di taman warga. Ia teringat anaknya yang berusia 8 tahun yang sangat menyukai lagu tersebut. Ia juga teringat dongeng yang mendasari lagu itu. Dongeng itu amat disukai anak-anak SD kelas dua. Sebagai guru SD kelas dua, Ibu Ani meyakini dongeng kancil dapat dijadikan sebagai media menyimak di kelasnya. Bantulah Ibu Ani sampai dia menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak untuk SD kelas dua dengan memanfaatkan dongeng kancil!
Berikut jawaban soal-soal di atas:
NOMOR 1
Iya, terdapat kesesuaian antara tema dan subtema. Temanya adalah ‘Diriku’ sedangkan subtemanya adalah ‘Aku dan Teman Baru’.Kesesuaian tema dan subtema serta subtema dan isi teks sangat jelas karena ‘Diriku’ sudah tentu berkaitan dengan segala kehidupan seseorang termasuk ketika ia menjalin hubungan dengan teman-temannya. Subtema ‘Aku dan Teman Baru’ sesuai dengan isi teks sebab menceritakan kisah Siti yang bertemu teman barunya di sekolah.NOMOR 2
Soal ini tak bisa dijawab karena teks iklan layanan masyarakat yang diminta untuk dibuatkan 5 pertanyaan tersirat tidak disertakan.
NOMOR 3
Berikut cerita pendek berisi 4 kalimat yang menceritakan mengenai garis lengkung ke arah kanan di udara:
Anak-anak, apakah kalian senang menunggu hujan selesai? Jika hujan selesai, jika beruntung kita bisa melihat pelangi. Pernah kah kalian melihat pelangi? Pelangi itu seperti lukisan garis melengkung di udara. Garisnya terdiri dari banyak warna sehingga sugguh indah dipandang. Kalian bisa menggambar pelangi dengan menarik garis lengkung ke arah kanan di udara (guru bisa menginstruksikan dan meminta anak-anak mengikuti gerakannya ke kanan lalu menjelaskan apa yang dimaksud garis lengkung).NOMOR 4
Berikut hasil gubahan pantun di soal menjadi prosa:
Aku tak peduli bagaimana dirimu karena apapun itu aku akan tetap mencintaimu. Kamu yang kulihat bagai bidadari, apakah berkenan jadi kekasihku? Aku sangat paham bahwa jatuh cinta itu sulit jadi baiknya hati-hati agar tidak disakiti apalagi jika putus cinta rasanya konon seperti mau mati. Tapi biar begitu, aku percaya bahwa putus cinta tak harus disesali karena sudah pasti hati akan sembuh dan bertaut dengan cinta lainnya di lain waktu.NOMOR 5
Agar Ibu Ani bisa menghasilkan pembelajaran menyimak untuk siswa SD kelas II dengan memanfaatkan dongeng Si Kancil maka ia harus memahami isi dongeng tersebut lalu mempelajari intonasi dan gerak tubuh (gesture) terbaik dalam membaca dongeng. Dengan kemampuan dan penguasaan yang baik akan cerita maka Ibu Ani bisa melaksanakan pembelajaran menyimak bacaan bagi siswanya dengan baik. Tentu dongeng yang dibacakan dengan penuh penghayatan akan menarik perhatian siswa sehingga mereka akan menyimak dengan baik.
PembahasanSoal di atas berkaitan dengan pembelajaran bagi siswa SD kelas II. Soal ditujukan bagi mahasiswa keguruan dan bukan untuk siswa pada jenjang manapun. Soal berkaitan dengan pembagian pelajaran tema dan subtema, mengubah pantun menjadi prosa dan lain-lain.
Pelajari Lebih LanjutPelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan pantun tua pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/35300494#BelajarBersamaBrainly
#SPJ1
5. manakah pernyataan - pernyataan di bawah ini yang mengandung masalah? 1. Amanat cerpen yang menggurui2. Cerita dalam novel yang banyak menggunakan kata kasar. 3. Tema cerpen yang lebih menghebatkan kehidupan orang - orang Barat. 4. Tokoh suatu cerita yang menggambarkan sosok pelajar pedesaan. 5. Latar novel yang menggunakan waktu zaman sebelum kemerdekaanMasalah no :Alasan :Bukan masalah no : Alasan :Lebih jelas : buku paket bahasa indonesia kelas 8 halaman 262
Masalah no: 2
Alasan: Karena disitu terdapat masalah yaitu dalam novel tsb menggunakan kata kasar
Bukan masalah: 1,3,4,5
Alasan: Karena tdk terdapat masalah di setiap kalimat
Semoga bermaanfaat.
6. Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3! ............................. Doni ingin barter prangko lagi, maka ia menyuruh ketiga temannya untuk membawa album prangko mereka. Di taman sekolah, mereka saling melihat isi album prangko lagi. Tiba-tiba Doni berkata, "Maafkan aku, Bob. Tapi kau telah mencuri prangko Oscar!" Semua terkejut. Bobi segera membantah dengan keras, "Enak saja kau menuduhku. Mana buktinya?" "Katamu kemarin, tantemu tinggal di Amsterdam. Tapi stempel prangko yang terbaca di sini adalah 'tterdam'," kata Doni sambil menunjuk tulisan stempel di atas prangko. Semua bergantian melihatnya dengan teliti. ....................................... 1. Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. halaman sekolah c. ruang kelas b. taman sekolah d. kantor guru 2. Latar suasana dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. senang c. kalut b. sedih d. tegang 3. Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. Doni c. Bobi b. Oscar d. Ranu Perhatikan dialog interaktif berikut! ................................. Budiyanto : "Harus saya katakan, sejauh ini belum maksimal. Untuk memaksimalkan kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu belum seimbang. Penyiar : "Lalu apa indikator ketidakmaksimalan tersebut, Pak?" Budiyanto : "Dilihat dari faktor guru saja. selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih terkesan "diambilkan" dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal, seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati, kreativitas, dan improvisasi dalam kelas." ................................. 4. Komentar yang tidak tepat diberikan terhadap kutipan dialog di atas adalah ... . a. Keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan memang diperlukan untuk memaksimalkan pembinaan anak cerdas istimewa. b. Anak-anak istimewa tentunya membutuhkan guru yang cerdas dan kreatif. c. Seharusnya guru-guru cerdas tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang cerdas saja, tapi untuk seluruh siswa. d. Huh ... lagi-lagi masalah dana! Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6! Setidaknya buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar di sekolah dalam rangka membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna, serta belajar dapat dianggap oleh para murid sebagai hal yang menyenangkan. Hanya saja ada yang sedikit mengganggu yakni pada tampilan buku itu sendiri yang kelihatan belum digarap secara cukup baik. Terbukti masih terlalu banyak "pesan sponsor" dalam bentuk berbagai kata pengantar, juga sampul buku yang sangat terkesan seadanya sehingga kurang "mencuri" perhatian orang yang melihatnya. 5. Paragraf di atas merupakan contoh ... . a. pembuka resensi b. isi resensi c. pendahuluan resensi d. penutup resensi 6. Kalimat yang merupakan kritikan dalam kutipan resensi di atas adalah ... . a. Buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar. b. Buku ini bisa menjadi pedoman guru untuk membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna. c. Belajar dapat dianggap murid sebagai hal yang menyenangkan. d. Tampilan buku itu kelihatannya belum digarap secara cukup baik. 7. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku, kecuali ... . a. judul buku b. biografi penulis buku c. penerbit buku d. ringkasan buku 8. Di era globalisasi ini semua serba digital. Kata digital termasuk kata asing yang diserap dalam bahasa Indonesia melalui ... . a. adopsi b. adaptasi c. terjemahan d. kreasi Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! .......................... "Rumah kita kemasukan pencuri," sahut Bu Sinta. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasannya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa peralatan elektronik yang ada di ruang tengah. Bu Sinta terduduk lemas tatkala melihat sebuah catatan kecil di atas bantal, "Sekarang kalian tahu siapa pengirim karcis itu." 9. Tema kutipan cerpen di atas adalah ... . a. kehilangan uang, perhiasan, dan peralatan elektronik b. pencurian c. catatan kecil d. pemberian karcis pertunjukan 10. Latar tempat dalam kutipan novel di atas adalah ... . a. ruang tamu b. ruang tengah c. kamar tidur d. teras
1.b 2.d 3.a 4.c 5.a 6.d 7.d 8.d 9.b 10.b
7. 1. Perhatikan unsur-unsur di bawah ini ! 1) Cover buku 2) Imajinasi 3) Penokohan 4) Konotatif 5) Tema cerita Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan unsur unsur cerita nonfiksi adalah nomor... A. 1 dan 2 B. 1 dan 5 C. 3 dan 5 D. 3 dan 4 Perhatikan teks di bawah ini untuk soal nomor 2 dan 3! Adit selalu dapat mengerjakan tugas dari guru dengan baik Saat ulangan pun, Adit sering kali menjawab semua soal dengan benar. Tidak heran jika Adit selalu juara kelas. Adit memang anak yang... 2. Kata yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah... A. cerdas B. malas C. Pandai D. Bodoh 3. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah A. Adit anak yang malas B. Adit sering kali menjawab soal dengan benar C. Adit tidak pernah mengerjakan tugas D. Adit selalu juara kelas
Jawaban:
1. B
2. A
3. D
Penjelasan:
semoga membantu
Jawaban:
1. A. 1 dan 2
2. A. Cerdas
3. D. Adit selalu juara kelas / B. Adit sering kali menjawab soal dengan benar
Penjelasan:
Untuk nomor 3 saya takut salah. Bisa diantar D atau B. Tapi sepertinya D. Jika D salah maka kemungkinan B. Maaf jika salah
8. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!
