Contoh Soal Berita Kelas 8
contoh 15 soal dan jawaban dari Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita - Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP
1. contoh 15 soal dan jawaban dari Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita - Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP
Jawaban:
Soal :
• Kata Pengantar : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengabadikan nama peraih mendali emas Olimpiade Tokyo 2020.
• Verba Transitif : “ Ini merupakan bentuk penghargaan kami. Kami bangga, kita semua merasa bangga “
• Verba Perwata : “ Kami ingin agar penghargaan ini memberi motivasi lintas generasi. Membuat orang begitu melihat, saya ingin seperti dia, saya ingin membawa emas seperti dia”
Jawabannya cari sendiri ya
Penjelasan:
2. Soal Bahasa Indonesia Kelas 8;1.) Tulislah pengertian berita menurut kamu!2.) Apa kegunaan berita bagi pelajar?3.) Darimanakah sumber berita didapatkan?4.) Apa kelebihan informasi yang disampaikan melalui televisi dibandingkan radio?5.) Tulislah contoh berita yang kamu dapatkan dari koran/surat kabar dengan format di bawah ini: a.) Topik Berita; b.) Sumber; c.) Tanggal; d.) Isi pokok cerita;(Tolong untuk segera bantuin jawab yaaSoalnya besok harus dikumpulin,,Trimakasih)
Penjelasan:
Halo kakak aku jawab yang aku bisa yah
kegunaan berita bagi pelajar bisa di contoh kalau berita nya seperti gotong royong dan dll
kita bisa bergotong royong dan kerja bakti atau mengikuti ronda malam agar tidak ada pencuri masuk rumah dan banyak manfaat nya
3. 1. Sebutkan langkah² menulis berita dengan baik dan benar 2. Apa saja ciri² teks berita sebutkan dan jelaskan3. Buatlah masing² 1 contoh kalimat langsung dan tidak langsung4. Mengapa kita harus menyimpulkan isi berita5. Bagaimana cara memberikan tanggapan dan saran yang baik agar tidak menyinggung orang lainbantuin plissss kelas 8 mau kumpul besok pagi point' banyak pilsss soal b indo
Jawaban:
1.) - mengidentifikasi peristiwa atau hal yg akan diberitakan. - menemukan sumber berita. - menyusun data pokok berita dan menulis teks berita.
2.) - fakta atau faktual : berita harus sesuai fakta yang ada bukan oponi/pendapat penulis. - aktual atau terbaru : berita memberitahu kejadian yang baru terjadi atau sedang terjadi. - memberikan keterangan waktu dan tempat yang jelas. - bersifat objektif. - runtutan peristiwa di sajikan runtut.
3.) langsung : "murid-murid, ayo berdiri semua!". tidak langsung : "ibu mengatakan padaku jika ia akan pergi ke pasar besok"
4.) supaya menghemat waktu saat membaca berita tsb dan langsung mengetahui pokok² berita.
5.) - menyampaikan dengan sabar/tidak membentak. - disampaikan dengan bahasa yang santun. - puji terlebih dahulu sebelum memberi saran. - berikan opsi/solusi. - sampaikan secara tertutup.
Penjelasan:
Semoga Bermanfaat!
4. Soal ujian tengah semester ganjilTabun pelajaran 2020/2021Mata pelajaran : Bahasa Indonesia: VIII( Delapan)KelasEssay1. Apa yang dimaksud dengan berita ?2. Tuliskan sumber-sumber berita!3. Tuliskan unsur-unsur berita !4. Tuliskan struktur-struktur berita!5. Tuliskan kaidah-kaidah kebahasaan teks berita!6. Tuliskan aspek-aspek yang harus diperhatikan di dalam tahap penyuntinganberita !7. Apa yang dimaksud dengan iklan, poster, dan slogan?8. Jelaskan persamaan dan perbedaan iklan, slogan, dan poster!9. Tuliskan sebanyak 2 contoh slogan!10.Jelaskan makna slogan di bawah ini:-Buku adalah jendela ilmu pengetahuan- Sorga ada di telapak kaki ibu
Jawaban:
1.Berita merupakan cerita atau keterangan mengenai pristiwa/kejadian yg hangat
2.Dimana saja
3.What,who,why,when,where,how
4.-orientasi berita
-pristiwa
-sumber berita
5.-adanya keterangan
-verba transitif
-verba pewarta
Jawaban:
1. berita sendiri bisa diartikan sebagai informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
2. Koran, Radio, Televisi, dan Internet
3. Apa: menjelaskan peristiwa yang menjadi inti berita.
Di mana: menjelaskan lokasi peristiwa terjadi.
