Cerita Rakyat Bahasa Bali
Tolong buatkan cerita rakyat bali!!, pakai bahasa bali!!!
1. Tolong buatkan cerita rakyat bali!!, pakai bahasa bali!!!
Sueee gw gatau cerita rakyat bali karna gw bkn org bali!!!!!!!Beh, prejani ilang sedukne I Kekua, mara ningeh orta keto. Demen kenehne lakar ngamah biu nasak, laut ia masaut enggal, " Aguh Sang Lutung, yen keto apa kaden melahne, nanging kenken kema, sawireh pondoke ento joh, tukad cengcenge linggah, buina keweh pesan ngliwat". Mara keto munyine I Kekua, lantas ILutung masaut, " Beh, belog iba Kekua! Cai kaden dueg nglangi, yen tuah cai satinut, jalan kema sibarengan. Gandong awake ngliwatin tukad, suba neked ditu, awake menek punyan biu, cai ngantosang beten di bongkolne. Yen maan biu tetelu, cai abesik awake dadua".
2. Bahasa Bali. Tolong dongg buatin ringkasan cerita rakyat bawang merah bawang putih. Pakai Bhs. Bali yaaa. pleaseee.
Ada tuturan satua anak makurenan, ngelah kone pianak luh-luh duang diri. Pianakne ane kelihan madan Ni Bawang, ane cerikan madan Ni Kesuna. Akuren ngoyong kone di desa. Sewai-wai geginane tuah maburuh kaumaPianankne dua ento matungkasan pesan solahne. Tan bina cara gumi teken langit. Solah Ni Bawang ajaka Ni Kesuna matungkasan pesan, tan bina cara yeh masanding teken apine.
Ni Bawang anak jemet, duweg megae nulungin reramanne. Duweg masih ia ngraos, sing taen ne madan ngraos ane jelek-jelek. Jemet melajang raga, apa-apa ane dadi tugasne dadi anak luh. Marengin meme megarapan di paon, metanding canang, sing taen leb teken ajah-ajahan agamane. Melanan pesan ngajak nyamane Ni Kesuna. Ni Kesuna anak bobab, male megae, duweg pesan ngae pisuna, ento makrana memene stata ngugu pisadun Ni Kesuna ane ngorahang Ni Bawang ngumbang di tukade ngenemin anak truna.
Sedek dina anu, dugase ento sujatine Ni Bawang mara suug nglesung padi laut kayeh sambilanga ngaba jun anggon ngalih yeh. Krana ngugu munyin Ni Kesuna, ditu Ni Bawang lantas tigtiga, siama aji yeh anget tur tundena magedi.
Ni Bwang laut megedi sambilange ngeling sigsigan. Di subane ngutang umah, neked kone ye di tukade ketemu ajak kedis crukcuk kuning. Ditu i Kedis Crukcuk Kuninge kapilasa teken unduk Ni Bawange. Ni Bawang gotola, baanga emas-emasan, marupa pupuk, subeng, kalung, bungkung, gelang muah kain sutra.
Sesukat Ni Bawang ngelah panganggi ane melah-melah buka keto, ia nongos di umah dadongne. Tusing taen ye mulih ke umah reramanne. Kacrita jani Ni Kesuna kone nepukin embokne mapanganggo melah-melah, laut ia nakonang uli dija maan panganggo buka keto.
Disubane orahina teken Ni Bawang, ditu laut Ni Kesuna metu kenehne ane kaliwat loba. Edot ngelahang penganggo lan priasan ane bungah buka ane gelahang embokne. Krana ento, lantas Ni Kesuna ngorahin memenne nigtig ukudane apang kanti babak belur.
Sesubane katigtig, lantas ia ngeling sengu-sengu ka tukade katemu teken I Kedis Crukcuk Kuning. Kacrita jani I Crukcuk Kuning ngotol ukudan Ni Kesunane, isinina gumatat-gumitit. Neked jumah ditu lantas gumatat-gumititte ento ane mencanen Ni Kesuna kanti ngemasin mati.
Keto suba upah anak ane mrekak, setata demen mapisuna timpal, sinah muponin pala karma ane tan rahayu.
3. Saya mau minta masukan dari kalian untuk tugas saya membuat drama sosial yang berlatar belakang daerah Bali dengan memasukkan unsur adat, bahasa,pakaian,kesenian/tarian dan kearifan lokal. Konsep cerita seperti apa yang harus saya ambil, apakah bisa langsung dengan cerita rakyat bali?
