Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Membaca Anak Sd


Latihan Membaca Anak Sd

Metode apa yang cocok digunakan dalam melatih anak membaca di kelas 2 sd​

Daftar Isi

1. Metode apa yang cocok digunakan dalam melatih anak membaca di kelas 2 sd​


Metode yang cocok digunakan yaitu dengan cara mengajarkan anak anak dengan media yang memiliki gambar dan berwarna ini di lakukan agar anak anak berminat untuk belajar membaca dikarenakan penuh dengan warna dan gambar.

Semoga membantu :)


2. Arif adalah seorang anak yang senang berolah raga. Cabang olahraga yang paling disukainya yaitu bulutangkis. Hampir setiap hari ia berlatih bulutangkis bersama Joni, kakaknya. Pada Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Sekolah Dasar, Arif yang mewakili pelajar DKI Jakarta, berhasil menjadi juara pertama bulutangkis. Apa kesimpulan bacaan tersebut ........ A. Arif mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Tingkat SD. B. Setiap hari Arif berolahraga bersama kakaknya. C. Arif berhasil menjadi juara karena rajin berlatih. D. Arif adalah anak yang rajin berolahraga.


Jawaban:

c. Arif berhasil menjadi juara karena rajin berlatih

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

d.arif anak yang rajin berolahraga

Penjelasan:

dalam mencari kesimpulan hal pertama yg dilakukan adalah mencari ide pokok,dan ide pokok paragraf tersebut berada di awal,kemudian,juara lomba merupakan penjelasan karena Arif rajin berolahraga


3. 1. Apakah arti kata tradisional yang terdapat pada bacaan tersebut?Jawab:2. Tari apa yang diperlombakan?Jawab:3. Berasal dari mana tari tradisonal yang diperlombakan?Jawab:4. Tunjukkan sikap siswa SD Nusa Bangsa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan!Jawab:5. Apa saja manfaat latihan lomba bagi anak-anak kelas V?Jawab:Tolong bantu jawab ya secepatnya. Ini soal mau dikumpul ntr sore. Punya Adekku​


Jawaban:

1. arti kata tradisional adalah kuno atau lama

2. tari gambyong

3. dari jawa tengah

4. sikap sd nusa bangsa tidak sombong walaupun menang

5. manfaatnya untuk memmbuat tubuh lebih sehat

SEMOGA MEMBANTU(&_&)

1. arti kata tradisional adalah kuno atau lama

2. tari gambyong

3. dari jawa tengah

4. sikap sd nusa bangsa tidak sombong walaupun menang

5. manfaatnya untuk memmbuat tubuh lebih sehat


4. ESPS Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas IV 82 Ayo Berlatih Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-3. Membaca dan Me Cita-Cita Andi Andi merupakan anak yang sangat energik. Orang tuanya menyalurkan energi anaknya tersebut dalam bentuk aktifitas positif. Setiap minggu, Andi diajak ayahnya untuk lari pagi. Sering kali, Andi berlatih lari dengan perhitungan waktu. Semakin lama, kebiasaan lari pagi yang awalnya seminggu sekali berubah menjadi seminggu dua kali. Andi sangat senang sekali berlari, terutama saat ia berhasil lari jarak 100 meter sesuai waktu yang ditentukan ayahnya. Ayahnya pun selalu menyemangati Andi saat anaknya jenuh. "Ayo, kamu bisa!" ucap ayahnya menyemangati. Kebiasaan tersebut membuat Andi ingin sekali menjadi seorang atlit lari profesional. la semakin sering latihan berlari dan mengikuti beberapa lomba lari di daerahnya. Tidak jarang, ia berhasil menjuarai beberapa perlombaan yang diikutinya. Kata Tidak Baku Kata Baku pasti 1. Tulislah kalimat ajakan yang terdapat dalam teks tersebut. 2. Temukan kata tidak baku pada teks tersebut. Perbaikilah menjadi kata baku. Carilah maknanya dalam KBBI. Makna Kata 3. Garis bawahilah empat kalimat tidak efektif dalam teks tersebut. Alat Lan 1. 2. 3. 5. 6​


Jawaban:

1. Setiap minggu, Andi diajak ayahnya untuk lari pagi.

2.