Jawaban:
1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.
2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.
Penjelasan:
Semoga membantu♥~
9. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya
Jawaban:
1.tema : rajin belajar
Jawaban:
1)Tema=Rajin Belajar
2)Latar=
-Tempat:Sekolah
-Waktu:Hari Senin
7)alur=Maju
Penjelasan:
Maaf Nomor Segitu Doang Yang aku Tahu:)
10. Bantu jawab kaakak kelas 9membuat cerpen pada buku bi halaman 85, caranya:1. buatlan naskah cerpen minimal 2 lembar, boleh tulis tangan atau diketik.2. naskah cerpen dikumpulkan ke rumah bapak atau dikumpulkan di meja bapak di ruang guru paling lambat senin, 28-9-20203. tema cerpen: pengalaman sendiri selama pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-194. judul bebas sesuai tema5. kriteria penilaian: a. kelengkapan aspek cerpen (judul, nama, kls, dialog, narasi) b.kelengkapan unsur intrinsik cerpen c. keterpaduan struktur cerpen d.penggunaan bahasa/eyd
Jawaban:
Kegiatanku saat Masa PandemiSuara alarm telah membangunkanku, aku pun bangun kemudian sholat subuh lalu mandi dan berpakaian. Lalu aku sarapan kemudian berangkat ke sekolah. Aku sangat bersemangat untuk sekolah, padahal berita tentang virus Corona telah menyebar ke seluruh Tanah Air bahkan dunia.
Aku berharap daerahku tidak terdampak virus Corona, tapi ternyata saat aku mengikuti upacara pengumuman bahwa sekolah diliburkan selama 2 minggu dan murid-murid harus belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona ini, tapi ternyata belajar di rumah diperpanjang waktu yang belum ditentukan.
Selama di rumah, aku belajar lewat online dan membantu pekerjaan orang tuaku, seperti menyapu, mencuci piring, mencuci baju, membereskan rumah dan lain-lain. Di rumah kadang ketika ada waktu luang saat semua pekerjaan rumah sudah selesai, aku sedikit meluangkan waktu untuk menonton drama, anime, atau membaca-baca novel, banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari menonton semua itu karena terdapat pesan moral, hikmah, dan juga motivasi motivasi dari tontonan yg aku tonton.
Bulan Ramadhan telah tiba, tapi virus Corona tak kunjung pergi alhasil ulangan kenaikan kelas dilakukan secara online. Aku pun mengikuti ulangan online selama 1 minggu. Setelah ulangan online itu, pembagian rapor Alhamdulillah aku naik kelas 9, Setelah pembagian rapor, belajar online diliburkan selama beberapa minggu.
