Silabus Kelas 6 Kurtilas Revisi 2018
silabus kelas 4 tema 6 cita citaku revisi 2017
1. silabus kelas 4 tema 6 cita citaku revisi 2017
Cita citaku revisi 2017 silabus kelas 4 tema 6
2. apakah kelas 12 menggunakan silabus kurikulum 2013 yang revisi atau belum?
Menggunakan silabus kurikulum 2013 lama
3. Tolong dong, jelaskan tentang gambar ini. Himpunan, materi kelas 7 kurtilas revisi 2016.
Jawab:
Himpunan C - A
Penjelasan dengan langkah-langkah:
bisa dilihat kalau seluruh bagian yang diarsir itu di himpunan C tetapi bagian C∩A tidak dan bagian C∩B tetap diarsir. Maka gambar himpunan tersebut adalah himpunan C - A
4. Tugas bhs.inggris kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2018
Jawaban:
maaf kakak belum sampai materi ini
5. Jawaban PPKN Tugas Mandiri 2.2 kelas 9 revisi 2018
Jawaban:
buku pkn jenis apa,coba fotokan!
6. Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya pada buku ips kelas 8 edisi revisi kurtilas
jwban yang tepat adlh
1 . Kerja Sama (Cooperation)
2.. Akomodasi (accomodation)
3.Asimilasi (assimilation)
4.Akulturasi (Aculturation)
5.. Paternalisme
smoga membantu
7. Bab 1 Perpangkatan dan Bentuk akarkelas IX EDISI REVISI 2018
Jawaban:
maaf kalau salah
semoga membantu
8. Jawaban tugas buku revisi 2018 kelas 9 halaman 152
Cerita inspiratif adalah sebuah cerita yang mampu menggugah perasaan para pembacanya serta menyajikan nilai positif yang dapat diteladani dan dilakukan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang, cerita inspiratif mampu mengandung lebih dari satu amanat.
PembahasanPada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan sebuah cerita inspiratif tentang sedekah sepuluh ribu rupiah. Kemudian, kita diminta untuk membabak cerita tersebut ke dalam struktur penyusunnya. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
ORIENTASI -> BAGIAN INI MENYAMPAIKAN PENGANTAR CERITA
Ada seorang sahabat menuturkan kisahnya. Dia bernama Budiman. Sore itu ia menemani istri dan seorang putrinya berbelanja kebutuhan rumah tangga bulanan di sebuah toko swalayan. Usai membayar, tangan-tangan mereka sarat dengan tas plastik belanjaan.
PERUMITAN PERISTIWA -> BAGIAN INI MENYAMPAIKAN KISAH TOKOH SEBELUM MENGALAMI KONFLIK
Baru saja mereka keluar dari toko swalayan, istri Budiman dihampiri seorang wanita pengemis yang saat itu bersama seorang putri kecilnya. Wanita pengemis itu berkata kepada istri Budiman, ”Beri kami sedekah, Bu!”
Istri Budiman membuka dompetnya, lalu ia menyodorkan selembar uang kertas berjumlah 1000 rupiah. Wanita pengemis itu menerimanya. Tatkala tahu jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan, ia lalu menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya. Kemudian pengemis itu memegang kepala anaknya dan sekali lagi ia mengarahkan jari-jari yang terkuncup itu ke mulutnya, seolah ia ingin berkata, ”Aku dan anakku ini sudah berhari-hari tidak makan, tolong beri kami tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan!”
...
KOMPLIKASI -> BAGIAN INI MENYAJIKAN PERISTIWA YANG MENJADI AWAL INSPIRASI BAGI TOKOH
Saat sang wanita pengemis melihat nilai uang yang diterima, betapa girangnya dia. Ia pun berucap syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Budiman dengan kalimat-kalimat penuh kesungguhan: ”Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah... Terima kasih tuan! Semoga Allah memberikan rezeki berlipat untuk tuan dan keluarga. Semoga Allah memberi kebahagiaan lahir dan batin untuk tuan dan keluarga. Diberikan karunia keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Rumah tangga harmonis dan anak-anak yang saleh dan salehah. Semoga tuan dan keluarga juga diberi kedudukan yang terhormat kelak nanti di surga...!”
