Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Menjadi Objek Pengamatan Ipa Kelas 7


Apa Yang Menjadi Objek Pengamatan Ipa Kelas 7

Apa yang menjadi objek pengamatan ipa? (untuk kelas 7)

Daftar Isi

1. Apa yang menjadi objek pengamatan ipa? (untuk kelas 7)


yang menjadi objek pengamatan ipa adalah seluruh benda di alam ( benda hidup dan lingkungannya ) dan segala interaksinya. objek pengamatan ipa dibagi menjadi 2, yaitu : kualitatif yaitu pengamatan yang menggunakan indra tanpa adanya standar tertentu, dan kuantitatif yaitu pengamatan dengan menggunakan alat ukur dan memiliki standar satuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Apa yang menjadi objek pengamatan ipa ? Pel ipa smp kelas 7


Kita harus tau dulu apa sih pengamatan itu?? Pengamatan yaitu kegiatan menggunakan satu indra dalam tubuh atau lebih seperti melihat, mendengar, mencium, mengecap, dan meraba secara seksama untuk mendapatkan keterangan atau makna dari sesuatu yang diminati. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan keterangan atau pengetahuan yang nyata dari suatu peristiwa.

Objek yang diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan. Semua terjadi mulai dengan fisiknya, kimianya maupun biologinya sampai ke perilaku manusia dan juga dampak yang ditimbulkan dalam kehidupannya. Tak lepas juga dengan alam seperti tanah, air, cahaya, kalau bisa sih sampai luar angkasa hehe canda. Ataupun bagian makhluk hidup maupun proses dalam kehidupan tersebut. Pengamatan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

1. Pengamatan secara kuantitatif
Adalah suatu pengamatan yang menggunakan alat ukur. Data yang dihasilkan merupakan data yang dapat dinyatakan dengan suatu angka atau bilngan. Tujuan dari pengamatan ini agar hasilnya lebih akuran dan dapat dipercaya oleh semua orang. Pengambilan data kuantitatif harus menggunakan alat ukur yang berlaku dan dapat diterima diseluruh dunia. Pengamatan yang dibantu dengan alat pengukuran mempunyai tujuan dan hasil pengamatannya lebih akurat alat bantu tersebut antara lain penggaris, hygrometer, gelas ukur, mikroskop, timbangan atau neraca, termometer. Contoh pengamatan kuantitatif seperti mengamati berapa jumlah denyut jantung seorang kakek sehat yang sedang olahraga atau sedang duduk dan tidur.

2. Pengamatan secara kualitatif
Adalah pengamatan yang dilakukan dengan alat – alat indra. Pengamatan ini menghasilkan suatu data yang disebut dengan data kualitatif. Biasanya sesorang akan mengalami kesukaran atau kesulitan dalam mengidentifikasi masalah tetapi dengan latihan maka hal itu dapat diatasi dan percaya dirilah. Pengamatan dengan menggunakan seluruh indra yang kita miliki pasti lebih baik sehingga hasil dari pengamatan yang diinginkan akan tercapai. Indra yang kita miliki ada 4 antara lain :

Indra pendengar untuk pengamatan dengan suara.Indra peraba untuk pengamatan berupa sentuhan.Indra pencium untuk pengamatan berupa bau.Indra pengecap untuk pengamatan berupa rasa.

maaf kalau salah 


3. BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK BSE IPA KELAS 7 Apa yang menjadi objek pengamatan IPA?


Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.

Objek yang diamati dapat berupa makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan.
Bisa dimulai dengan fisiknya, kimianya maupun biologinya sampai ke perilaku manusia dan juga dampak yang ditimbulkan dalam kehidupannya.