Aktifitas = aktivitas

Atlit = atlet

Penjelasan:


5. Bacalah pidato berikut! Hadirin yang saya hormati.Kebersihan sungai menjadi salah satu cara mengatasi banjir yang terjadi di desa kita ini. Perlu adanya upaya nyata dari semua warga agar sungai di desa kita dapat bersih. Untuk membuat sungai kita bersih, kita dapat melakukan kerja bakti setiap minggunya. Saya yakin jika kerja bakti tersebut dapat ritin dilakukan, banjir di desa kita tidak akan terjadi. (……………) Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato tersebut adalah . . . A. Oleh karena itu, marilah kita minta bantuan Pemerintah untuk ikut serta membersihkan sungai di desa kita ini.B. Oleh karena itu, marilah kita lakukan kerja bakti membersihkan sungai di desa kita ini dengan penuh semangat.C. Oleh karena itu, marilah kita tanamkan kesadaran kepada diri kita untuk tidak membuang sampah kesungai.D. Oleh karena itu, marilah kita lakukan kerja bakti membersihkan selokan di sekitar kita agar tidak terjadi banjir.Bacalah pidato berikut! Saya begitu bahagia ketika melihat kegigihan anak-anak dalam berlatih drum band. Kegigihan anak-anak telah membuahkan hasil. Sekolah ini menjadi juara pertama drum band tingkat kabupaten. SD Karunia yang selama ini dipandang sebelah mata menduduki tingkat pertama dalam kejuaran tersebut. (…….) Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah . . . . A. Oleh karena itu, saya mempersiapkan untuk kejuaraan selanjutnya.B. Oleh karena itu, saya menyiapkan tempat untuk berlatih drum band.C. Oleh karena itu, saya berharap anak-anak dapat berlatih lebih giat lagi.D. Oleh karena itu, saya berharapekstrakurikuler lain juga bisa berprestasi​


Jawaban:

1.B

2.D

tengkyuu


6. Bacalah cerita pada buku harianmu itu.• Apakah isi cerita pada buku harianmu itu?Siapa yang kamu ceritakan dalam buku harian itu?Kapan kegiatan atau peristiwa itu terjadi?Buatlah kesimpulan tentang buku harianmu!Ayo BerlatihKegiatan Bersama Orang TuaOrang tua mengajak anak menuliskan teks buku hariannya lagi denganperistiwa dan hari yang berbeda dengan kejadian kemarin.16Ne os 2 SD/M​


Jawaban:

apa yg mau di jawab ya,keterangan nya gaada,mungkin bs ditambah foto / keterangan lain?

Penjelasan:


7. pak purwadi adalah seorang guru kelas 4 disebuah SD yang terletak didaerah pegunungan. Dalam mata pelajaran matematika tentang pecahan, pak purwadi menjelaskan cara menjumlahkan pecahan dengan memberi contoh dipapan tulis, salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut : PAK PURWADI '' perhatikan anak-anak kalau kita menjumlahkan pecahan penyebut harus disamakan terlebih dahulu kemudian pembilangnya dijumlahkan. perhatikan contoh berikut 1/2+1/4=2/4+1/4=3/4. perhatikan lagi contoh ini :1/2+1/3=3/6+2/6=5/6.jadi yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap, mengerti anak-anak?''Anak-anak diam, mungkin mereka bingung. pak purwadi :pasti sudah jelas, kan.nah sekarang coba kerjakan soal-soal ini''pak purwadi menulis 5 soal dipapan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan secara berangsur-angsur mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut karna tidak tahu cara bagaimana mengerjakannya. hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal,yang lain itu hanya menulis soal. dan ada pula yang bertengkar dengan temannya,selama anak-anak bekerja pak purwadi duduk didepan kelas sambil membaca. setelah selesai anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. pak purwadi meminta seorang anak menuliskan jawabannya dipapan tulis. tetapi karna jawaban itu salah, pak purwadi lalu menuliskan semua jawaban dipapan tulis. kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban dipapan tulis. alangkah kecewanya pak purwadi ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua. identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak purwadi dalam kasus diatas...​