Bali kan unsur ke adatannya masih terjaga. Bisa dibilang salah satu provinsi yang masih murni,sering menggunakan pakaian adat waktu berdoa, trus juga masih suka melakukan tarian adat di acara acara penting, masih menjunjung tinggi adat, kearifan lokal pokoknya masih indonesia banget. Menurut saya konsep yg bsa kamu ambil kehidupan masyarakat bali aja. Karena kehidupan masyarakat bali yg sekarang tidk jauh berbeda dengan cerita rakyat bali tempo dulu. Tinggal pintarnya kamu mebuat naskah dengan memasukkan unsur adat istiadatnya.
Itu pendapat saya, semoga membantu.bisa karna sudah sesui dengan kesediaan yang ada , menurut saya ( karna saya laki-laki) tema seperti peperangan yang memakai pakaian adat serta peralatan adat namun menurt saya juga semua properti yg di sediakan tidak di pakai semua misal kesenian/tarian ( mana ada tarian dalam perang )
4. 1. Tokoh utama pada cerita adalah ........... 2. Tokoh yang berperan sebagai antagonis adalah........ 3. Pada cerita rakyat yang berjudul ("Roro Jonggrang") tokoh utamanya adalah...... 4. Percakapan antara dua orang atau lebih dalam sebuah drama disebut...... 5.cerita rakyat yang berjudul ("asal mula selat Bali") termasuk jenis cerita fisik yang disebut Tolong jawab ya aku kasih jawaban tercerdas ya dan kasih bintang 5.0 Insya Allah saya kasih jawaban tercerdas kali.ini ya ^-^ Bahasa Indonesia (KD 3.9) Mohon para guru brainly jangan hapus pertanyaan saya, saya lagi belajar untuk habisin tema 8 Karena saya anak yatim piatu jangan di hapus ya plsss (TT)(TT)
Jawaban:
1.kweiya
2.adik adik kweiya
3.raja baka,roro jonggrang
4.dialog
5.legenda
Penjelasan:
5. 1.Sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan teks deskripsi secara lisan!Bacalah paragraf deskripsi berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 2 dan 3!Drama tari kolosal Ariah dipentaskan di area Monas. Pementasan tari kolosal ini dalam rangka Hari Jadi Kota Jakarta ke-386. Drama musikal "Ariah diambil dari cerita Betawi. "Ariah"menceritakan pejuang perempuan muda Betawi yang penuh semangat dan mempunyai martabat. Atilah Soeryadjaya memprakarsai dan menjadi sutradara cerita rakyat Betawi ini. Selain itu, seniman serba bisa itu juga menulis naskah dan sekaligus menulis lirik lagu pementasannya Dari awal sampai akhirpementasan ini sangat memukau.2. Sebutkan kalimat utama teks tersebut!3. Apa topik dalam teks deskripsi tersebut?Bacalah teks deskripsi berikut untuk menjawab soal nomor 4-8!Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Tidak Benda Warisan Manusia. Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke-6 Komite Antarpemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tidak Benda UNESCO di Bali pada 24 November 2011. Pada awalnya tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari Saman mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan. dan kebersamaan. Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat denga suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sekadalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang saring (semua nama gerak ini berbahasa Gayo). Kostum atau busana khusus tari Saman terbagi tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Bulang teleng, yaitu kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang. Sunting kepies atau tajuk bunga digunakan di bagian kanan kepala. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarungBaju kantong disebut juga baju kerawang yaitu baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan. Penggunaan warna pada kostum penari sangat penting menurut tradisi karena warna mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya.4. Apakah objek yang dideskripsikan pada teks tersebut?5. Apakah nama kostum yang dipakai di kepala penari Saman?6. Mengapa penggunaan warna penting pada kostum penari Saman?7. Sebutkan macam-macam nyanyian dalam tari Saman!8. Tuliskan struktur teks deskripsi tersebut!9. Apa manfaat mempelajari teks deskripsi?10. Mengapa teks deskripsi dikatakan bersifat personal?
Jawaban:
1. hal hal yang harus diperhatikan adalah:
apa yang dilaporkan.
Siapa yang melaporkan.
Kepada siapa laporan disampaikan.
Bahan laporan.