Disamping itu juga dengan alam seperti tanah, air, cahaya, ataupun bagian makhluk hidup maupun proses dalam kehidupan tersebut.
Pengamatan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

4. ULANGAN HARIAN KE 1Soal Kelas VII SMP Materi Objek IPA dan PengamatannyaSOAL AA. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!1. Soal nomor 1Langkah awal yang harus dilakukan dalam sebuah penyelidikan IPA adalah ….A. mengamatiB. mengkomunikasikanC. menanyakanD. mempresentasikanSoal nomor 2Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah ….A. mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatanB. merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatanC. membuat laporan tertulis tentang kesimpulan akhir dari hasil pengamatanD. melakukan pengamatan menggunakan panca inderaSoal nomor 3Objek pengamatan IPA adalah ….A. hanya makhluk hidup sajaB. hanya bumi dan makhluk hidupC. ruang angkasa dan tata suryaD. seluruh benda di alam dan segala interaksinyaSoal nomor 4Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA adalah mampu ….a. berpikir kritis dan logisb. meningkatkan kualitas hidupc. memahami berbagai hal di sekitar kitad. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknyaSoal nomor 5Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ….A. FisikaB. GeografiC. BiologiD. KimiaSoal nomor 6Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah ….A. KimiaB. FisikaC. BiologiD. AstronomiSoal nomor 7Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari ….A. penyelidikanB. penafsiranC. pengukuranD. pengamatanSoal nomor 8Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan tersebut, yang merupakan besaran adalah ….A. panjangB. meja makanC. 2D. meterSoal nomor 9Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah …A. jamB. sekonC. menitD. milidetikSoal nomor 10Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg. Apabila diubah menjadi satuan gram, maka massa cabe tersebut adalah ….A. 25 gramB. 250 gramC. 2.500 gramD. 25.000 gramSoal nomor 11Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ….A. pokokB. turunanC. sekunderD. tersierSoal nomor 12Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokok adalah ….A. panjang, massa, dan volumeB. panjang, waktu, dan suhuC. massa, luas, dan waktuD. volume, luas, dan beratSoal nomor 13Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu adalah ….A. gayaB. volumeC. beratD. kecepatanSoal nomor 14Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah ….A. panjang mejaB. tinggi kursiC. diameter kelerengD. diameter bola kakiSoal nomor 15Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….A. suhuB. waktuC. kuat arusD. panjangSoal nomor 16Besaran pokok yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan sebuah batu adalah ….A. beratB. volumeC. luasD. massaSoal nomor 17Massa jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok ….A. panjang dan waktuB. massa dan waktuC. massa dan panjangD. suhu dan waktuSoal nomor 18Alat ukur yang paling tepat digunakan untuk mengukur ketebalan plat adalah ….A. penggarisB. mikrometer skrupC. jangka sorongD. meteranSoal nomor 19Volume batu seperti gambar di bawah ini adalah ….A. 20 mLB. 30 mLC. 50 mLD.70 mLSoal nomor 20Berikut ini yang tidak termasuk satuan baku adalah ….A. depaB. onsC. literD. meterSoal nomor 21Di bawah ini yang bukan merupakan syarat satuan baku adalah ….a. bersifat lokalb. mudah ditiruc. tidak berubahd. berlaku globalSoal nomor 22Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut adalah ….A. 10 m/sB. 20 m/sC. 30 m/sD. 40 m/sSoal nomor 23Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka konsentrasi larutan garam yang terjadi adalah ….A. 200 g/LB. 250 g/LC. 350 g/LD. 500 g/LSoal nomor 24Sebuah balok diukur ketebalannya menggunakan jangka sorong dengan hasil pengukuran seperti pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran adalah ….A. 5,70 cmB. 5,75 cmC. 5,85 cmD. 5,90 cmSoal nomor 25Perhatikan gambar berikut!Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B adalah ….A. 250 gramB. 500 gramC. 750 gramD. 1.000 gram​


JAWABAN:

1.Langkah awal yang harus dilakukan dalam

sebuah penyelidikan IPA adalah ....

a.Mengamati

2.Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA

adalah...

a.mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatan}saya kurang yakin.

3.Objek pengamatan IPA adalah...

d.seluruh benda di alam dan segalainteraksinya

4.Berikut ini yang bukan merupakan manfaatmempelajari IPA adalah mampu...

d. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknya

5.Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ....

b.geografi

6.Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah .....

a.kimia

7.Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari .....

C. pengukuran

8.Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan

Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataantersebut, yang merupakan besaran adalah .....