Kapan: menjelaskan waktu peristiwa terjadi.
Siapa: menjelaskan pihak yang terlibat dalam peristiwa itu.
Mengapa: menjelaskan alasan peristiwa itu terjadi.
Bagaimana: menjelaskan proses terjadinya peristiwa.
4. Struktur berita
1. Orientasi berita. Orientasi berita merupakan pengenalan masalah atau hal apa yang akan dibahas dalam berita.
2. Peristiwa. Struktur ini menceritakan tentang kejadian yang terdapat pada peristiwa atau hal yang ingin dibahas secara rinci dan berurutan.
3. Sumber berita. Sumber berita ini biasanya terletak di bagian awal berita atau akhir berita.
5. Kaidah kebahasaan teks berita, yaitu penggunaan bahasa bersifat standart (baku), penggunaan kalimat langsung, penggunaan konjungsi bahwa, penggunaan kata kerja mental, penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat, serta penggunaan konjungsi temporal
6. Aspek Kebenaran isi berita, ditunjang oleh keakuratan fakta-faktanya.
Kelengkapan isi berita, ditandai dengan adanya unsur-unsur berita yaitu, apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana
7. Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yg menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Iklan adalah pemberitahuan tentang suatu hal (produk, layanan, jasa).
8. Iklan adalah teks persuasif yang menghadirkan perpaduan unsur gambar dengan kata-kata, gerak, dan suara. Slogan adalah teks persuasif yang memprioritaskan unsur kata-kata. Poster adalah teks persuasif yang memprioritaskan gambar dan kata-kata yang dipajang di tempat-tempat umum.
9. Jauhi Narkoba Sebelum Dunia Menjauhimu. Kedua, Belajarlah Cara Terbang Ketika Kau Didorong ke Tebing
10. 1. Lewat membaca buku, banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan, kita bisa dengan bebas memperluas wawasan, beraneka kejutan dan berbagai hiburan pun bisa kita peroleh melalui membaca buku
2. maknanya langkah kaki seorang ibu menentukan jalan hidup anak-anaknya. ... Secara agama ibu yang berakhlak mulia, ibu yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT akan melahirkan anak-anak yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
5. 1 Dongeng Si Kancil adalah salah satu contoh jenis teks ....2. Biografi salah satu pahwalan nasional adalah salah satu contoh jenis teks..... 3.Teks nonfiksi ditulis berdasarkan ....4.Untuk memahami informasi pada teks nonfiksi, maka teks tersebut harus dibaca dengan .... 5.Setelah menggali berbagai informasi dari teks nonfiksi, langkah selanjutnya adalah ....6 . Perhatikan teks berikut.Kancil terus berlari sampai jauh ke dalam hutan. Bahkan sampai takutnya, Kancil berlari hingga menaiki bukit yang tinggi. Namun, harimau terus mengejarnya. Harimau terus mengikuti langkah kaki kancil dengan cara mengendus-endus. Harimau akhirnya berhasil menemukan Kancil yang sedang berdiri di atas tebing yang terjal.Teks di atas adalah contoh teks..7.Di buku pelajaran kelas VI diajarkan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Teks dalam buku tersebut adalah jenis teks .... 8.Kalimat utama pada umumnya terdapat di setiap .... 9. Berita yang disiarkan melalui surat kabar dapat dikategorikan sebagai teks... 10. Puisi yang dicetak pada salah satu kolom dalam surat kabar tergolong sebagai jenis teks .... 11. Karya ilmiah biasanya ditulis berdasarkan kegiatan .... 