Jawaban:

A. 7

B. 1

C. -1

D. -7

Penjelasan:


8. B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!1. Dafa adalah anak semata wayang Ibu dan Ayahnya. Arti unkapan dari anaksemata wayang adalah ....2. Lawan kata dari ungkapan besar hati adalah ....3. Hari ini Nisa mendapatkan tugas membaca puisi ke depan kelas, karenaia merasa demam panggung, akhirnya ia latihan membaca puisi terlebihdahulu. Arti ungkapan demam paggung adalah ....4. Karena sedang membicarakan obrolan yang penting, ayah dan ibu Bagasberbicara hanya empat mata saja. Arti ungkapan empat mata adalah ....5. Para koruptor itu dihukum dengan hukum rimba. Arti hukum rimba adalah ....ATema 1. Hidun Rukun untuk Siswa SD/MI Kelas II​


Jawaban:

1.Anak tunggal

Penjelasan:

karena tidak mempunyai adik atau kakak

Jawaban:

1. arti dari kata semata wayang adalah anak satu-

satunya.

2. rendah hati/kecil hati.

3. gugup dan percaya diri saat mau menampil.

4.berbicara dengan 1 orang saja, jadi mata kamu ada dua kan trus si lawan bicaramu punya mata dua juga kan,yaudah namanya bicara empat mata

5. siapa yang kuat dia menang.

Penjelasan:

maaf kalau salah

terimakasih


9. Bacalah cerita pada buku harianmu itu.Apakah isi cerita pada buku harianmu itu?Siapa yang kamu ceritakan dalam buku harian itu?Kapan kegiatan atau peristiwa itu terjadi?Buatlah kesimpulan tentang buku harianmu!Ayo BerlatihKegiatan Bersama Orang TuaOrang tua mengajak anak menuliskan teks buku hariannya lagi denganperistiwa dan hari yang berbeda dengan kejadian kemarin,16Seks 2 SD/MI​


Jawaban:

maksud nya gimana y

Penjelasan:

kurang paham


10. Bacalah teks berikut! Senam Pagi Menyehatkan Anak-anak tampak sangat senang dan bersemangat. Mereka bergerak ke kiri dan ke kanan sambil mengangkat tangan dan kaki sesuai alunan lagu yang disajikan. Anak-anak tampak serius mengikuti semua arahan guru mereka. Tak ada yang bercanda ataupun bergerak sesuka hati. Mereka selalu bersemangat melakukan senam pagi di lapangan sekolah. Senam pagi merupakan kegiatan rutin para siswa SD Harapan Bangsa. Kegiatan ini dilakukan satu kali setiap minggunya, tepatnya di hari Jumat. Saat itu seluruh siswa, mulai dari kelas satu hingga kelas enam berkumpul di lapangan sekolah. Dengan mengenakan seragam olahraga, para siswa mulai melakukan senam yang dipimpin oleh guru olahraga.kegiatan senam pagi ditetapkan menjadi kegiatan Rutin karena banyaknya manfaat yang dihasilkan. Senam pagi dapat melatih dan memperkuat otot dan daya tahan tubuh anak. Saat senam, tubuh akan banyak bergerak sehingga otot² tubuh ikut bergerak. Gerakan senam yg sederhana dan dinamis dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif dan bugar. Selain itu, senam pagi dapat melatih keseimbangan tubuh. Senam juga dapat membantu maningkatkan tingkat kefokusan dan kemampuan mengingat anak. Saat melakukan senam, anak akan diminta untuk melakukan kegiatan sesuai tempo atau irama lagu yg disajikan. Saat itulah, kemampuan mengingat anak di uji dan dilatih Tolong dijawab kak ini Paragrafnya​


Jawaban:

1. paragraf terakhir =Gerakan senam yg sederhana dan dinamis dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif dan bugar. Selain itu, senam pagi dapat melatih keseimbangan tubuh. Senam juga dapat membantu maningkatkan tingkat kefokusan dan kemampuan mengingat anak. Saat melakukan senam, anak akan diminta untuk melakukan kegiatan sesuai tempo atau irama lagu yg disajikan. Saat itulah, kemampuan mengingat anak di uji dan dilatih

2.kalimat utama =Senam Pagi Menyehatkan Anak-anak tampak sangat senang dan bersemangat.

kalimat pengembang=Senam pagi merupakan kegiatan rutin para siswa SD Harapan Bangsa. Kegiatan ini dilakukan satu kali setiap minggunya, tepatnya di hari Jumat.

3.Senam pagi merupakan kegiatan rutin para siswa SD Harapan Bangsa. Kegiatan ini dilakukan satu kali setiap minggunya, tepatnya di hari Jumat. Saat itu seluruh siswa, mulai dari kelas satu hingga kelas enam berkumpul di lapangan sekolah. Dengan mengenakan seragam olahraga, para siswa mulai melakukan senam yang dipimpin oleh guru olahraga.

kegiatan senam pagi ditetapkan menjadi kegiatan Rutin karena banyaknya manfaat yang dihasilkan. Senam pagi dapat melatih dan memperkuat otot dan daya tahan tubuh anak. Saat senam, tubuh akan banyak bergerak sehingga otot² tubuh ikut bergerak. Gerakan senam yg sederhana dan dinamis dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif dan bugar. Selain itu, senam pagi dapat melatih keseimbangan tubuh. Senam juga dapat membantu maningkatkan tingkat kefokusan dan kemampuan mengingat anak.

maaf kalau salah


11. ANAK-ANAK PEDULI LINGKUNGANKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan.Salah satu bagian dalam kegiatan Avicenna Peduli Lingkungan adalah pengenalan danpengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundationdan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metodemenanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman,pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatanini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangantanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakansiswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanam tanaman sawi,sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik.Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam Avicenna Peduli Lingkungan disajikan.Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Parasiswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melaluilembaran testimoni yang disediakan.1.apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan di atas? 2.tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!​


Jawaban:

1.Kesadaran untuk menjaga kelesatarian perlu di mulai sejak masih masa anak anak.

2.Keaadaran untuk menjaga kelestarian perlu dibagikan kepada anak anak sejak usia dini.

Penjelasan:

Semoga membantu♥~


12. HUURUSU Benilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat! Tentara Wanita Siang itu, sepulang sekolah Widya, siswa kelas VI SD melintasi Lapangan Gasibu. Tidak bisanya lapangan yang biasa digunakan olahraga masyarakat menjadi ramai. Lapangan itu dipenuhi orang yang berseragam loreng hijau. Ada juga beberapa kendaraan lapis baja (tank) dan mobil militer diparkir tepat di belakang pasukan berbaris rapi. Widya sangat kaget dan minta ayahnya menghentikan mobil sebentar untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata pasukan tersebut sedang berlatih mempersiapkan upacara peringatan Hari Tentara Nasional Indonesia/ TNI, setiap tanggal 5 Oktober 1. Apa yang sedang berlangsung di 2. Siapakah yang dimaksud Widya pada lapangan Gasibu siang itu? bacaan di atas? a. orang-orang sedang menonton sepak a. salah satu anggota tentara wanita bola b. anak yang bercita-cita menjadi tentara b. tentara wanita sedang melaksanakan c. anak yang penakut dan pendiam upacara d. murid perempuan kelas 6 SD c. pasukan yang berlatih upacara memperingati hari TNI d. pasukan yang sedang berlatih perang​


Jawaban:

1.Apayangsedangberlangsungdi?

-Widya sedang menaiki mobil bersama ayah nya,,lalu mereka melihat banyak anggota TNI sedang latihan.

2.SiapakahygdimaksudWidyapadalapanganGasibusiangitu?Bacaandiatas?