A. panjang

9.Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah ...

b.Sekon

10.Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg.Apabila diubah menjadi satuan gram, makamassacabe tersebut adalah ....

C. 2.500 gram

11.Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ....

a.pokok

12.Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokokadalah ....

B. panjang, waktu, dan suhu

13.Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokokpanjang dan waktu adalah ....

D. kecepatan

LIKE DAN JADIKAN JAWABAN YANG TERBAIK,SEMOGA MEMBANTU:?

maaf,cuman segitu:-


5. 1. Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? 2. Mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku? 3. Jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain? Dapatkah satuan massa dan volume diubah dengan cara yang sama? Berikan penjelasan! 4. Lakukanlah pengubahan satuan di bawah ini. a. 2.500 mililiter = ............... liter b. 4 kilometer = ............... sentimeter c. 2 kilogram = ............... miligram 5. Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran bendabenda di bawah ini! a. tebal kertas b. lebar ruangan kelas c. jarak antara dua kota d. jarak antara Bumi dan Pluto soal ini berasal dari buku kurikulum 13 kelas 7


1.bentuk benda, panjang benda

2.jika menggunakan satuan tidak baku,mungkin ukurannya akan berbeda

3.dengan cara di konfersikan

4.
a.2.500:1.000=2,5L
b.4×100.000=400.000cm
c.2×1.000.000=2.000.000mg

5.
a.menggunakan satuan milimeter
b.menggunakan satuan meter
c.menggunakan satuan kilometer
d.menggunakan satuan Astronomi (SA)

semoga membantu :)

6. ABSEN DAN PH-1 IPA KELAS 7 TANGGAL 13 NOVEMBER 2021 TP. 2021/2022viracarissa121@gmail.com (tidak dibagikan) Ganti akun* WajibPilihlah salah satu jawaban yang paling benar!1. Kaktus mempunyai bentuk daun yang mirip dengan jarum. ciri-ciri makhluk hidup yang ditunjukkan dari kaktus adalah ...... *6 poina. tumbuhb. bernafasc. membutuhkan makanand. adaptasi2. Saat tangan kita terkena api, maka secara refleks kita menarik tangan menjauhi sumber api tersebut. peristiwa tersebut merupakan ciri-ciri makhluk hidup, yaitu ...... *6 poina. adaptasib. iritabilitasc. ekskresid. bergerak3. Urutan klasifikasi makhluk hidup yang menunjukkan urutan dari tingkat yang jumlah persamaan ciri-cirinya semakin sedikit ke tingkat yang jumlah persamaannya banyak adalah ...... *6 poina. kelas-ordo-famili-genus-spesiesb. kelas-famili-ordo-genus-spesiesc. spesies-genus-famili-ordo-kelasd. ordo-kelas-genus-famili-spesies4. Tumbuhan biji dibedakan menjadi 2 sebdivisi, yaitu tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). di bawah ini yang merupakan ciri khas tumbuhan biji tertutup adalah ...... *6 poina. bakal biji diselubungi bakal buahb. alat kelamin bunga disebut strobilusc. biji tumbuh pada permukaan dasar bungad. akarnya berupa akar tunggang dan batag bercabang5. Pada mikroskop cahaya terdapat bagian kondensor yang berfungsi untuk ...... *8 poina. mengarahkan cahaya pada objekb. mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan difokuskan pada objekc. meletakkan mikroskop sehingga dapat berdiri dengan stabild. memilih lensa objektif yang akan digunakan6. Jenis makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan dan hewan, tetapi bukan hewan atau pun tumbuhan dimasukkan dalam kingdom ...... *8 poina. Monerab. Protistac. Fungid. Animalia7. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dilakukan setelah menggunakan mikroskop, kecuali ...... *8 poina. kondensor dinaikkan sampai batas atasb. diafragma ditutupc. cermin ditegakkand. lensa objektif diturunkan8. Bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke objek adalah ...... *8 poina. revolverb. sekrup pengarahc. diafragmad. tabung mikroskop9. Pakis haji mempunyai ciri yang sama dengan tumbuhan paku, yaitu dalam hal ...... *8 poina. berakar serabutb. batangnya tidak bercabangc. ujung daun muda menggulungd. berkembang biak dengan spora10. Ganggang hijau biru yang memiliki bentuk tubuh berbentuk benang yang tersusun atas sel-sel yang pipih dan rapat adalah ...... *8 poina. Anabaenab. Gleocapsac. Chroococcusd. Oscilatoria11. Contoh lumut tanduk yang hidup di tempat basah dan mengalami metagenesis adalah ...... *5 poina. Ricciocarpos natansb. Marchantia polymorphac. Anthocerosd. Polytrichum12. Makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera adalah ...... *5 poina. jamur dan bakterib. bakteri dan ganggang hijau biruc. bakteri dan pakud. ganggang biru dan jamur13. Seorang siswa mengamati makhluk hidup dengan mikroskop, diperoleh ciri sebagai berikut: tubuh tersusun dari benang-benang halus disebut hifa, dan memiliki spora. makhluk hidup ini termasuk kingdom ...... *6 poina. Plantaeb. Fungic. Protistad. Monera14. Uraian keterangan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang disusun berurutan mulai dari ciri umum hingga ke ciri khusus untuk menemukan suatu jenis makhluk hidup disebut ...... *7 poina. kunci dikotomb. pengelompokanc. kunci determinasid. klasifikasi15. Jenis ganggang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan agar-agar adalah ..... *5 poina. Laminariab. Sargassumc. Eucheuma spinosumd. Spirogyra​


