Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cerpen Kelas 9


Contoh Soal Cerpen Kelas 9

Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3! ............................. Doni ingin barter prangko lagi, maka ia menyuruh ketiga temannya untuk membawa album prangko mereka. Di taman sekolah, mereka saling melihat isi album prangko lagi. Tiba-tiba Doni berkata, "Maafkan aku, Bob. Tapi kau telah mencuri prangko Oscar!" Semua terkejut. Bobi segera membantah dengan keras, "Enak saja kau menuduhku. Mana buktinya?" "Katamu kemarin, tantemu tinggal di Amsterdam. Tapi stempel prangko yang terbaca di sini adalah 'tterdam'," kata Doni sambil menunjuk tulisan stempel di atas prangko. Semua bergantian melihatnya dengan teliti. ....................................... 1. Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. halaman sekolah c. ruang kelas b. taman sekolah d. kantor guru 2. Latar suasana dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. senang c. kalut b. sedih d. tegang 3. Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. Doni c. Bobi b. Oscar d. Ranu Perhatikan dialog interaktif berikut! ................................. Budiyanto : "Harus saya katakan, sejauh ini belum maksimal. Untuk memaksimalkan kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu belum seimbang. Penyiar : "Lalu apa indikator ketidakmaksimalan tersebut, Pak?" Budiyanto : "Dilihat dari faktor guru saja. selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih terkesan "diambilkan" dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal, seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati, kreativitas, dan improvisasi dalam kelas." ................................. 4. Komentar yang tidak tepat diberikan terhadap kutipan dialog di atas adalah ... . a. Keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan memang diperlukan untuk memaksimalkan pembinaan anak cerdas istimewa. b. Anak-anak istimewa tentunya membutuhkan guru yang cerdas dan kreatif. c. Seharusnya guru-guru cerdas tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang cerdas saja, tapi untuk seluruh siswa. d. Huh ... lagi-lagi masalah dana! Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6! Setidaknya buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar di sekolah dalam rangka membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna, serta belajar dapat dianggap oleh para murid sebagai hal yang menyenangkan. Hanya saja ada yang sedikit mengganggu yakni pada tampilan buku itu sendiri yang kelihatan belum digarap secara cukup baik. Terbukti masih terlalu banyak "pesan sponsor" dalam bentuk berbagai kata pengantar, juga sampul buku yang sangat terkesan seadanya sehingga kurang "mencuri" perhatian orang yang melihatnya. 5. Paragraf di atas merupakan contoh ... . a. pembuka resensi b. isi resensi c. pendahuluan resensi d. penutup resensi 6. Kalimat yang merupakan kritikan dalam kutipan resensi di atas adalah ... . a. Buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar. b. Buku ini bisa menjadi pedoman guru untuk membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna. c. Belajar dapat dianggap murid sebagai hal yang menyenangkan. d. Tampilan buku itu kelihatannya belum digarap secara cukup baik. 7. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku, kecuali ... . a. judul buku b. biografi penulis buku c. penerbit buku d. ringkasan buku 8. Di era globalisasi ini semua serba digital. Kata digital termasuk kata asing yang diserap dalam bahasa Indonesia melalui ... . a. adopsi b. adaptasi c. terjemahan d. kreasi Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! .......................... "Rumah kita kemasukan pencuri," sahut Bu Sinta. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasannya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa peralatan elektronik yang ada di ruang tengah. Bu Sinta terduduk lemas tatkala melihat sebuah catatan kecil di atas bantal, "Sekarang kalian tahu siapa pengirim karcis itu." 9. Tema kutipan cerpen di atas adalah ... . a. kehilangan uang, perhiasan, dan peralatan elektronik b. pencurian c. catatan kecil d. pemberian karcis pertunjukan 10. Latar tempat dalam kutipan novel di atas adalah ... . a. ruang tamu b. ruang tengah c. kamar tidur d. teras

