Soal Olimpiade Matematika Sd Kelas 2 2018
contoh soal olimpiade sd kelas 5
1. contoh soal olimpiade sd kelas 5
Hasil dari km2 + 2 hm2 + 5 dam2 adalah … m2
2. jawaban soal matematika olimpiade kls 5 sd tahun 2015 sekarang please agar lulus olimpiade mipa
2s + 800s = ?
jika s = 1009
maka 2s + 800s = ?
2(1009) + 800(1009)= ?
2018 + 807200 = 809218
jawabannya 809218
semoga bermanfaat
3. contoh soal olimpiade ipa dan matematika kelas 5
Jika kamu akan bertamasya mendaki gunung, biasanya para polisi hutan akan memperingatkan agar kamu berhati-hati agar tidak mendaki terlalu tinggi, kecuali dengan persiapan yang baik. Salah satu gejala pada saat mendekati puncak gunung yang tinggi adalah pusing. Hal ini terjadi karena di puncak gunung yang sangat tinggi :
A. angin sangat kencang
B. udara sangat dingin
C. kadar oksigen rendah
D. kadar oksigen sangat tinggi
E. Semakin tinggi gas akan semakin beracun
Pritha bermain boneka mulai umur 2 tahun. Setelah umur 6 tahun, Pritha tidak mau lagi bermain boneka. Berapa bulankah Pritha gemar bermain boneka ?
a.48 bulan
c. 62 bulan
b.50 bulan
d. 75 bulan
4. mohon bantuannya. soal OSN olimpiade matematika SD. diharapkan penjelasan yang sederhana. terimakasih luas daerah yang diarsir adalah...
Kls 8 kan ya...
Luas yg diarsir
= 2 × luas 2 daun
= 2 × (luas lingkaran - luas persegi)
= 2 × (/4 πd² - s²)
= 2 × (1/4 . 22/7 . (7√2)² - 7²)
= 2 × (11 × 7 - 7 × 7)
= 2 × 4 × 7
= 56 cm²
•••
d = 7√2 cm
AB = 7 cm
Daerah kuning = 1 daun
Jawaban:
Luas arsiran = 56 cm2
Penjelasan:
gambar dan perhitungan terlampir
5. 2/3 siswa kelas VII mengikuti Olimpiade sebanyak 20% siswa yang mengikuti Olimpiade adalah siswa yang mengikuti olimpiade matematika jika siswa kelas VIIsebanyak 150 anak siswa yang mengikuti olimpiade matematika......anak sebanyak
Jawaban:
2/3 x 150 = 100
20% = 20/100 x 100 = 20 anak
6. tolong kasih pertanyaan olimpiade matematika SD sama pembahasannya
Jawaban:
Soal Olimpiade Matematika SD dan Cara Pembahasan yang MudahContoh soal
Soal No. 1
Tentukan banyaknya bilangan bulat yang habis dibagi 12 dari 2000 – 2003!
Tentukan banyaknya bilangan bulat yang habis dibagi 12 dari 2000 – 2003!Pembahasan:
Kata kunci dari soal itu adalah yang habis dibagi. Jika ada bilangan yang habis dibagi itu berarti bilangan itu bisa dicari dengan menggunakan konsep kelipatan yang selalu didapat di SD mulai dari kelas 4. Jadi dalam untuk menemukan jawabannya carilah bilangan diantara 2000 s.d 2003 itu dengan konsep kelipatan. Contoh sederhananya: 36 itu adalah kelipatan 12 sebab 36 adalah habis dibagi 12 yang hasilnya adalah 3. Bisa juga 3 x 12 = 36.
Kata kunci dari soal itu adalah yang habis dibagi. Jika ada bilangan yang habis dibagi itu berarti bilangan itu bisa dicari dengan menggunakan konsep kelipatan yang selalu didapat di SD mulai dari kelas 4. Jadi dalam untuk menemukan jawabannya carilah bilangan diantara 2000 s.d 2003 itu dengan konsep kelipatan. Contoh sederhananya: 36 itu adalah kelipatan 12 sebab 36 adalah habis dibagi 12 yang hasilnya adalah 3. Bisa juga 3 x 12 = 36.
Soal No 2.
Berat sebuah kotak kecil, dua kotak sedang, dan sebuah kotak besar bersama-sama adalah 10 kg. Berat satu kotak kecil, dua kotak sedang, dan dua kotak besar bersama-sama adalah 15 kg. berapa berat dua kotak kecil dan empat kotak sedang bersama-sama?