Penjelasan:

DBAA-C--C--BB--

maaf kalo salah


7. 1. Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? 2. Mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku? 3. Jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain? Dapatkah satuan massa dan volume diubah dengan cara yang sama? Berikan penjelasan! 4. Lakukanlah pengubahan satuan di bawah ini. a. 2.500 mililiter = ............... liter b. 4 kilometer = ............... sentimeter c. 2 kilogram = ............... miligram 5. Pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran bendabenda di bawah ini! a. tebal kertas b. lebar ruangan kelas c. jarak antara dua kota d. jarak antara Bumi dan Pluto soal ini berasal dari buku kurikulum 13 kelas 7


Soal No. 1

Objek pengamatan IPA adalah berbagai benda hidup dan lingkungannya. Berdasarkan ukuran yang diamati, objek tersebut dapat berupa:

benda yang sangat kecil atau amat renik (mikro) seperti bakteri, virus, bahkan partikel-partikel penyusun atom, ataubenda-benda yang berukuran sangat besar (makro), misalnya daratan, lautan, bumi, matahari, planet, hingga galaksi di jagat raya.

Soal No. 2

Karena satuan-satuan pengukuran yang baku dapat berlaku secara umum, ada keseragaman hasil pengukuran di setiap tempat, serta menghasilkan nilai yang konsisten dalam pengukuran.

Soal No. 3

Cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke satuan SI yang lain adalah dengan menambahkan awalan-awalan metrik seperti kilo, senti, mili, dan lain-lain. Sistem awalan disusun berdasarkan kelipatan bilangan 10. Satuan massa dan volume juga dapat diubah dengan cara yang sama kecuali untuk mengubah satuan volume dalam kubik (berpangkat tiga) harus berdasarkan kelipatan bilangan 10³.

Soal No. 4

Hasil pengubahan satuan:

2.500 ml = 2,5 liter

4 km = 400.000 cm

2 kilogram = 2.000.000 mg

Soal No. 5

a. milimeter

b. meter

c. kilometer

d. Satuan Astronomi (SA) atau tahun cahaya

Pembahasan

Soal No. 1

Obyek yang dipelajari dalam IPA atau sains meliputi seluruh benda di alam, baik makhluk hidup (biotik) maupun benda tak hidup (abiotik) dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. Objek pengamatan IPA di alam berukuran mikro hingga makro.

Soal No. 2

Satuan baku adalah satuan yang telah ditetapkan dan berlaku secara umum untuk setiap bangsa. Contoh: meter, cm, kg gram, jam, menit, sekon.Satuan tak baku adalah satuan yang tidak berlaku secara umum dan menimbulkan ukuran yang berbeda. Contoh: jengkal, hasta, depa, elo, dan lain-lain.