-Widya adalah tokoh utama dalam cerita

- C.Pasukan yg berlatih upacara memperingati hari TNI


13. Bacalah teks bacaan berikut untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10! Hari ini para siswa kelas 5 SD Nusa Mandiri berlatih mengisi Formulir Ujian sekolah. Ibu Guru telah menyediakan sebanyak 32 formulir Ujian Sekolah. Banyak siswa yang mengikuti latihan tersebut adalah 30 anak. Lisa dan Mira termasuk anak yang mengikuti latihan mengisi formulir Ujian sekolah tersebut. Karena kurang berhati-hati, formulir mereka sobek. Mereka pun diberi nasihat oleh Ibu Guru untuk lebih berhati-hati, khususnya saat menghadapi Ujian Sekolah sebenarnya. Ibu Guru pun memberikannya formulir yang baru. 9. Mengapa Ibu Guru menasihati lisa dan Mira? Jelaskan jawaban kalian! Jawab:............... 10. Banyak formulir Ujian Sekolah yang tersisa sekarang adalah 1 lembar. Apakah pernyataan tersabut benar? Jelaskan jawaban kalian!Jawab:............​


Jawaban:

9. Karena Lisa dan Mira telah menyobek kertas latihan mengisi formulir Ujian Sekolah

10. Salah, Karena jumlah formulir yang disediakan sebanyak 32 lembar, dan yang mengikuti latihan Ujian Sekolah sebanyak 30 siswa, 32 - 30 = 2. Ternyata kertas Lisa dan Mira sobek, terus Ibu guru mengganti dengan formulir yang baru 2 lembar. jadi, Sisa formulir 0


14. A. Latar BelakangMembaca dan menulis merupakan dua jenis keterampilan yang harus dikuasai para siswa dalam bahasa dan sastra Indonesia, di samping menyimak dan berbicara. Keduanya termasuk ke dalam ragam bahasa tulis yang besar sekali kontribusinya bagi prestasi dan masa depan para siswa. Membaca dan menulis juga merupakan identitas peradaban sebuah masyarakat dan sekaligus kunci keberhasilan dan kemajuan bangsa. Namun, sayangnya dua keterampilan inilah yang selalu menjadi persoalan klasik dalam dunia pendidikan Indonesia. Realitas kemampuan membaca dan menulis para siswa kita memang tidak menggembirakan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sastrawan Taufiq Ismail, melalui observasinya kepada beberapa siswa di kawasan ASEAN, dia mengatakan bahwa anak-anak Indonesia rabun membaca dan pincak menulis atau bahkan dikatakan sebagai bangsa yang malah sudah buta membaca dan lumpuh menulis. Bukti lain turut menguatkan temuan tersebut adalah hasil penelitian International Association for the Evaluation of Educational Achievment (IAEA), melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Rata-rata skor membaca untuk SD adalah sebagai berikut: (1) Hongkong 755,5, (2) Singapura 74,0, (3) Thailand 65,1, (4) Filipina 52,6, dan (5) Indonesia 51,7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia hanya mampu menguasai 30% materi bacaan. Mereka menemukan kesulitan dalam membaca soal-soal berbentuk uraian yang memerlukan penalaran. Kesulitan ini terjadi karena mereka sangat terbiasa menghafal dan mengerjakan soal-soal pilihan ganda di samping proses pembelajaran yang tidak mendukung terhadap kemampuan penalaran dan praktik.Kurikulum baru yang tidak beberapa lama lagi diberlakukan, merupakan momentum terbaik dalam memperbaiki kondisi yang tidak menggembirakan itu. Apalagi dengan pendekatan yang digunakan kurikulum ini yang sangat kondusif bagi dilakukannya upaya-upaya tersebut. Kurikulum baru tersebut memberdayakan peran guru dalam pengembangannya, terutama dalam pemilihan materi dan penggunaan metode yang sesuai dengan kompetensi para siswanya. Dengan demikian, terangkatnya prestasi dan keterampilan membaca dan menulis siswa, kembali kepada peran para pengajar dalam pengajarannya. Untuk itu, sebuah upaya pembekalan terhadap para pengajar tentang pengembangan kurikulum dan materi pengajaran membaca dan menulis sangat mendesak untuk dilakukan.B. Tujuan Pelatihan1. Tujuan UmumTujuan umum pelatihan ini mencakup dua hal: (1) meningkatkan pengetahuan, penguasaan, dan keterampilan para pengajar terhadap substansi materi membaca dan menulis dan (2) meningkatkan profesionalisme para pengajar dalam mengajarkannya sesuai dengan kompetensi para siswa sesuai dengan indikator-indikator pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.2. Tujuan KhususSecara khusus, tujuan pelatihan ini adalah sebagai berikut.a. Meningkatkan daya baca para pengajar dalam beragam keterampilan membaca.b. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengajar dalam mengembangkan perencanaan dan implementasi pengajaran membaca di sekolah.c. Meningkatkan daya tulis para pengajar dalam beragam keterampilan menulis.d. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan perencanaan dan implementasi pengajaran menulis di sekolah1.analisis lah kelemahan kebahasaan proposalkebahasaan-- ---analisis-----kekurangan -----​​