Berat sebuah kotak kecil, dua kotak sedang, dan sebuah kotak besar bersama-sama adalah 10 kg. Berat satu kotak kecil, dua kotak sedang, dan dua kotak besar bersama-sama adalah 15 kg. berapa berat dua kotak kecil dan empat kotak sedang bersama-sama?Pembahasan:
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :1 KK + 2KS + 1 KB = 10 kg dan pembandingnya adalah 1 KK + 2KS + 2 KB = 15 kg. Dengan membuat seperti itu maka jawaban sudah didepan mata.
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :1 KK + 2KS + 1 KB = 10 kg dan pembandingnya adalah 1 KK + 2KS + 2 KB = 15 kg. Dengan membuat seperti itu maka jawaban sudah didepan mata.Soal No 3
3.Pak Gatot memberikan uang kepada istrinya sebesar Rp 240.000. Dua pertiga dari uang yang masih dimiliki Pak Udin diberikan kepada anaknya. Jika sisa uang Pak Gatot sekarang Rp. 195.000 berapa rupiahkah uang yang dimiliki Pak Gatot pada mulanya?
Pembahasan:
Gatot memberikan uang kepada istrinya sebesar Rp 240.000. Dua pertiga dari uang yang masih dimiliki Pak Udin diberikan kepada anaknya. Jika sisa uang Pak Gatot sekarang Rp. 195.000 berapa rupiahkah uang yang dimiliki Pak Gatot pada mulanya?
Soal ini bermain pada perkalian pecahan yang sedikit dimodif untuk bisa berpikir lebih kritis lagi. 2/3 diberikan pada anak itu artinya 1/3 lagi adalah sisanya yang Rp. 195.000. Jadi dari 1/3 itulah kita dapat mencari jawabannya.
Penjelasan:
#bersamakitacerdas
7. Kuis MatematikaMateri : Olimpiade SD/MI se-Jawa dan Bali
Jawaban:
D.5 a² satuan luas
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Bilangan kotak luasnya yang 1/2 kotak
= 8
8 ÷ 2 = 4
4 + (kotak yang diarsir penuh) = x
4 + 1 = 5 a²
8. Kamila mengikuti sebuah lomba olimpiade matematika SD panitia lomba membuat sebuah aturan bahwa setiap jawaban yang benar diberi nilai 5 yang salah diberi nilai -2 dan tidak dijawab diberi nilai -1apabila dari 50 soal kamila bisa menjawab benar 32 soal dan tidak menjawab 5 soal maka berapa niali yang di dapat kamila dalam lomba Olimpiade Matematika SD tersebut?
Jawaban:
jawaban benar 32 x 5 = 160
tidak menjawab 5 x (-1) = -5
jawaban salah 13 x (-2) = -26
jawab = 160 + (-5) + (-26) = 129 point
9. soal soal olimpiade ipa sd 2016
1. Tanaman cengkeh banyak dimanfaatkan oleh manusia terutama untuk campuran rokok. Pemanfaatan tanaman cengkeh juga banyak digunakan untuk bahan obat herbal, yaitu sebagai...
a. obat batuk
b. obat sakit kepala
c. obat sembelit
d. obat luka ringan
2. Para pencari harta karun di dalam laut memanfaatkan bunyi pantul untuk mengetahui...
a. Arah mata angin
b. Tinggi gelombang laut
c. Kecepatan gelombang
d. Lokasi kapal yang karam
3. Enzim yang dihasilkan oleh air ludah dan getah pankreas adalah...
a. amilase
b. renin
c. tripsin
d. pepsin
4. Arlinda mengamati adik laki-lakinya banyak makan dan memiliki tubuh yang semakin berotot. Arlinda mengetahui melalui metabolisme, sebagian besar makanan diubah menjadi molekul-molekul glukosa. Apa yang terjadi pada metabolisme tubuh adik Arlinda?
a. Kelebihan glukosa dalam tubuh menjadi energi
b. Kelebihan glukosa dalam tubuh diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam hati atau otot
c. Kelebihan glukosa dalam tubuh segera dibuang menuju saluran usus besar
d. Kelebihan glukosa dalam tubuh tetap berada dalam pembuluh darah
5. Sebuah balon yang mengembang diikat dalam mulut botol yang berisi air, kemudian botol tersebut dimasukkan ke dalam wadah yang berisi pecahan es batu. Yang terjadi dengan balon tersebut adalah...
a. mengembang
b. mengempis
c. memuai
d. pecah
6. Angin yang besar dapat menyebabkan terjadinya pengikisan tanah atau batuan. Pengikisan tanah atau batuan akibat terjangan angin disebut...
a. erosi
b. abrasi
c. korasi
d. tsunami
7.