12. Perhatikan teks berikut. Ahmad Tohari lahir di Tinggarjaya, Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah, 13 Juni 1948. Beliau adalah sastrawan Indonesia. Ahmad Tohari pernah menjadi staf direktur harian Merdeka, majalah Keluarga, dan majalah Amanah. Dalam karier kepengarangannya, penulis yang berlatar kehidupan pesantren ini telah melahirkan novel dan kumpulan cerita pendek. Beberapa karya fiksinya antara lain trilogi "Ronggeng Dukuh Paruk". Trilogi ini juga difilmkan oleh sutradara Ifa Irfansyah dengan judul "Sang Penari". Teks di atas adalah contoh teks .... 13. Dengan membaca teks nonfiksi yang berdasarkan fakta lapangan, kita dapat memperoleh informasi yang .... 14. Jika terdapat informasi yang tidak benar dalam sebuah laporan, maka isinya tidak dapat .... 15. Perhatikan teks berikut. . Perundingan antara golongan tua dan golongan muda dalam penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada pukul 02.00-04.00. Teks proklamasi ditulis di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri, kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks di atas adalah contoh teks ....tolong bantu soalnya besok kumpul pelis
Jawaban:
1.fiksi
2.nonfiksi
3.fakta
4.Teliti/seksama
5.Menulis informasi
6.fiksi
7.nonfiksi
8.paragraf ke1
9.nonfiksi
10.editorial
11.pengkajian
12.fiksi
13.benar benar ada/terjadi
14.Disebarkan karena hoax(TDK fakta)
15.fiksi
Penjelasan:
maaf klo slh!
6. SOAL 1Teks yang berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab-akibat, disebut…A. Teks eksplanasiB. Teks ilmiahC. Teks eksplorasiD. Teks efektifSOAL 2Berikut contoh kalimat efektif, kecuali ….A. Saya berdoa sebelum tidur.B. Setelah memasak, kemudian ibu beristirahat.C. Pertemuan itu dihadiri oleh para siswa-siswa.D. Suasana rumah pak RT sangat ramai.SOAL 3Kalimat dibawah ini yang tidak efektif yaitu ….A. Beberapa siswa sedang membersihkan kelas.B. Para guru sedang rapat di aula.C. Semua bola di rumah sudah rusak.D. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan.SOAL 4Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.Kalimat efektif dari kalimat tidak efektif di atas adalah ….A. Para-para siswa sedang belajar di kelas.B. Siswa-siswa sedang belajar-belajar di kelas.C. Para siswa sedang belajar di kelas-kelas.D. Para siswa sedang belajar di kelas.SOAL 5Perhatikan teks eksplanasi berikut! Saat menyeberangi jalan raya, kita perlu memperhatikan nyala lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas berfungsi untuk mengatur arus kendaraan di jalan raya. Lampu tersebut sangat bermanfaat untuk menghindarkan pengguna jalan dari kecelakaan. Lampu lalu lintas ditemukan pada tahun 1923 oleh Garrett Augustus Morgan. Penemuan tersebut didasari sering terjadinya kecelakaan antara mobil dan kereta kuda.Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian ….A. Pernyataan umumB. PenjelasC. PenutupD. InterpretasiSOAL 6Perhatikan teks eksplanasi berikut! Saat menyeberangi jalan raya, kita perlu memperhatikan nyala lampu lalu lintas. Lampu lalu lintas berfungsi untuk mengatur arus kendaraan di jalan raya. Lampu tersebut sangat bermanfaat untuk menghindarkan pengguna jalan dari kecelakaan. Lampu lalu lintas ditemukan pada tahun 1923 oleh Garrett Augustus Morgan. Penemuan tersebut didasari sering terjadinya kecelakaan antara mobil dan kereta kuda.Topik permasalahan paragraf tersebut adalah ….A. Manfaat lampu lalu lintasB. Penemuan lampu lalu lintasC. Prinsip kerja lampu lalu lintasD. Besarnya angka kecelakaan tanpa lampu lalu lintasSOAL 7Perhatikan teks eksplanasi berikut! Garrett Augustus Morgan memiliki kepedulian terhadap keselamatan orang lain. Ia terpanggil untuk menciptakan sistem lampu lalu