Soal No 3

Dalam satuan SI (Sistem Internasional), setiap jenis ukuran memiliki satuan dasar. Jika kita memperoleh hasil pengukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari satuan dasar, maka dapat ditambahkan awalan-awalan metrik. Sistem awalan metrik disusun berdasarkan kelipatan bilangan 10 untuk satuan panjang, kelipatan bilangan 10² untuk satuan luas, dan kelipatan bilangan 10³ untuk satuan volume (kecuali liter).

Satuan panjang kilometer (km) menjadi meter (m) harus dikalikan 1.000, sedangkan dari m ke km harus dibagi 1.000. Contohnya 1 km = 1.000 m.Satuan panjang kilometer (km) menjadi sentimeter (cm) harus dikalikan 100.000, sedangkan dari cm ke km harus dibagi 1.000.000. Contohnya 1 km = 100.000 cm.Satuan massa kilogram (kg) menjadi gram (g) harus dikalikan 1.000, sedangkan dari g ke kg harus dibagi 1.000. Contoh: 1 kg = 1.000 g.Satuan massa kilogram (kg) menjadi miligram (mg) harus dikalikan 1.000.000, sedangkan dari g ke kg harus dibagi 1.000.000. Contoh: 1 kg = 1.000.000 mg.Satuan volume liter (L) menjadi mililiter (mL) harus dikalikan 1.000, sedangkan dari mL ke L harus dibagi 1.000. Hal ini tidak berlaku untuk satuan volume dalam kubik.

    Contoh:

1 L = 1.000 mL1 m³ = 1.000.000 cm³ (dari m³ ke cm³ dikali 10⁶ atau 1.000.000) 1 cm³ = 0,000001 m³ (dari cm³ ke m³ dibagi 10⁶ atau 1.000.000)

Manfaat penulisan awalan adalah dapat menyederhanakan angka hasil pengukuran sehingga mudah untuk diinformasikan. Contohnya, kita lebih mudah menyebut 100 km dibandingkan dengan 100.000 m, atau lebih baik menuliskan 10 mm dibandingkan dengan 0,01 m.

Soal No. 4

2.500 ml = ? liter2.500 ml = 2.500 : 1.0002.500 ml = 2,5 liter

    ----------------

4 km = ? cm4 km = 4 x 100.000 4 km = 400.000 cm

     ---------------

2 kilogram = ? mg2 kilogram = 2 x 1.000.0002 kilogram = 2.000.000 mg

Soal No. 5

Satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran jarak antara Bumi dan Pluto adalah Satuan Astronomi (SA) atau tahun cahaya.

1 SA = 150.000.000 km (berdasarkan jarak Bumi-Matahari)1 tahun cahaya = 9,5 trilyun km (berdasarkan jarak tempuh cahaya selama satu tahun)Pelajari lebih lanjutSoal pilihan ganda tentang besaran pokok panjang brainly.co.id/tugas/404167Soal pilihan ganda tentang penyelidikan IPA, besaran & satuan, pengukuran, konsentrasi, dan alat ukur https://brainly.co.id/tugas/23661553Mengubah satuan 1 gram air menjadi mililiter https://brainly.co.id/tugas/8350602Menyatakan hasil pengukuran ke dalam bentuk baku dengan menggunakan satuan dalam SI https://brainly.co.id/tugas/583009_______________Detil jawaban