Jawaban:þRead the text carefully below, the text tells us about

Read the text carefully below, the text tells us about

Penjelasan:Read the text carefully below, the text tells us about


15. Ayo Membaca3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah teks berikut!Anak-Anak Peduli LingkunganKesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejakusia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadarantersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerjasama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan" merupakanbagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut. Guna membentuk makhluk sosial yangpeduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi MedcoFoundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidanglingkungan untuk masyarakat.Salah satu bagian dalam kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" adalah pengenalandan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots MedcoFoundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagaimedia tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot,perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswayang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat danmemonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Merekamerupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Siswa kelas 4 menanamtanaman sawi. Sementara untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot denganmetode hidroponik. Rangkaian kegiatan "Avicenna Peduli Lingkungan" yang dimulai sejak30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara "Workshop SDAvicennba Jagakarsa", 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatanpara siswa dalam "Avicenna Peduli Lingkungan" disajikan. Anak-anak juga saling unjukkreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan gurupembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaranAyo Berlatih3.7 dan 4.7 Bahasa IndonesiaBacalah kembali bacaan tersebut dengan saksama! Kemudian, jawablah pertanyaanberikut ini!1. Apa judul teks bacaan di atas?Jawab:2. Sebutkan kata kunci dalam teks bacaan di atas!Jawab:3. Apa saja informasi yang kamu peroleh dari teks bacaan?Jawab:4. Tuliskan rangkuman bacaan berdasarkan informasi yang kamu dapatkan!Jawab:​


Jawaban:

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Penjajahan merupakan peristiwa yang menyedihkan karena rakyat yang dijajah mengalami ….

a. Pendidikan

b. Penindasan

c. Petualangan

d. Perjuangan

2. Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan ….

a. Indonesia mempunyai laut yang luas

b. Indonesia memiliki banyak harta karun di laut

c. Indonesia memiliki teknologi yang maju

d. Indonesia kaya akan rempah-rempah

3. Bangsa-bangsa di bawah ini pernah menjajah Indonesia, kecuali ….

a. Portugis

b. Belanda

c. Perancis

d. Jepang

4. Kedatangan bangsa-bangsa eropa ke Indonesia pada awalnya untuk ….

a. Berdagang

b. Penelitian

c. Mengabdi

d. Mencari kerja

5. Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596 yang mendarat di Banten dipimpin oleh ….