lintas. Prinsip kerja lampu lalu lintas yaitu adanya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel. Setiap lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung dengan sumber energi. Jika ada salah satu komponen yang rusak, komponen lain masih tetap berfungsi tanpa gangguan.Topik permasalahan pada paragraf teks eksplanasi tersebut adalah ….A. Prinsip kerja lampu lalu lintasB. Komponen lampu lalu lintasC. Fungsi komponen lampu lalu lintasD. Pentingnya memperhatikan keselamatan orang lainSOAL 8Perhatikan teks eksplanasi berikut! Televisi merupakan alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media audiovisual. Penemuan televisi termasuk penemuan besar yang mengubah dunia. Dengan adanya televisi, masyarakat dapat melihat dan mendengar berita dari seluruh dunia. Namun, kita harus bersikap bijak saat menonton tayangan di televisi. Kita sebaiknya menonton tayangan yang sesuai usia kita.Sesuai struktur teks eksplanasi, paragraf tersebut merupakan bagian ….A. Pernyataan umumB. PembukaC. PenjelasanD. PenutupSOAL 9Teks eksplanasi ilmiah adalah ….A. Teks yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainyaB. Teks yang menjelaskan kehidupan seseorang secara runtut.C. Teks sejarah yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.D. Teks yang menerangkan suatu proses pembuatan kue.SOAL 10“Dian pergi ke sekolah, kemudian dian pergi kerumah temannya untuk belajar”.Kalimat efektif yang tepat dari kalimat di atas adalah .…A. Dian pergi ke sekolah untuk belajar.B. Dian pergi kesekolah, kemudian ke rumah temannya untuk belajar.C. Dian pergi kesekolah, kemudian kerumah temannya.D. Dian pergi kesekolah dan ke rumah temannya.please jawab sayang
Jawaban:
1a
2c
3d
4d
5d
6b
7c
8d
9a
10a
Penjelasan:
maaf kalo salah
Jawaban:
1.A
2.A
3.C
4.B
5.B
6.B
7.C
8.C
9.A
10.B
Penjelasan:
Maaf kalau salah:)
7. 1. Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.
1. B
2. D
3. C
4.
5.
6.
7.
8.
8. 6. Contoh sikap yang dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di sekolah adalah.... *A. mengikuti kegiatan SiskamlingB. menjaga kebersihan fasilitas umumC. melaksanakan piket membersihkan kelasD. membantu adik menyelesaikan pekerjaan rumah7. Manfaat nilai persatuan di rumah adalah.... *A. menumbuhkan keharmonisan antar anggota keluargaB. meningkatkan kedisiplinan pada diri siswaC. menumbuhkan keharmonisan antartemanD. menciptakan kemandirian bagi setiap anak8. Perilaku yang mencerminkan nilai persatuan di sekolah adalah.... *A. memilih teman yang hanya berasal dari satu suku yang samaB. berteman tidak membeda-bedakan suku dan agamaC. membangun jembatan yang rusak di lingkunganD. membantu teman yang tidak bias menyelesaikan soal ulangan9. Perhatikan gambar berikut! *Gambar Tanpa TeksA. mementingkan diri sendiriB. tidak peduli terhadap orang lainC. berteman dengan siapa saja dan membina kerukunanD. merendahkan teman yang berbeda suku10. Perilaku yang mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di masyarakat adalah .... *A. ikut serta dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RIB. menyebar berita bohong (hoax)C. membantu tetangga yang kesulitan dengan mengharapkan imbalanD. memaksakan kehendak kepada warga masyarakat yang lain
Jawaban:
6.C7.A8.B9.-10.APenjelasan:
maaf yang no.9 gk ada gambarnya gk bisa bantu
Jawaban:
6. c. melaksanakan piket membersihkan kelas
7. a. menumbuhkan keharmonisan antar anggota keluarga
8. D. membantu teman yang tidak bisa menyelesaikan soal ulangan
9.d.