Daftar Isi

1. Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 3! ............................. Doni ingin barter prangko lagi, maka ia menyuruh ketiga temannya untuk membawa album prangko mereka. Di taman sekolah, mereka saling melihat isi album prangko lagi. Tiba-tiba Doni berkata, "Maafkan aku, Bob. Tapi kau telah mencuri prangko Oscar!" Semua terkejut. Bobi segera membantah dengan keras, "Enak saja kau menuduhku. Mana buktinya?" "Katamu kemarin, tantemu tinggal di Amsterdam. Tapi stempel prangko yang terbaca di sini adalah 'tterdam'," kata Doni sambil menunjuk tulisan stempel di atas prangko. Semua bergantian melihatnya dengan teliti. ....................................... 1. Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. halaman sekolah c. ruang kelas b. taman sekolah d. kantor guru 2. Latar suasana dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. senang c. kalut b. sedih d. tegang 3. Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen di atas adalah ... . a. Doni c. Bobi b. Oscar d. Ranu Perhatikan dialog interaktif berikut! ................................. Budiyanto : "Harus saya katakan, sejauh ini belum maksimal. Untuk memaksimalkan kecerdasan mereka, sebetulnya dibutuhkan keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan. Hingga kini, komponen-komponen itu belum seimbang. Penyiar : "Lalu apa indikator ketidakmaksimalan tersebut, Pak?" Budiyanto : "Dilihat dari faktor guru saja. selama ini guru-guru di kelas akselerasi masih terkesan "diambilkan" dari kelompok guru yang dianggap cakap. Padahal, seharusnya tidak demikian. Guru yang mengajar anak-anak cerdas istimewa harus melalui pembinaan intensif lebih dulu. Sebab, anak-anak itu tak hanya membutuhkan guru-guru cerdas, melainkan para pengajar yang mempunyai empati, kreativitas, dan improvisasi dalam kelas." ................................. 4. Komentar yang tidak tepat diberikan terhadap kutipan dialog di atas adalah ... . a. Keseimbangan fasilitas, sumber daya manusia (SDM), manajemen, dan pendanaan memang diperlukan untuk memaksimalkan pembinaan anak cerdas istimewa. b. Anak-anak istimewa tentunya membutuhkan guru yang cerdas dan kreatif. c. Seharusnya guru-guru cerdas tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang cerdas saja, tapi untuk seluruh siswa. d. Huh ... lagi-lagi masalah dana! Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6! Setidaknya buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar di sekolah dalam rangka membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna, serta belajar dapat dianggap oleh para murid sebagai hal yang menyenangkan. Hanya saja ada yang sedikit mengganggu yakni pada tampilan buku itu sendiri yang kelihatan belum digarap secara cukup baik. Terbukti masih terlalu banyak "pesan sponsor" dalam bentuk berbagai kata pengantar, juga sampul buku yang sangat terkesan seadanya sehingga kurang "mencuri" perhatian orang yang melihatnya. 5. Paragraf di atas merupakan contoh ... . a. pembuka resensi b. isi resensi c. pendahuluan resensi d. penutup resensi 6. Kalimat yang merupakan kritikan dalam kutipan resensi di atas adalah ... . a. Buku ini bisa menjadi sebuah pedoman praktis bagi para pengajar. b. Buku ini bisa menjadi pedoman guru untuk membuat kelas menjadi hidup dan penuh warna. c. Belajar dapat dianggap murid sebagai hal yang menyenangkan. d. Tampilan buku itu kelihatannya belum digarap secara cukup baik. 7. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku, kecuali ... . a. judul buku b. biografi penulis buku c. penerbit buku d. ringkasan buku 8. Di era globalisasi ini semua serba digital. Kata digital termasuk kata asing yang diserap dalam bahasa Indonesia melalui ... . a. adopsi b. adaptasi c. terjemahan d. kreasi Perhatikanlah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10! .......................... "Rumah kita kemasukan pencuri," sahut Bu Sinta. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berantakan. Uang dan perhiasannya telah lenyap. Juga televisi dan beberapa peralatan elektronik yang ada di ruang tengah. Bu Sinta terduduk lemas tatkala melihat sebuah catatan kecil di atas bantal, "Sekarang kalian tahu siapa pengirim karcis itu." 9. Tema kutipan cerpen di atas adalah ... . a. kehilangan uang, perhiasan, dan peralatan elektronik b. pencurian c. catatan kecil d. pemberian karcis pertunjukan 10. Latar tempat dalam kutipan novel di atas adalah ... . a. ruang tamu b. ruang tengah c. kamar tidur d. teras