10. intan mengikuti Olimpiade Matematika tingkat SD di kotanya
Penjelasan dengan langkah-langkah:
34 soal benar
11 soal salah
maka tersisa 5 soal yang tidak dijawab intan
maka nilai intan
34 (2) + 11 (-1) + 5 (0) =
68 - 11 + 0 =
nilai intan = 57
Jawaban:
• Diketahui:
Jawaban benar = skor 2
Jawaban salah = skor -1
Tidak dijawab = skor 0
Soal benar = 34 soal
Soal salah = 11 soal
Jumlah soal = 50
• Ditanya:
Skor yang dimiliki Intan?
• Jawab:
« Jawaban yang tidak dijawab
Jumlah soal = Jawaban benar + jawaban salah – jawaban yang tidak dijawab
=> 50 = 34 + 11 – x
50 = 45 – x
x = 50 – 45
x = 5
« Intan berhasil menjawab
Jawaban benar = 34 × 2 = 68
Jawaban salah = 11 × (-1) = -11
Jawaban yang tidak dijawab = 5 × 0 = 0
« Jumlah skor
= Jawaban benar + jawaban salah + jawaban yang tidak dijawab
= 68 + (-11) + 0
= 57skor
Jadi, skor yang dimiliki Intan adalah 57skor
11. mohon bantuannya kak. soal OSN SD olimpiade matematika. mohon penjelasan sesuai dengan materi anak SD. terimakasih
Penjelasan:
luas = 1/2 x EG x OF
= 1/2 x 1/2 satuan x 2/3 satuan
= 2/12 satuan luas
= 1/6 satuan luas
12. Kamila mengikuti sebuah lomba olimpiade matematika SD. panitia lomba membuat sebuah aturan bahwa setiap jawaban yang dijawab benar diberi nilai 5, jawaban yang salah diberi nilai -2 dan tidak dijawab diberi nilai -1. apabila dari 50 soal Camila bisa menjawab benar 32 soal dan tidak menjawab 5 soal, maka berapa nilai yang didapat Kamila dalam lomba olimpiade matematika SD tersebut?BERIKAN CARA DAN JANGAN JAWAB NGASALSOAL INI DARI KELAS 6
Jawaban:
32×5=160
5×1=5
=160+5=165
=165÷2=82, 5
Jawaban:
82,5
Penjelasan dengan langkah-langkah:
32×5=160
5×1=5
160+5=165
165÷2=82,5
Semoga membantu maaf kalo salah jadikan jawaban terbaik ya terima kasih
13. Andika mengikuti sebuah lomba olimpiade matematika SD panitia lomba membuat sebuah aturan bahwa setiap jawaban yang dijawab benar diberi nilai 4 jawaban yang salah diberi nilai -2 dan tidak dijawab diberi nilai -1 Apabila dari 40 soal diberikan Andika bisa menjawab Benar 30 soal dan tidak menjawab 5 soal maka nilai yang diperoleh Andika dalam lomba olimpiade matematika SD adalah
Jawab:
105
Penjelasan dengan langkah-langkah:
jawaban benar: 30 x 4 = 120
jawaban salah: 5 x (-2) = -10
tidak menjawab: 5 x (-1) = -5
jadi nilai yang di dapat adalah
120 + (-10) + (-5) = 105
Jawaban:
105
Penjelasan dengan langkah-langkah:
diketahui :
skor benar = 4
skor salah = -2
skor tdk dijawab = -1
jumlah soal = 40
soal dijawab benar = 30
soal tidak dijawab = 5
ditanya : nilai yang diperoleh
jawab :
1. Mencari soal yang dijawab salah
dijawab salah = jumlah soal - dijawab benar - tidak dijawab
= 40 - 30 - 5
= 5
2. Mencari nilai Andika
= (soal benar x skor benar) + (soal salah x skor salah) + (tidak dijawab x skor tidak dijawab)
= (30 x 4) + (5 x -2) +(5 x -1)
= 120 + (-10) + (-5)
= 120 - 10 - 5
= 105
jadi nilai Andika dalam olimpiade matematika adalah 105
14. mohon bantuannya. soal OSN olimpiade matematika. mohon berikan penjelasan yang sesuai dengan materi SD. terimakasih
Bilangan n terbesar yang memenuhi [tex]\frac{1\: +\: 2\: +\: 3\: +\: 4\: + ... +\: n}{n} < 2010[/tex]adalah 4.018.