10. a. ikut serta dalam kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI
9. haiBerita TerkiniTEKNO & SAINSContoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 beserta PenjelasannyaBerita TerkiniKonten dari Pengguna21 Oktober 2021 17:56·waktu baca 5 menitTulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparanContoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 beserta PenjelasannyaIlustrasi kunci jawaban matematika kelas 7. Sumber foto : pexels.comSoal dan kunci jawaban matematika kelas 7 yang akan dibahas kali ini hanyalah sebagai referensi bahan belajar bagi siswa dan guru dan orang tua dalam membimbing anak-anak peserta didik.ADVERTISEMENTSoal yang akan disajikan dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan kunci jawaban matematika kelas 7 akan diberikan di bawahnya beserta penjelasan dan cara menyelesaikannya, dan dikutip dari buku Matematika SMP Kelas VII,Kalian bisa mencoba untuk menjawab terlebih dahulu soal matematika berikut, baru kemudian mencocokkan dengan jawaban yang benar.Contoh Soal dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7Soal Pilihan Ganda1. Terdapat nilai A = {5,6,7} sedangkan nilai B = {3, 4}, jadi nilai dari A ∪ B yaitu ….A. {3}B. {3, 4, 5, 6, 7}C.{1, 3}D. {2, 4}2. Jika M = {a, i, u, e, o} , N = {a, u, o}, nilai n dari (M ∪ N) yaitu ….ADVERTISEMENTA. 5B. 6C. 7D. 83. Jika telah Diketahui X = {x | x <6, x bilangan asli} sedangkan nilai Y = {x | – 1 ≤ x ≤ 5, x Ń” integer}, maka anggota (X ∩ Y) adalah ….A. {0, 1, 2, 3, 4, 5}B. {1, 2, 3, 4, 5}C. {-1, 0, 1, 2, 3, 4}D. {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}4. Nilai n (A) = 10, nilai n (B) = 8 ada n (A ∩ B) = 8, maka nilai n atas (A ∪ B) ialah ….A. 8B. 9C. 10D. 11
1. A = {5,6,7}
B = {3,4}
Maka nilai dari A ∪ B = {3,4,5,6,7}
2. M = {a, i, u, e, o}
N = {a, u, o}
M ∪ N = {a, i, u, e, o}
Nilai n (M ≦ N) = 5
Jawabannya: A
3. X = {x | x <6, x bilangan angka asli)
= {1, 2, 3, 4, 5}
Y = {x | – 1 ≤ x ≤ 5, x Ń” nilai integer}
= {-1, 0, 1, 2, 3, 4, 5}
(X ∩ Y) = {1, 2, 3, 4, 5}
Jawabannya: B
4. n (A) = 10, n (B) = 8 serta n (A ≤ B) = 8
n (A – B) = n (A) + n (B) -n (A-B)
= 10 + 8 – 8
= 10
Jawabannya: C
1.B
2.A
3.B
4.C
semoga membantu
10. 1.Jangan mencontek ketika ulangan! Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. permintaan b. larangan c. perintah biasa d. permohonan e. harapan 2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang! Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimat a. perintah biasa b. permohonan larangan c. ajakan d. permintaan e. pemberitahuan 3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecuali a. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya! b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok! c. Siapa yang mengatakan hal itu? d. Letakkan buku-buku itu di atas meja! e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini! 4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat berita a. biarlah dia bersamaku b. saya harap Anda datang tepat waktu c. jangan ada yang pergi dari sini d. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini e. sebaiknya kami pulang sekarang 5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecuali a. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan) b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakan kata dasar c. memakai intonasi tanya Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37 d. mempergunakan partikel penghalus -lah. e. berbentuk perintah 6. Kalimat perintah sindiran a. Terima kasih Anda tidak menolak. b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini. c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini. d. Pulanglah kamu sekarang. e. Sudikah Anda mampir ke rumahku? 