11. 1.Kata Kata dibawah Ini termasuk unsur unsur drama, kecuali....A.DiksiB. alurC. PenokohanD. latar2.berikut Ini yg tidk termasuk unsur drama adalah....A. tokohB. dialogC. alurD.naskah3. pada acara perpisahan guru, Sinta akan menyampaikan pidato singkat. tema pidato yang tepat untuk cara tersebut adalahA. Hidup adalah perjuanganB. jasa guru takkan TerlupaC. habis manis sepah dibuangD. Kasihanilah sesama4. Dibawah ini merupakan langkah-langkah melaporkan isi buku,kecualiA. mencatat judul,nama pengarang,jumlah halaman, penerbit dan tahun penerbitB. menyimpulkan isi buku tersebut Dan mencatat pokok-pokoknyaC. menyampaikan laporan tersebut di depan kelas dengan Kalimat yang runtutD. Menolak Dari semua isi buku yang dibaca5.Berikut Ini yang Bulan jenis alur adalahA. majuB. mundurC. campuran D. budaya
1.A
2.C
3.B
4.D
5.D
Maaf kalau salah ya kak :)
1.A
2.C
3.B
4.D
5.D
Maaf ya kalau salah :-)
12. tanda titik duolan"Maksu"ya bedan distritAyo, salinlah kalimat-kalimat berikut menggunakan tanda baca yang tepat!3. objek lukisan rangga bermacam-macam pemandangan alam dan bungaAyo Menyalin1. maya gemar menyanyi membaca dan menulis2. dimas membawa peralatan olahraga bola raket dan kokАуKegiatankonsumsialir dari ptersebutterkait!Jenis b4. pameran lukisan banyak pengunjungnya para siswa orang tua dan guruPenjeJenis5. rio melukis dengan cat minyak cat air dan krayon1Buku Siswa Tematik Kelas IV - Tema 4110Peker
Jawaban:
maksudnya?maaf saya tidak mengerti
Penjelasan:
terimakasih atas poinnya
13. Gatekna tuladha pengalaman ini Ulangan Lelakon ik kedadean kira-kira wulan September 2016 ing sekolahane mbakyukiwanie mbakyuku tingkahe pancen lucu-luc lan anash-aneh Ana salan jenenge Pud bosahe pancen rada nakal Gandheng isih kelas 5D biasane yen sekolah mestiera lan ditunggoni ibune Sawijining dina, ing klase Rudi dianakake Wangan harian kanca-kancane Rudi pada anteng nggarap ulangan Dumadakan ibune Rud sing nunggu ane naba kelas imball Rudi supaya metu saka kelas. Gurune kelas ngira menawa Rudi arep pipis utawa arep diparing dhuwit kanggo mbayar buku dening ibune mula ya meneng bae Ndilalah ing njaba ana guru kelas liya sing mentas saka kamar mandhi meruhi yen Rudi lagi dikandhani jawabane ulangan dening bune Mula Ibune Rudi banjur disengeni dening guru kelas llya iku Amarga rumangsa isin, ibune Rudi nganti kaya arep nangis Lha wong sing sekolah bocahe, kok ibune melu njawab ulangana Garapan 1. Wangsulan pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi trepi 1 Sapa sing crita "Wlangan" iku? Wangsulan: 2 Kapan kedadeane pengalaman iku? Wangsulan: wulan September 2016 3 Kepriye tingkahe siswane mbakyuku Kinatri? Wangsulan: IUCu_lucu lohano anch 4. Sapa sing dicritakake nakal? Wangsulan: Rudi 5 Kelas pira bocah mau? Wangsulan: SDI 6 Kepriye kahanane kelas yen ana ulangan? Wangsulan: antong nggarakulangan 7. Sapa sing nimbali Rudi nalika ulangan? Wangsulan: Gurung Apa pangirane Bu Guru nalika Rudi metu? Wangsulan arep Pipis utawa arop di patingi stwo 9 Geneya ibune Rudi kaya arep nangis? Wangsulan :lah wong sing sekolah berhakoniblement 10 Sing mechi yen Rudi dikandhani jawabane ulangan, gurune dhewe apa guru klasiya? Wangsulan: gurulyant II. Coba dhiskusekna karo kancamu tema utawa topik apa wae sing apik bangga diorita marang wong llwal Tuis 5 tonik sing kosenepoll
Jawaban:
Perhatikan contoh pengalaman ini.Pengulangan apa yang terjadi pada bulan September 2016 di sekolah saudara perempuan saya.Perilaku saudara perempuan saya benar-benar lucu dan aneh.Ada salan bernama Pud.Kelas Rudi diadakan Harian Wangan Teman-teman Rudi dengan tenang mengerjakan latihan Tiba-tiba ibu Rud sedang menunggu kelas imball Rudi keluar dari kelas. Guru kelas mengira Rudi akan buang air kecil atau diberi uang untuk membayar buku oleh ibunya, jadi dia diam.Tiba-tiba, guru kelas lain keluar dari kamar mandi dan memperhatikan bahwa Rudi sedang diulang oleh ibunya. Jadi ibu Rudi menyukai guru kelas itu karena merasa malu, ibu Rudi hampir menangis Lha orang yang menyekolahkan anaknya, mengapa ibunya ikut menjawab pengulangan Latihan 1. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar
(1. Siapa yang cerita "Wlangan"? iku (itu)
(2. Kapan pengalaman itu terjadi? September 2016.