Budiman tidak menyangka ia akan mendengar respon yang begitu mengharukan. Budiman mengira bahwa pengemis tadi hanya akan berucap terima kasih saja. Namun, apa yang diucapkan oleh wanita pengemis tadi sungguh membuat Budiman terpukau dan membisu. Apalagi tatkala sekali lagi ia dengar wanita itu berkata kepada putri kecilnya, ”Dik, Alhamdulillah akhirnya kita bisa makan juga....!”
Deggg...!!! Hati Budiman tergedor dengan begitu kencang. Rupanya wanita tadi sungguh berharap tambahan sedekah agar ia dan putrinya bisa makan. Sejurus kemudian mata Budiman membuntuti kepergian mereka berdua yang berlari menyeberang jalan, lalu masuk ke sebuah warung tegal untuk makan di sana.
...
RESOLUSI -> BAGIAN INI MENYAJIKAN PERISTIWA YANG MENYADARKAN TOKOH
”Bu..., aku memberi sedekah kepadanya sebanyak itu. Saat menerimanya, ia berucap hamdalah berkali-kali seraya bersyukur kepada Allah. Tidak itu saja, ia mendoakan aku, mendoakan dirimu, anak-anak, dan keluarga kita. Panjang sekali ia berdoa! Dia hanya menerima karunia dari Allah Swt. sebesar 10 ribu saja sudah sedemikian hebatnya bersyukur. Padahal, aku sebelumnya melihat di ATM saat aku mengecek saldo dan ternyata di sana ada jumlah yang mungkin ratusan bahkan ribuan kali lipat dari 10 ribu rupiah. Saat melihat saldo itu, aku hanya mengangguk-angguk dan tersenyum. Aku terlupa bersyukur, dan aku lupa berucap hamdalah.
...
KODA -> BAGIAN INI MENYAJIKAN PENUTUP SEKALIGUS PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK
Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba. Ya Allah, ampunilah kami para hamba-Mu yang kerap lalai atas segala nikmat-Mu
Pelajari lebih lanjutPada materi ini, kamu dapat belajar tentang cerita inspiratif:
brainly.co.id/tugas/3743093
Detil jawabanKelas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 15 - Unsur intrinsik dan ekstrinsik
Kode kategori: 9.1.15
Kata kunci: struktur, cerita inspiratif,
9. kelas 8 buka lks hal 25 kurtilas revisi minta bantuan nya
Jawaban:
1 .d
2c
3d
4c
5b
6c
7d
semoga benar semua
10. latihan soal tema 3 kelas 6 Revisi 2018 subtema 1,2,dan 3 plus link nya
Mana soalnya ya Kak
Agar aku bisa jawab
Edit lagi ya soalnya
11. Tolong dijawab ya nomor 46-50 (Bahasa Indonesia Kurtilas Revisi Kelas 8)
Jawaban:
nomor 46
terjadi banjir bandang di sungai ciliwang
Jawaban:poster adalah kertas yg berisi ajakan untuk semua orang
Iklan adalah sesuatu yang gunanya untuk mengajak orang untuk membeli produk tersebut
Penjelasan:
Sorry ya semuanya itu aja yang aku tahu
12. Tugas bahasa indonesia hal 11 revisi 2018 kelas 9
Jawaban:Coli
Penjelasan:
Banyak² coli pake hand and body babi, biar sehat dan kuat, biar otaknya encer kayak es batu
13. jawaban buku paket kelas 9 hal 13 revisi 2018
Jawaban:
lahh.. mana soalnya??
Penjelasan:
#AkuBukanKelas9
14. Jawaban kegiatan soal 6.5 bahasa indonesia kelas 8 kurtilas revisi 2017.
Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi adalah lima struktur yang terdapat dalam sebuah teks ulasan. Teks ulasan sendiri dapat dimaknai sebagai teks yang menyajikan penilaian terhadap sebuah karya, baik karya sastra maupun pertunjukan dengan tujuan menyajikan wawasan mendalam bagi masyarakat tentang kualitas sebuah karya.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjawab kegiatan 6.5 dari buku Bahasa Indonesia kelas VIII revisi 2017. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tentang struktur teks ulasan novel Atheis. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
Pelajari lebih lanjutPada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: kegiatan, kelas VIII, 6.5, teks ulasan, identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
15. Tujuan pendidikan yang ada pada kurtilas revisi tahun 2016
untuk memajukan pendidikan yang bermoral
Posting Komentar untuk "Silabus Kelas 6 Kurtilas Revisi 2018"