1.b 2.d 3.a 4.c 5.a 6.d 7.d 8.d 9.b 10.b

2. 1. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama! Aku melihat Dian berlari menyusuri anak tangga begitu cepat dengan raut wajah seperti ingin memberitahu sesuatu. Sesampainya Dian diujung tangga, ia langsung memanggilku dengan nada yang keras dan menyimpan kepanikan. “Amara, kamu harus mendengar soal informasi yang akan sampaikan ini,”ucapnya sambil memegang kedua pundakku. Sudut pandang cerita di atas  adalah… 2. Bacalah teks tanggapan berikut dengan saksama! (1) Buku berjudul “Tidur Berbantal Koran” merupakan memoar atau autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Cover penyajian buku ini cukup menarik. Penyajian tulisan mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakanpun udah di cerna. Lewat buku ini pembaca diajak menapaki jejak perjuangan penulis yang awalnya ita begitu sulit menembus koran namun berkat ketekunan dan kerja kerasnya akhirnya berhasil menjadi penulis produktif. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. (4) Di cover buku ini tepatnya di atas nama penulisnya tertera tulisan “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan memoar. (5) Singkatnya, memoar yang tersaji yang menarik dan ditulis dengan jujur dan apa adanya ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi, walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang. (6) Buku ini cocok sekali untuk memotivasi orang-orang yang hobi menulis dan ingin menjadi seorang penulis. Pernyataan yang berupa keunggulan pada teks tersebut adalah… Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 3,4,5! Anjar termenung dekat tungku. Lidah api menjilati kakinya. Gairah hidupnya yang gagah tegap, kini luruh lunglai seperti klaras daun pisang basah, susah payah tegak. “Sudah lah, An. Masih banyak jalan ke Roma. Coba nanti saya tanya Om Yansen. Beliau dosen di sana,” kata Ricko. Sore itu masuk sebuah sms ke ponsel Anjar. Isinya memberitakan, jika Robert, anaknya yang kuliah di Surabaya sudah tidak kuliah lagi. Harapan tergantung kepada Robert musnah sudah. Harapannya Robert meneruskan memimpin perusahaannya. Namun dia lebih tertarik kepada musik yang menurutnya urakan dan berdekatan dengan obat-obatan terlarang. “Kamu tenang saja, nanti biar Om Yansen yang akan tak suruh membujuk Robert,” lanjut Ricko 3. Siapa saja tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita tersebut? 4. Tentukan latar cerita tersebut! (latar waktu , tempat, suasana) 5. Tuliskan kalimat bermajas asosiasi (perumpamaan) yang terdapat pada cerita tersebut! 6. Perhatikan penggalan teks pidato persuasif berikut! Seseorang yang kecanduan game online sangat mudah dikenali. Mata mereka akan kelihatan sayu dan kemerahan karena sering terpapar layar gawai. Mereka sering menyendiri karena terbiasa asyik dengan gawainya. Di sekolah pun mereka tidak bisa konsentrasi dan merasa cepat bosan dengan aktivitas di kelas. Karena dampaknya yang buruk, mari kita kurangi game online agar tidak kecanduan. Isi teks pidato persuasif tersebut adalah …. 7. Pada tanaman pacar air yang ada atau tidak ada akarnya tidak terlalu berpengaruh karena pada batangnya juga terdapat pembulu xilem. Pembuluh xilem menyerap air dan mineral, kemudian diedarkan ke setiap bagian tumbuhan. Dengan begitu, maka daun dan pembuluh xilem akan berubah warna menjadi merah dan biru. Paragraf laporan tersebut merupakan bagian struktur dari …. 8. Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan. Maafkan atas kesalahan baik yang kami senggaja maupun yang tidak kami senggaja. Kami sampaikan selamat jalan kepada Bapak Bayu. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua. Cuplikan teks pidato persuasif di atas adalah bagian .... 9. Berikan 2 contoh kalimat aktif transitif! 10. Berikan 2 contoh kalimat yang menggunakan frasa verba dan frasa nomina!​


Jawaban:

1. Sudut pandang orang ketiga (orang ketiga).

2. (1) Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi ini.