7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S) a. Diamlah, jangan berisik! b. Simpanlah dokumen ini! c. Makanlah hidangan ini! d. Harap wakili saya pada rapat besok! e. Bersihkan tempat ini! 8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalah a. Sebaiknya, uang itu dikembalikan. b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini! c. Lestarikan budaya bersih. d. Jagalah kelestarian lingkungan kita. e. Janganlah kauganggu adikmu ! 9. Tujuan kalimat perintah adalah a. untuk mendapatkan respons berupa jawaban b. untuk mendapatkan informasi c. mendapatkan respons berupa tindakan d. menyampaikan keinginan e. untuk mendapatkan inspirasi 10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimat a. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif. b. Sebaiknya kita istirahat dahulu. c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama. d. Kita berhenti di sini saja. e. Tidurlah, hari sudah malam. 11. Kalimat perintah pembiaran adalah a. Sudahlah, aku mau pergi. 38 Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI b. Marilah kita lanjutkan pekerjaan. c. Biarkan buku itu di mejaku. d. Saya minta kalian belajar sungguh-sungguh. e. Pergilah sekarang. 12. Langkah yang dapat ditempuh dalam menanggapi perintah kecuali a. merumuskan kembali isi perintah b. isi perintah dituliskan berbentuk kerangka c. mengecek kebenaran kegiatan yang akan dilaksanakan, apakah sesuai perintah d. membuat perencanaan dalam bentuk karangan e. membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/bagan 13. Ambillah bagian paling bawah hingga atas. Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintah a. berbentuk berita b. yang memutus proses kerja c. pembiaran d. ajakan e. himbauan 14. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat perintah biasa adalah. a. Per langkah! b. Antarkan surat ini ke Pak RT. c. Ayolah, kita bersenam pagi agar tubuh kita sehat. d. Sebaiknya Bapak memakai helm demi keselamatan berkendara. e. Marilah kita gunakan tekstil dalam negeri. 15. Kalimat perintah berikut yang dikategorikan kalimat perintah halus a. Sudilah Anda mampir ke rumahku. b. Sebaiknya telepon ia sekarang. c. Tidurlah, hari sudah malam. d. Makanlah hidangan ini. e. Cepat pergi dari sini! 16. Contoh kalimat perintah ajakan a. Marilah ketetanggamu kalau kauberani. b. Kami berharap Anda datang tepat waktu. Bahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 39 c. Tempat ini bukan untuk membuang sampah. d. Saya mohon kamu segera melunasi utangmu. e. Bawa oleh-oleh ini untuk nenekmu. 17. Kalimat perintah dengan nada bersahabat a. Ambillah kembali kado yang kauberikan kalau kamu tidak mau. b. Kami mohon Anda bersedia bekerja di sini. c. Kami sangat berterima kasih bila Anda membuang sampah pada tempatnya. d. Anda diminta kesediaannya menjadi pembawa acara pada malam reuni nanti. e. Pulanglah kamu sekarang. 18. Kalimat perintah yang berkesan harapan adalah a. Saya ingin Anda belajar dengan semangat! b. Hadirin saya minta berdiri! c. Semuanya saya sarankan kembali ke kelas. d. Hapuslah papan itu! e. Katakan dengan sejujurnya! 19. Tabunglah uangmu untuk simpanan hari tua. Kalimat perintah yang sepadan dengan kalimat di atas ialah a. Belajarlah hingga akhir hayatmu! b. Pelajari halaman 10, besok ulangan! c. Kerjakanlah soal ini sampai selesai! d. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tua! e. Pergilah segera, nenekmu sudah menunggu! 20. Di bawah ini yang bukan perintah berisi nasihat ialah a. Berhati-hatilah selama dalam perjalanan! b. Mimpi indahlah dalam tidurmu! c. Simpanlah baik-baik surat wasiat ini! d. Jagalah bicaramu di mana saja kauberada. e. Hendaknya selalu waspada dalam segala suasana.
1)b
2)d
3c
maaf 3 aja
maaf kalau salah1.b, 2.d, 3.c, 4.b, 6.d, 8.d, 10.a.