(3. Bagaimana perilaku murid-murid kakak saya Kinatri?
lucu
(4. Siapa yang dibilang nakal? Rudi
(5. ada berapa anak?
(6. Bagaimana kondisi kelas jika ada ulangan? antong nggarakulangan
(7. Siapa yang menelepon Rudi saat latihan? Guru
(8. Apa yang Guru pikirkan ketika Rudi keluar?
(9 .Mengapa ibu Rudi ingin menangis? lihatlah orang yang sekolahnya berhakoniblement
(10. Siapa yang mechi jika Rudi disuruh menjawab berulang-ulang, gurunya sendiri atau guru kelasnya? gurunya
II. Coba diskusikan dengan teman Anda tema atau topik apa pun yang Anda banggakan untuk diceritakan kepada orang-orang llwal Tuis 5 tonic kosenepoll
Penjelasan:
Diterjemahkan dr Bahasa Jawa ke Indonesia
semoga membantu
14. Tema: Anak Sekolah Rajin Belajar Hari Senin yang cerah. Setelah anak-anak upacara bendera, mereka menuju kelasnya masing masing untuk mendapat mata pelajaran dari guru. Hari ini ada mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Jawa, dan PPKN. Mata pelajaran pertama adalah matematika. Ibu guru menyuruh untuk mengerjakan halaman 5 sampai 6. Suasana kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal. Kemudian setelah selesai, bu guru berpesan untuk mempelajari materi perkalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu bisa diadakan tes dadakan. Setelah selesai mendapat pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tika, Dwi, dan Rima pulang bersama jalan kaki karena jarak rumah mereka yang tak jauh dari sekolahan. “Habis makan siang nanti kita bermain yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan ibuku dari Bandung.” Pinta Rima pada kedua sahabatnya. “Asyik.” Ucap Dwi dengan penuh kegembiraan. “Gimana, Tik, kamu bisa ikut tidak?” “Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru berpesan untuk belajar karena siap-siap jika ada tes dadakan.” Sanjang Tika dengan polosnya. Sesampai di rumah masing-masing, Tika langsung ganti baju, makan siang, solat, kemudian istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya jika kurang paham dengan materi di buku. Sedangkan Dwi dan Rima bermain boneka sampai larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinnya mereka berangkat bersama dan sesampai di kelas ternyata memang ada tes dadakan. Dwi dan Rima merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilainya jelek sehingga harus mengulang tes susulan. Lain halnya dengan Tika. Dia mendapat nilai terbaik di kelas karena dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta agar Dwi dan Rima belajar dengan temannya, Tika. “Wah, Tik, selamat ya, nilaimu 10. Besok kita ikut belajar denganmu ya.” ucap Rima pada Tika. Tolong cari Tema, 2. Tokoh, 3. Penokohan, 4. Alur, 5. Latar, 6. Gaya Bahasa, 7. Sudut Pandang, 8. Dan Amanat.