(2) Penyajian tulisan mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu.

(3) Buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi, walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.

(4) Buku ini cocok sekali untuk memotivasi orang-orang yang hobi menulis dan ingin menjadi seorang penulis.

3. Tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita tersebut adalah Anjar, Robert, dan Ricko.

4. Latar cerita tersebut adalah waktu sore, tempat di desa, dan suasana lesu.

5. Gairah hidupnya yang gagah tegap, kini luruh lunglai seperti klaras daun pisang basah, susah payah tegak.

6. A. Kita harus selalu konsentrasi dalam setiap aktivitas di sekolah.

B. Kita perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan gawai.

C. Kecanduan game online sangat berbahaya bagi anak muda.

D. Kita harus mengurangi waktu bermain game online.

C. Kecanduan game online sangat berbahaya bagi anak muda.

7. Paragraf tersebut merupakan bagian dari laporan deskriptif.

9. a. Kami menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu.

b. Penjaga mengawasi perkembangan anak itu dengan seksama.


3. Peraturan☞ beri penjelasan☞ jangan ngasal, jawab ngasal? report jawaban!!☞ no bhs alien ( ehehehehehhj), pake bahasa alien? report + warm!☞ no minta poin☞ jawab dengan benar☞ no " maaf aku gk bisa " kebnyk kek gtu klo jawab soal, alasan nya minta poin☞ jawaban tercedas untuk penjawab pertama ☞ no copas google☞ no copas web☞ no copas__________________________7. bacalah teks di bawah ini pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James dewar penemuannya didorong oleh kebutuhan untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat tetapi saat itu untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan terutama dalam kondisi cuaca cuaca cuaca yang dingin seperti di Eropa.ide pokok paragraf di atas adalah....A. pencipta termos James dewar B. menjaga air minumC. manfaat termos D. kondisi Eropa yang dingin8. Perhatikan kalimat berikut!tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan.kata baku pada kata yang bergaris bawah adalahA. berisik B.bising C. ramai D. ribut 9. salah satu perpindahan kalor yang terjadi secara konduksi adalahA. setrika listrik B. angin darat C. angin laut D. cerobong asap pabrik 10. terjadinya peristiwa angin darat dan angin laut merupakan contoh perpindahan kalor secaraA. konduksi B. konveksi C. radiasi D. kalor 11. bahan yang dapat menghantarkan panas disebutA. isolator B. radiasi C. konveksi D. konduktor 12. ada 4 benda di atas meja, yaitu kayu, plastik, panci, dan wajan. Dari keempat benda tersebut yang termasuk konduktor adalahA. kayu dan panci B. plastik dan wajan C. panci dan wajan D. kayu dan plastik 13. wilayah di daerah pantai biasanya penduduknya merupakan pekerjaan A. guru B. nelayan C. petani D. polisi 14. permasalahan sosial terjadi biasanya diakibatkan adanya warga yang tidak melaksanakanA. hakB. kewajiban C. tanggung jawab D. kesadaran 15. masalah sosial yang ada di masyarakat yang dapat menyebabkan menimbulkan bibit penyakit dan bau tidak sedap di lingkungan ialahA. gempa bumi B. membuang sampah sembarangan C. kemacetan lalu lintas D. bangunan liar 16. contoh interaksi manusia dengan alam adalahA. Bayu yang sedang bermain badminton B. nelayan yang sedang menangkap ikan di laut C. guru yang sedang mengajarD. regu yang sedang bertanding sepak bola 17. garis tari disebut A. pola lantai B. properti C. gerak tari D. iringan tari 18. Tari Piring berasal dari daerahA. Yogyakarta B. Bali C. Sumatera Selatan D. Sumatera Barat 19. gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang binatang dalam suatu peristiwa disebut A. gambar cerita B. komik C. Rama D. cerpen 20. gambar ilustrasi yang akan ditampilkan berupaA. cerita yang seruB. cerita yang panjang C. cerita yang menarik D. cerita yang horor_________________________soal PTS kelas 5 ​