maaf ya sampai 10 aja
maaf jg ya kalau salah
angka yg ga ada berarti aku kurang ngerti
11. 1. Jangan mencontek ketika ulangan!Kalimat di atas merupakan contoh kalimat perintaha. permintaanb. laranganc. perintah biasad. permohonane. harapan2. Dengan hormat, kami mohon hadirin tenang!Perintah lisan pada kalimat di atas merupakan kalimata. perintah biasab. permohonan laranganc. ajakand. permintaane. pemberitahuan3. Berikut ini merupakan contoh kalimat perintah, kecualia. Kerjakan soal ini sebaik-baiknya!b. Tolong sampaikan kepadanya, bahwa ia boleh datang besok!c. Siapa yang mengatakan hal itu?d. Letakkan buku-buku itu di atas meja!e. Laporkan segera anggaran pengeluaran bulan ini!4. Kalimat perintah yang berbentuk kalimat beritaa. biarlah dia bersamakub. saya harap Anda datang tepat waktuc. jangan ada yang pergi dari sinid. hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan inie. sebaiknya kami pulang sekarang5. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat perintah, kecualia. intonasi keras (terutama perintah biasa dan larangan)b. kata kerja yang mendukung isi perintah itu biasanya merupakankata dasarc. memakai intonasi tanyaBahasa Indonesia SMK/MAK Setara Tingkat Madya Kelas XI 37d. mempergunakan partikel penghalus -lah.e. berbentuk perintah6. Kalimat perintah sindirana. Terima kasih Anda tidak menolak.b. Saya mohon Anda mengoordinasi sumbangan ini.c. Hendaknya Saudara pikirkan penawaran ini.d. Pulanglah kamu sekarang.e. Sudikah Anda mampir ke rumahku?7. Kalimat perintah berpola kalimat inversi (P-S)a. Diamlah, jangan berisik!b. Simpanlah dokumen ini!c. Makanlah hidangan ini!d. Harap wakili saya pada rapat besok!e. Bersihkan tempat ini!8. Kalimat perintah himbauan di bawah ini adalaha. Sebaiknya, uang itu dikembalikan.b. Bantulah aku dalam mengerjakan tugas ini!c. Lestarikan budaya bersih.d. Jagalah kelestarian lingkungan kita.e. Janganlah kauganggu adikmu !9. Tujuan kalimat perintah adalaha. untuk mendapatkan respons berupa jawabanb. untuk mendapatkan informasic. mendapatkan respons berupa tindakand. menyampaikan keinginane. untuk mendapatkan inspirasi10. Yang termasuk contoh perintah ajakan terdapat pada kalimata. Lebih baik kamu berbisnis dalam bidang otomotif.b. Sebaiknya kita istirahat dahulu.c. Marilah kita bernyanyi bersama-sama.d. Kita berhenti di sini saja.e. Tidurlah, hari sudah malamTolong ya, ntar ku follow
Jawaban: 1.) B. Larangan
2.) A. Perintah biasa
3.) C. Siapa yang mengatakan hal itu
4.) D. Hendaknya ada yang mengoordinasi kegiatan ini
5.) C. Memakai intonasi tanya bahasa indonesia SMK/MAK setara tingkat madya kelas XI 37
6.) A. Terima kasih anda tidak menolak.
7.) D. Harap wakili saya pada rapat besok!
8.) D. Jagalah kelestarian lingkungan kita.
9.) C. Mendapatkan respons berupa tindakan
10.) C. Marilah kita bernyanyi bersama - sama
Penjelasan: #maaf ya kalau salah#
12. Tugas Bahasa Indonesia Bab 1 kelas 8 yang harus dikumpulkan ke sekolahan :a. Membuat atau mencari berita di internet, majalah, televisi atau radio dan ditulis di kertas foliob. Menentukan analisis beritac. Menentukan struktur kaidah kebahasaan. Cara mengerjakan ada pada contoh buku paket halaman 18 nomer 3d. Mengerjakan uji kompetensi Bab 1 tentang Berita. Soal pilihan ganda 15 nomor
Jawaban:
Ujikompetensi1No.15:D.PenyelenggaraanKejuaraanGulat.
Penjelasan:
maaf jika salah
•saya hanya tau itu saja.
-sekian trims.
13. Bab 1: Berita Seputar Indonesia Bab 2: Iklan Sarana Komunikasi Bab 3: Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi Bab 4: Indahnya Berpuisi Bab 5: Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi Contoh Dan Soal Kunci Jawaban Kelas 8 Semester 1 Pilhan Ganda Dan Esai.