a. Cornelis de Houtman

b. Vasso Da Gama

c. Pieter Both

d. Jan Pieterszoon

6. Daerah Maluku menjadi daya tarik bangsa Portugis untuk dikuasai, karena daerah tersebut merupakan penghasil ….

a. Tebu dan kopi

b. Emas dan perak

c. Cendana dan Jati

d. Cengkih dan Pala

7. Latar belakang bangsa-bangsa eropa ke Indonesia memiliki semboyan 3G, yaitu ….

a. God, Globe, Glory

b. Gold, Gospel, Glory

c. God, Gospel, Glory

d. God, Gold, Gospel

8. Penjajahan harus dihapuskan di dunia karena ….

a. Menyengsarakan rakyat

b. Membuat banyak negara baru

c. Menimbulkan budaya modern

d. Membuat negara yang dijajah cepat kaya

9. Benda-benda di bumi ini digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan sifatnya yaitu ….

a. Padat, angin dan panas

b. Padat, cair dan gas

c. Cair, beku dan uap

d. Padat, uap dan air

10. Benda yang memiliki sifat tidak mudah berubah bentuk jika dipindahkan adalah benda ….

a. Padat

b. Cair

c. Panas

d. Uap

11. Benda cair akan memiliki bentuk sesuai dengan ….

a. Warnanya

b. Rasanya

c. Wadahnya

d. Volumenya

12. Benda cair bisa merambat melalui serat-serat halus seperti pada benda yang berbahan ….

a. Besi

b. Emas

c. Kain

d. Kaca

13. Di bawah ini yang termasuk benda gas adalah ….

a. Oksigen

b. Detergen

c. Agar-agar

d. Bensin

14. Balon yang ditiup akan mengembang lebih besar, hal ini menandakan bahwa benda gas ….

a. Tidak dapat berubah bentuk

b. Hanya bisa berada dalam balon

c. Dapat menempati ruang

d. Bertambah banyak jika ditiup

15. Sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda pada rakyat Indonesia dinamakan ….

a. Rodi

b. Romusa

c. Land-Rente

d. Cultuurstelsel

16. Pemerintahan kolonial Inggris mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia, kedmuan ia membuat kebijakan bahwa setiap tanah adalah milik negara. Sehingga setiap rakyat diharuskan untuk ….

a. Menjual sawahnya

b. Membayar pajak

c. Bercocok tanam

d. Membeli tanah

17. Berikut ini yang merupakan peristiwa membeku adalah ….

a. Perubahan kapur barus yang lama-lama menghilang

b. Air yang menguap karena dipanaskan

c. Air yang menjadi es di dalam kulkas

d. Mentega yang meleleh di atas wajan

18. Proses perubahan benda cair menjadi gas dinamakan ….

a. Menyublim

b. Menguap

c. Membeku

d. Mengembun

19. Santi mempunyai es krim, ia lupa meletakkannya di atas meja. Setelah berapa lama es krim tersebut sudah lumer dan meleleh. Hal ini termasuk peristiwa ….

a. Membeku

b. Menyublim

c. Mencair

d. Menguap

20. Salah satu tokoh Belanda yang menentang adanya tanam paksa adalah ….

a. Van Den Bosch

b. Herman W. Daendels

c. Douwes Dekker

d. Jan Pieterszoon

21. Sultan Ali Mughayat Syah adalah salah satu tokoh yang berhasil membebaskan rakyat dari usaha penguasaan bangsa Portugis di daerah ….

a. Banten

b. Cirebon

c. Tidore

d. Aceh

22. Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, pemilihan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya sebuah organisasi di awal pergerakan nasional yaitu organisasi ….

a. Perhimpunan Indonesia

b. Sarekat Islam

c. Indische Partij

d. Budi Utomo

23. Hal-hal berikut ini merupakan faktor internal adanya pergerakan nasional yang dilakukan rakyat Indonesia, kecuali ….

a. Kemenangan Jepang atas Rusia

b. Lahirnya golongan pelajar

c. Kesengsaraan rakyat yang berkepanjangan

d. Sejarah gemilang di masa lampau

24. Peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal ….

a. 27 Nopember 1908

b. 20 Mei 1908

c. 28 Oktober 1928

d. 17 Agustus 1945

25. Di bawah ini yang bukan merupakan isi dari sumpah pemuda adalah ….

a. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

b. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bernegara yang sama, negara Indonesia

c. Kami putra dan putri Indonesia, mengakui berbangsa satu, bangsa Indonesia

d. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Bangsa Eropa pertama yang menjajah Indonesia adalah ….


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Latihan Membaca Anak Sd"