Jawaban:

7. A

penjelasan: kalimat utama paragraf tsb berada pada kalimat pertama (deduktif), sehingga ide pokoknya adalah pencipta termos James Dewar

8. B

penjelasan: kata yang digarisbawahi adalah kata ramai, maka kata bakunya adalah bising

9. A

penjelasan: karena tidak diikuti pertukaran zat

10. B

penjelasan: karena diikuti pertukaran zat

11. D

penjelasan: konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan panas

12. C

penjelasan: panci dan wajan terbuat dari bahan konduktor sehingga panasnya bisa digunakan untuk mematangkan makanan

13. B

penjelasan: mata pencaharian terbanyak biasanya mengikuti sumber daya alam yang ada di sekitar tempat tinggal. Di daerah pantai lebih banyak ditemukan ikan dan hasil laut sehingga jawaban yang tepat adalah nelayan

14. B

penjelasan: dalam pelajaran PPkn yang dibahas adalah hak dan kewajiban. Hak adalah apa yang kita terima, sedangkan kewajiban adalah apa yang harus kita lakukan. Jadi di antara kedua pilihan itu yang tepat adalah kewajiban

15. B

penjelasan: sampah dan limbah bisa menyebabkan ketidaknyamanan akibat bau dan kotornya

16. B

penjelasan: nelayan (manusia) dan laut (alam)

17. A

penjelasan: garis yang membentuk pola tarian

18. D

penjelasan: tari piring asal Sumatera Barat

19. A

penjelasan: gambar yang menceritakan suatu peristiwa

20. C

penjelasan: yang harus ada dalam suatu karya apapun bentuk dan genrenya adalah unsur menarik

7. opsi(A.)

8. opsi(C.)

9. opsi(D.)

10. opsi(B.)

11. opsi(D.)

12. opsi(C.)

13. opsi(B.)

14. opsi(B.)

15. opsi(B.)

16. opsi(B.)

17. opsi(A.)

18. opsi(D.)

19. opsi(A.)

20. opsi(A.)