Kelas: VII

Mapel: Fisika

Bab: Besaran & Pengukuran

Kode: 7.6.1

#JadiRankingSatu


8. 1. Objek IPA ada yang biotik maupun abiotik, yang termasuk kelompok abiotik adalah .... *5 poina. Cahaya, air, tanahb. Virus, Bakteri, jamurc. Air, Cahaya, Virusd. Bakteri, tanah, jamur2. Secara umum, objek pengamatan IPA dibagi menjadi 2 bagian, yaitu ... *5 poina. Abiotik dan makhluk tak hidupb. Makhluk hidup dan biotikc. Abiotik dan biotikd. Biotik dan Manusia3. Di bawah ini yang tidak termasuk keterampilan proses, yaitu .... *5 poina. Mendisiplinkanb. Mengomunikasikanc. Menganalisisd. Mengamati4. Apa yang dimaksud keterampilan proses mengamati ? *5 poina. Proses untuk mengenal objek dan peristiwa melalui inderab. Proses memilah berbagai objek atau peristiwa berdasarkan persamaan dan perbedaanc. Menjelaskan data pengamatan sehingga data tersebut mempunyai maknad. Menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan5. Berikut langkah dalam metode ilmiah : 1) Menyusun dasar teori, 4) Hipotesis, 2) Eksperimen, 5)Merumuskan masalah, 3) Kesimpulan, 6) Percobaan ulang. Urutan langkah dalam metode ilmiah yang benar adalah … *5 poina. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6b. 2 – 3 – 4 – 5 – 1 – 6c. 4 – 2 – 3 – 1 – 5 – 6d. 5 – 1 – 4 – 2 – 3 – 66. Yang dimaksud hipotesa adalah .... *5 poina. Masalah yang muncul dari percobaanb. Eksperimen uji coba dari masalahc. Observasi dari permasalahan yang timbuld. Dugaan sementara dari masalah yang muncul7. Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah .... *5 poina. Observasib. Merumuskan masalahc. Melakukan percobaand. Merumuskan kesimpulan8. Berikut ini yang tidak termasuk sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah ... *5 poina. Bohongb. Memiliki rasa ingin tahuc. Jujurb. Berani mencoba9. Proses membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang dijadikan satuan dinamakan …. *5 poina. Besaranb. Satuanc. Pengukurand.Skala10. Segala sesuatu yang dapat diukur dengan alat ukur dan nilainya dapat dinyatakan dengan angka disebut .... *5 poina. Besaranb. Satuanc. Pengukurand.Skala11. Berikut ini yang termasuk besaran pokok adalah .... *5 poina. Berat dan massab. Massa dan waktuc. Suhu dan Beratd. Luas dan volume12. Sebuah benda ditimbang dengan menggunakan neraca pegas yang mempunyai satuan centigram (cg) sebesar 450 cg, jika ingin menggunakan satuan gram, berapakah massa benda tersebut? .... *5 poina. 0,0045 gb. 0,045 gc. 0,45 g4,5 g13. Adi berlari selama 15 menit, berapakah waktu yang diperlukan Adi untuk berlari dalam sekon? .... *5 poina. 9 sekonb. 90 sekonc. 900 sekond. 9000 sekon14. Sebuah Papan memiliki ukuran panjang dan lebar, secara berturut-turut 80 cm dan 100 cm. Dalam satuan Sistem Internasional berapa volume balok? ....5 poina. 0,8 mb. 8 mc. 80 md. 800 m15. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang tidak tepat tentang makhluk hidup? .... *5 poina. peka terhadap rangsanganb. semua dapat bergerak berpindah tempatc. tumbuh dan berkembang biakd. mengeluarkan zat sisa16. Agar terhindar dari kepunahan makhluk hidup memiliki kemampuan …. *5 poina. Berkembangbiakb. Tumbuh dan berkembangc. Bernapasd. Makan dan minum17. Cara yang sistematis dalam mempelajari makhluk hidup dengan melihat persamaan dan perbedaannya disebut ....5 poina. Variasib. Klasifikasic. Hereditasd. Takson18. Urutan takson yang paling tepat untuk klasifikasi Hewan adalah .... *5 poina. Divisio – kelas – ordo – famili – genus – spesiesb. Divisio – ordo – famili – kelas – genus – spesiesc. Filum – kelas – ordo – famili – genus – spesiesd. Filum – ordo – famili – kelas – genus – spesies19. Tujuan utama dari klasifikasi makhluk hidup adalah …. *5 poina. Memberi nama pada setiap makhluk hidupb. Mengumpulkan makhluk hidup yang menguntungkan dan merugikanc. Mengenal dan mempermudah mempelajari makhluk hidupd. Mengetahui manfaat makhluk hidup​