Jawaban:
Penjelasan: Soal nya apa
14. Bacalah kutipan pidato berikut untuk menjawab soal nomor 7 s.d. 12! (1) Selamat pagi. (2) Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian yang saya hormati, (3) Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilaturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. (4) Pada kesempatan kali ini, saya memohon izin untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait pentingnya menyelamatkan anak-anak remaja dari pergaulan bebas. Seperti yang telah diberitakan di berbagai media, saat ini, anak-anak dan para remaja sedang mengalami masalah sosial yang cukup pelik akibat menjamurnya berbagai informasi yang bisa diakses dengan mudah. Melalui media sosial, misalnya, remaja dapat memperoleh berbagai informasi menyesatkan yang sangat merisaukan orang tua. Hal ini tentu menjadi masalah sosial yang perlu segera ditangani. (5) Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada. hal tersebut dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial, seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul karena terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realitas yang ada. (6) Beberapa contoh permasalahan sosial yang saat ini melanda kalangan remaja di antaranya pergulan bebas, minum minuman keras, dan narkoba. Ketiga masalah sosial ini benar-benar telah menghancurkan masa depan generasi muda saat ini. Entah sudah berapa banyak remaja dan anak-anak yang harus menjadi korban akibat terjerumus ke dalam permasalahan sosial yang cukup pelik ini. (7) Dalam kondisi demikian, diharapkan seluruh masyarakat ikut terlibat aktif untuk melakukan pencegahan dini agar permasalahan sosial ini tidak berkembang lebih jauh. Seperti halnya dalam lingkungan keluarga, peran orang tua menjadi sangat penting, bahkan menjadi penentu masa depan anak-anak. Jangan biarkan anak-anak kita menjadi korban. Lebih baik melakukan pencegahan daripada harus menunggu hal-hal buruk menimpa anak anak kita. Marilah kita saling bahu-membahu dan bekerja sama menjauhkan generasi bangsa dari permasalahan sosial ini. Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian yang saya hormati, (8) Demikian beberapa pendapat dan pesan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak dan Ibu-ibu, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan. (9) Selamat pagi. Dikutip dari: Tim Edukatif, Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX-Erlangga7. pendapat dan gagasan pembicaraan atau orator disampaikan pada paragraf nomor ......a. (2),(3),(4)b. (3),(4),(5)c. (4),(5),(6)d. (5),(6),(7)8. bagian pembuka pada teks pidato tersebut ditandai nomor nomor a. (1),(2),(3)b. (2),(3),(4)c. (3),(4),(5)d. (4),(5),(6)9. bagian penutup pada teks pidato tersebut ditandai nomor a. (5) dan (6)b. (6) dan (7)c. (7) dan (8)d. (8) dan (9)10. pesan orator dipaparkan pada paragraf nomor a. (4)b. (5)c. (6)d. (7)
jawabannya
no 7.a
no 8.b
no 9.d
no 10.c
maaf kalau salah
ingattt
jangn lupa kasih poin sebanyaknya ya dan like in
plisss
15. 6. Hak anak di rumah contohnya adalah a. mendapatkan pelajaran b. mengerjakan PR c. mendapatkan penghidupan yang layak d. membantu bersih-bersih orang tua 7. Disiplin tidak hanya diterapkan di sekolah, saja tetapi juga di lingkungan rumah dan masyarakat. Contoh disiplin di rumah adalah a. belajar mengerjakan tugas yang diberikan guru b. rajin membantu orang tua c. mengikuti kegiatan kerja bakti d. membantu adik jika Ibu menyuruh saja 8. Berikut ini merupakan contoh kewajiban siswa di sekolah adalah a. mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah b. membuang sampah di dalam bangku kelas c. mengumpulkan tugas jika diminta oleh guru d. mengerjakan tugas jika disuruh guru 9. Gambar di atas menunjukkan bahwa murid-murid memiliki sikap a. kewajibanb. tanggung jawabc. pemberanid. rela berkorban10. Mita melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal. Hal ini berita berarti Mita sedang melaksanakan a. perintah temannya b. kewajiban sebagai siswa c. hak sebagai siswa d. perintah gurunya Jawaban untuk Soal :a. hakb. mahkluk Tuhanc. makhluk sosial d. kewajiban e. tanggung jawab Soal :1. tidak dapat hidup sendiri 2. tugas dan kewajiban harus dilaksanakan 3. melakukan dengan penuh tanggung jawab 4. sesuatu yang mutlak milik seseorang 5. selain makhluk individu dan sosial
Bagian I
6.C.Mendapatkan penghidupan yang layak.
7.B.Rajin membantu orang tua.
8.A.Mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah.
9.A.Kewajiban.
10.B.Kewajiban sebagai siswa.
Bagian II
1.C.Makhluk Sosial.
2.E.Tanggung jawab.
3.D.Kewajiban.
4.A.Hak.
5.B.Makhluk Tuhan.
"Semoga membantu ya"
Posting Komentar untuk "Contoh Soal Berita Kelas 8"