4. Ini yang bentuk bukan pdfnya yah Kaks :> Karena pdfnya donlotnya lama :3 Tenkiiu kaks o((>ω< ))o Pada suatu hari hiduplah seekor rusa betina dengan satu ekor anaknya. Mereka tengah makan rumput segar di padang rumput. Si anak rusa melihat seekor kupu-kupu yang cantik, lalu si anak rusa mengikuti kupu-kupu tersebut. Telah jauh si anak rusa berjalan tiba-tiba datanglah seekor serigala yang lapar. Ketika si serigala akan menerkam si anak rusa, tiba-tiba singa menghadang serigala tersebut. Tak lama ibu rusa pun datang sebagai pahlawan untuk anaknya. Saat serigala dan singa tengah bertengkar, ibu rusa tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kabur dari ancaman hewan buas tersebut 1. Apa tema dari cerita tersebut? 2. Apa latar suasana yang digambarkan pada cerita tersebut? 3. Tokoh yang memiliki sifat tercela dalam sebuah cerita disebut tokoh ... 4. Pemberian sifat pada pelaku-pelaku yang terlibat dalam sebuah cerita disebut ... 5. Penggambaran karakter tokoh dalam cerita melalui cara berpakaian, postur tubuh dan bentuk rambut termasuk dalam metode ... 6. Tempat terjadinya peristiwa dalam cerita disebut ... 7. Penokohan yang dapat dilihat secara langsung dan tidak berbelit-belit menggunakan ... 8. Sifat atau watak yang dimiliki tiap tokoh cerita disebut ... 9. Rangkaian peristiwa dalam cerita yang saling berhubungan disebut ... 10. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut ... 11. Unsur yang mempengaruhi terciptanya sebuah cerita dari dalam sebuah cerita disebut ... 12. Pesan yang hendak disampaikan seorang pengarang dalam karyanya disebut ... 13. Cara pengarang menceritakan kisah dalam cerita disebut ... 14. Tokoh yang menjadi lawan tokoh protagonis adalah ... 15. Gambaran tempat dan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita disebut ... 16. Suasana kelas 4 siang itu benar-benar istimewa. Istimewa karena kali ini anak-anak belajar dengan polisi. Sengaja Bu Anita, guru mereka mengundang pak polisi ke sekolah mereka. "Agar anak-anak tidak jenuh, "kata Bu Anita waktu ditanya anak anak. Latar atau tempat kejadian pada penggalan cerita tersebut adalah ... 17. Gagasan atau ide yang ada dalam cerita disebut ... 18. Individu yang mengalami peristiwa dalam cerita disebut ... 19. Apa saja tokoh dalam sebuah cerita? 20. Jelaskan pengertian latar atau setting dalam sebuah cerita! Perhatikan penggalan dongeng berikut untuk soal nomor 21- 24 ! Kancil beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba datanglah Harimau. Harimau hendak memakan Kancil. Kancil yang cerdik mencoba membohongi Harimau. 21. Tokoh kutipan dongeng tersebut adalah ... 22. Peristiwa dalam kutipan dongeng tersebut terjadi di ... 23. Tokoh yang pantas dicontoh dalam kutipan dongeng tersebut adalah ... 24. Watak tokoh Kancil dalam kutipan dongeng tersebut adalah ... 25. Sebutkan unsur-unsur dalam sebuah cerita! 26. Sebutkan beberapa cara yang dapat dijadikan cara untuk memahami watak tokoh! 27. Jelaskan jenis-jenis alur dalam sebuah cerita! 28. Sebutkan tiga macam tokoh dalam sebuah cerita ... 29. Perhatikan paragraf berikut! Manusia lahir ke dunia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin terlepas dari hidup bermasyarakat. Di dalam masyarakat kita sering melakukan kegiatan bermanfaat yang dilakukan secara gotong royong. Dengan bergotong royong kita dapat saling membantu, tolong-menolong, bekerja sama, kunjung-mengunjungi, untuk mencapai kesejahteraan bersama. Jelaskan pesan moral yang terkandung dalam paragraf di atas ! 30. Jelaskan tahapan-tahapan dalam alur suatu cerita ! 31. Bacalah cerita berikut dengan cermat! Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti menduduki tahta kerajaan. Purbasari memiliki kakak yang bernama Purbararang. la tidak setuju adiknya diangkat menggantikan ayah mereka. Kegeraman Purbararang yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. la menemui seorang penyihir untuk memantrai Purbasari sehingga saat itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Bagaimana watak tokoh Purbararang? 32. Raja sering berkeliling ke rumah-rumah penduduk dan membantu menanam padi di sawah. la tak pernah memungut pajak sepeser pun dari rakyat. Rakyatnya sangat menghormati dan menyayangi sang raja. Tulislah amanat yang dapat dipetik dari penggalan cerita di atas ! 33. Kucing yang malang itu kini tertidur lelap di kolong jembatan. Tak ada satu pun yang mau berkawan dengannya. Itulah akibat dari kesombongannya selama ini dia hanya bisa menyesali sifat buruknya itu. Tulislah amanat yang tepat untuk penggalan cerita di atas ! 34. Jelaskan yang dimaksud sudut pandang pada sebuah cerita! 35. Apa yang dimaksud dengan fabel? 36. Jelaskan perbedaan metode analitik dan dramatik dalam menggambarkan tokoh cerita! 37. Jelaskan yang dimaksud dengan penokohan! 38. Jelaskan cara untuk mengetahui karakter dalam cerpen! 39. Sebutkan unsur intrinsik dalam sebuah cerita! 40. Sebutkan unsur ekstrinsik dalam sebuah cerita!


Jawaban:

1 singa sang penyelamat

2 tentang serigala rakus

6 di hutan

Penjelasan:

segitu doang semoga membantu

no copas

Jawaban:

3. Antagonis

4. Watak

5. Penokohan

7. Teknik penokohan analitik atau naratif

8. Penokohan

9. Alur cerita

11. Unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

12. Amanat

13. -

14. antagonis

15. Latar

16. Kelas 4

Mohon Maaf Atas Tidak Lengkapnya Jawaban Saya.Karena tangan saya sudah capek


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cerpen Kelas 9"