Jawaban:

no 1. a. no 2. c. no 3 d. no 4. a. no. 7


9. bagi sisiwa baru 7 tolong donk beri jawaban nya1.apa yang menjadi objek pengamatan IPA 2.mengapa dunia IPA menggunakan satuan-satuan pengukuran yang baku? 3.jelaskan cara mengubah satuan panjang dari satu satuan SI ke Satuan Si yg lain,dapatkah satuan massa dan volume di ubah dengan cara yg sama berikan penjelansan kalian!? 4.lakunlah pengubahn satuan di bawah ini a.2.500 milimeter=........liter b.4.kilometer=.........sentimeter c.2 kilogram=.........kilogram 5.pilihlah satuan panjang yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran benda-bbawah inia.lebar kertasb.lebar ruangan kelasc.jarak antara dua kotad.jarak antara bumi dan plutotolong di jawab dengan sesikat-sikatnya ya please bsok di kumpulkan THX!


1. segala sesuatu yang dapat diamati dan yang bisa menghasilkan laporan
2. karena agar besaran satuan yang diukur seorang dengan seorang yang lain hasilnya sama
3. menggunakan satuan tangga, jika turun dikali 10 dan jika naik dibagi 10
4. 2500 milimeter = 0,25 liiter
4 kilometer = 400.000 sentimeter
2 kilogram = 2.000.000 milimeter ( 2 kilogram = 2 kilogram )
5. mm
m2 ( meter persegi )
km
SA ( Satuan Astronomi ) dan tahun cahaya

10. Uji kompetensi kelas 7 ipa apa yang menjadi objek pengamatan ipa halaman 29


Penjelasan:

Objek Pengamatan IPA

Apa yang menjadi objek pengamatan dalam IPA? Seperti yang disebutkan di awal, bahwa objek pengamatan IPA terdiri dari objek, tempat, dan cara. Berikut ini kita bahas satu per satu ketiga komponen ini.

1. Objek

Objek yang dipelajari dalam IPA adalah seluruh benda yang terdapat di alam dengan segala hubungannya untuk dikaji pola-pola keteraturannya. Hal ini sesuai dengan kepanjangan dari IPA itu sendiri yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, artinya semua yang terdapat di alam dan diamati oleh pancaindra dapat menjadi objek pengamatan IPA. Objek tersebut dapat berbentuk kecil, seperti bakteri, virus, bahkan partikel penyusun atom. Ataukah, benda-benda yang berukuran besar, seperti matahari, bumi, lautan, hingga alam semesta ini., makhluk hidup (biotik) atau makhluk tak hidup (abiotik).

2. Tempat

Pengamatan terhadap objek biotik maupun abiotik tersebut dapat dilakukan di mana saja disesuaikan oleh pengukuran apa yang hendak dilakukan. Pengamatan dapat dilakukan di alam terbuka atau bisa juga dilakukan disebuah tempat khusus. Tempat khusus untuk melakukan pengamatan gejala alam tersebut disebut laboratorium. Di dalam laboratorium, banyak ditemukan berbagai macam alat pengukuran. Misalnya, mikroskop digunakan untuk mengamati benda biotik berukuran kecil. Sedangkan, untuk pengamatan abiotik seringkali dilakukan di alam terbuka tanpa atau pun dengan alat khusus.

3. Cara

Dalam melakukan pengamatan IPA, diperlukan suatu cara atau metode yang bisa membuat pengukuran menjadi lebih mudah dan sistematis. Metode yang umum dipakai dalam IPA adalah metode ilmiah yang dicirikan oleh adanya tahap-tahapan yang digunakan dalam setiap prosesnya. Tahapan tersebut antara lain sebagai berikut:

Merumuskan masalah

Mengumpulkan informasi

Membuat hipotesis

Melakukan eksperimen/percobaan

Membuat kesimpulan hasil eksperimen

Pengujian kesimpulan dengan eksperimen

Membuat kesimpulan akhir

Membuat laporan hasil percobaan

Dipublikasikan

Sekian uraian tentang 3 Objek Pengamatan dalam IPA, semoga bermanfaat.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Apa Yang Menjadi Objek Pengamatan Ipa Kelas 7"