✦ Pembahasan ✦Deret Aritmatika merupakan operasi dasar dalam menjumlahkan semua anggota dalam barisan. Dalam deret aritmatika, kita akan menghitung total jumlah dari suatu barisan.
Contoh SoalHitunglah hasil total suku dalam barisan 5, 7, 8, 11, dan 14!
Manual : 5 + 7 + 9 + 11 + 13 = 45Kita masih bisa menghitung 5 suku tersebut secara manual. Namun, apakah mungkin kita menghitung 100 suku atau lebih dengan cara manual?
Oleh karena itu, kita gunakan rumus :
[tex]\boxed {\bold {Sn = (a + Un) \times \frac{n}{2}}}[/tex]
Namun, dikarenakan rumus :
[tex]\boxed {\bold {Un = a + (n - 1)\times b}}[/tex]
Rumusnya menjadi :
[tex]\boxed {\boxed {\bold {Sn = (2a + (n - 1)\: b) \times \frac{n}{2}}}}[/tex]
Keterangan :
Sn = Jumlah keseluruhan bilangana = Suku pertaman = Suku yang dicarib = Beda atau jarak bilanganPenyelesaian
[tex]Sn = (2a + (n - 1)\: b) \times \frac{n}{2}[/tex]
[tex]S5 = (2 \times 5 + (5-1) (7-5)) \times \frac{5}{2}[/tex]
[tex]S5 = (10 + 4 (2) ) \times \frac{5}{2}[/tex]
[tex]S5 = (10 + 8 ) \times \frac{5}{2}[/tex]
[tex]S5 = 18 \times \frac{5}{2}[/tex]
[tex]S5 = \frac{90}{2}[/tex]
[tex]\boxed {\boxed {\bold {S5 = 45}}}[/tex]
PenyelesaianDiketahui : [tex]\frac{1\: +\: 2\: +\: 3\: +\: 4\: + ... +\: n}{n} < 2010[/tex]Ditanya : Berapa n terbesar yang mungkin?Jawaban :Rumus yang hendak digunakan adalah
[tex]\boxed {\bold {Sn = (a + Un) \times \frac{n}{2}}}[/tex]
Namun disini yang ditanya adalah n bukan Sn, sehingga dari persamaan diatas diperoleh :
[tex](1+n) \times \frac{n}{2} < 2010\: n[/tex][tex](1+n)\: n < 2010\: n \times 2[/tex][tex](1+n)\: n < 4020\: n[/tex][tex](1+n) < 4020\: \frac{n}{n}[/tex][tex](1+n) < 4020[/tex][tex]n < 4020 - 1[/tex][tex]n < 4019[/tex][tex]\boxed {\boxed {\bold {n = 4018}}}[/tex]
(Sebab, nilai n harus kurang dari 4019 jadi kemungkinan terbesar adalah 4018).
=======================================================
Pelajari Lebih LanjutDefinisi deret aritmatika : brainly.co.id/tugas/1509694Contoh soal cerita : brainly.co.id/tugas/11640843Detail JawabanMapel : MatematikaKelas : IXBab : 2 - Barisan dan Deret BilanganKode Kategorisasi : 9.2.2Kata Kunci : Deret, Aritmetika, n, Sn, Contoh soal=======================================================
#AyoBelajar
[tex]\boxed {\boxed {\bold {Learn\: with\: Attaembul}}}[/tex]
15. soal olimpiade matematika
jumlah tiap baris = 30
kolom ke-2 baris ke-1 menurun :
12+10+z = 30
22+z = 30
z = 30-22 = 8
z = 8
kolom ke-1 baris ke-3 menyamping :
13+z+a = 30
13+8 +a = 30
21+a = 30
a = 30-21 = 9
kolom ke-1 baris ke-1 diagonal ke kanan :
x+10+a = 30
x+10+9 = 30
x+19 = 30
x = 30-19 = 11
x = 11
kolom ke-1 baris ke-1 menyamping :
x+12+b = 30
11+12+b = 30
23+b = 30
b = 30-23 = 7
kolom ke-3 baris ke-1 menurun :
b+y+a = 30
7+y+9 = 30
y+16 = 30
y = 30-16 = 14
y = 14
x+y-z = 11+14-8 = 17 (B)
semoga membantu ^^
Jawab :
12 + 10 + z = 30
22 + z = 30
z = 30 - 22
z = 8
Selengkapnya di gambar
x = 11, y = 17 dan z = 8
Nilai x + y - z = 11 + 17 - 8
= 20
Semoga membantu
Posting Komentar untuk "Soal Olimpiade Matematika Sd Kelas 2 2018"