Berikut ini merupakan unsur-unsur intrinsik dari cerita pendek berjudul Rajin Belajar di atas:
Tema: PendidikanTokoh: Dwi, Rima, Tika, dan Ibu Guru.Penokohan: Dwi dan Rima tidak serius belajar dan lebih suka bermain boneka. Sementara Tika rajin belajar dan tekun. Ibu Guru bijaksana dan baik dalam menasehati.Alur: MajuLatar waktu: Siang dan malam hari.Latar tempat: Sekolah dan rumah Tika.Latar suasana: Penuh penyesalan.Gaya bahasa: Menggunakan bahasa sehari-hari tanpa majas yang berlebihan.Sudut pandang: Orang ketiga.Amanat: Kita harus rajin belajar dan selalu mempersiapkan diri terhadap apa pun.PembahasanCerita pendek merupakan jenis karya sastra yang dikemas dalam bentuk tulisan berisi kisah yang pendek, ringkas, dan berkesan. Cerpen mengandung unsur-unsur intrinsik yang membangunnya, antara lain:
Tema, yaitu ide yang mendasari cerita tersebut.Tokoh dan penokohan, yaitu karakter yang terlibat dalam cerita beserta watak dan perilakunya.Alur, yaitu rangkaian cerita berdasarkan masa yang digunakan.Latar, yaitu dasar peristiwa dalam cerita, mulai dari tempat, waktu, hingga suasana.Gaya bahasa, yaitu pemilihan bahasa yang digunakan dalam cerita.Sudut pandang, yaitu cara penulis dalam menyampaikan ceritanya.Amanat, pesan yang ingin disampaikan melalui cerita.Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian cerita pendek https://brainly.co.id/tugas/24099996Materi tentang pengertian cerpen https://brainly.co.id/tugas/599619Materi tentang struktur cerpen https://brainly.co.id/tugas/602974Detail jawabanKelas : 8
Mapel : Bahasa Indonesia
Bab : Membaca Cerpen
Kode: 8.1.5
#AyoBelajar #SPJ2
15. "Rajin Belajar"Hari Senin yang sangat cerah. Setelah anak-anak selesai malaksanakan upacara bendera, mereka semua menuju kelas nya masing masing untuk belajar di kelas nya.Hari ini ada empat mata pelajaran yakni, matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah.Mata pelajaran yang pertama adalah matematika. Bapak guru menyuruh untuk ,engerjakan halaman 7 sampai 8.Suasana di dalam kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal yang di berikan oleh bapak guru tersebut.Setelah selesai, kemudian pak guru berpesan kepada murid-muridnya untuk mempelajari materi per-kalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu akan diadakan tes dadakan.Setelah selesai melaksanakan proses belajar di sekolah, para siswa kemudian pulang kerumahnya masing-masing.Dinda, Nuryati, dan Indah pulang bersama, mereka bertiga berjalan kaki karena memang jarak sekolah kerumah mereka tidak terlalu jauh.“Setelah makan siang nanti kita bermain bersama ya?. Di rumahku ada boneka baru yang di belikan ayahku dari Bandung.” Pinta Indah kepada kedua temanya.“Asyik.” Ucap Dinda dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Nur, kamu bisa ikut gak?”“Aku tidak bisa ikut. Aku mau belajar saja, karena tadi kan pak guru berpesan untuk belajar untuk persiapan karena akan ada tes dadakan.” Sanjang Nuryati dengan polosnya.Sesampai di rumahnya, Tika langsung ganti baju, makan siang, kemudian tidur siang agar malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan bisa konsentrasi.Sesekali ia bertanya kepada ayahnya jika ada yang kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dinda dan Indah asyik bermain boneka hingga larut sehingga mereka tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harin nya mereka berangkat bersama, sesampai di kelas, ternyata memang ada tes dadakan.Dinda dan Indah merasa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pak guru dan akhirnya mereka mendapat nilai jelek sehingga mereka harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Nuryati. Ia mendapat nilai terbaik di antara teman satu kelas nya karena dia sudah belajar dengan sungguh-sungguh sesuai nasihat gurunya. Bapak guru meminta agar Dinda dan Indah belajar dengan temannya, Nuryati.“Wah, Nur, selamat ya, kamu mendapa nilai terbaik. Besok kita akan ikut belajar denganmu ya.” ucap Dinda pada Nuryati. carilah 1. tema2. latar3. sudut pandang4.penokohan5.gaya bahasa6.amanat7. alur8. pencitraan9. nilai-nilai yg terkandungtolong bantuannya
Jawaban:
1.rajin belajar
2.sekolah pagi hari
3.
4.tokoh nya ayah nya,dinda,nuryati,bapak guru
5.bahasa Indonesia
6.rajin belajar.
7.
8.
9.harus belajar dengan giat
Penjelasan:
maaf kalo salah
Jawaban:
1 rajin belajar
2disekolah atau kelas
3 maaf sy krg mksd
mungkin sudut pandangnya baik.
4 pak guru dpt dijadikan teladan
dinda dan indah ceroboh dan mls krn ia tdk belajar dan mengingat pesan pak guru
nur pintar dan polos
5 bahasa sehari hari
6 belajar untuk persiapan ulangan
7 alu maju
8 dinda yg tdk bljr seoloh olah dia, sudah pintat
9 persiapan belajar untuk ulangan jika mau nilai nya bagus
Posting Komentar untuk "Buku Guru Kelas 4 Tema 5"