Bahasa yang digunakan dalam laporan yang baik dan benar.
Keruntutan laporan.
Kejelasan lafal, dan suara
Kesesuaian intonasi, gerak-gerik, dan mimik dalam penyampaian.
Kelancaran dalam pengucapan.
Keberanian dan kepercayaan diri.
Jawaban:
hal hal yang harus diperhatikan adalah:
apa yang dilaporkan.
Siapa yang melaporkan.
Kepada siapa laporan disampaikan.
Bahan laporan.
Bahasa yang digunakan dalam laporan yang baik dan benar.
Keruntutan laporan.
Kejelasan lafal, dan suara
Kesesuaian intonasi, gerak-gerik, dan mimik dalam penyampaian.
Kelancaran dalam pengucapan.
Keberanian dan kepercayaan diri
Penjelasan:
SEMOGA bermanfaat
6. tolong bantu saya untuk kerja yi iniBacalah penggalan paragraph berikut untuk menjawab nomor 1 dan 2.Kata lain cinta tanah air adalah patriotisme.Kata ini dibentuk dari kata patria berarti bangsaatau tanah air. Kata isme dalam kata patriotismadalah ajaran, semangat, atau dorongan. Jadi,kata patriotisme memiliki arti ajaran atausemangat cinta tanah air.1. Arti kata dari patriotism adalah....aAjaran yang berhubungan dengan salah satu pahlawan.b. Kepercayaan tentang rasa kebangsaan yang berlebihan.c. Bangsa yang mencintai pahlawannya.d. Semangat cinta tanah air.2. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraph tersebut adalah.…....a. Apa yang dimaksud dengan pahlawan?b. Apa yang dimaksud dengan patriotism?c. Mengapa kita harus memiliki rasa cinta tanah air?d. Kapan kita harus memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi?3. Kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tandabacanya dinamakan kalimat.....a. Efektifb. Deskriptifc. Induktifd. Naratif4. Penyampaian pidato harus dengan suara....a. Lemah lembb. Lantang.c. Marahid. Keras:5. Laporan investigasi yang dibuat berdasarkan informasi dari waktu ke waktutermasuk jenis laporan berdasarkan...a. Lini waktub. Kunjunganc. Pengamatand. Pengalaman6.Ir. Soekarno lahir di Blitar pada tanggal 6 Juni 1901. Beliaudikenal dengan panggilan Bung Karno. Ir. Soekarno bersama Drs.Mohammad Hatta telah mengambil keputusan paling bersejarahyaitu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17Agustus 1945. Beliau dikenal sebagai orator mimbar karenakemahirannya dalam berpidato.Peran Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta dalam proklamasi kemerdekaanIndonesia adalah....a. Oratorb. Proklamatoric. Narratord. EksekutorTeks untuk soal no 7 dan 8Muhammad Husni Thamrin adalah tokoh besar Betawi. Thamrinlahir pada 16 Februari 1894 di sawah Besar, Jakarta Selatan.Pada tahun 1927, Muhammad Husni Thamrin diangkat menjadianggota Volksraad (Dewan Perwakilan Rakyat). Melalui lembagainilah beliau berjuang membela rakyat. Beliau berjuangmemprotes pembangunan perumahan mewah Mentengsementara kampong kumuh diabaikan. Beliau jugamempertanyakanhargarakyat,kapuk,kopra,pajak,dan sewa tanah.kedelai,gula,beras,karet7. Muhammad Husni Thamrin berjuang membela rakyat melalui....a. Menjadi anggota Volksraad (Dewan Perwakilan Rakyat)b. Berjualan keledai,gula,beras,dan kopra ke rakyat.c. Berjuang menyerang penjajah melapeperangand. Pembangunan rumah-rumah mewah.8. Pertanyaan yang tepat untuk kalimat kedua pada teks tersebut adalah.....a. Kapan Muhammad Husni Thamrin diangkat menjadi anggota Volksraad?b. Kapan dan dimana Muhammad Husni Thamrin dilahirkan?c. Siapakah Muhammad Husni Thamrin?d. Apa jasa Muhammad Husni Thamrin dalam membela rakyat?Teks untuk soal no 9 dan 10.Pada awalnya, Jakartaolehorang-orangSunda, Jawa, Bali,Melayu,Maluku,dan beberapa suku lain. Selain itu,adajuga orang-orang Cina,Portugis,Belanda,Arab,dan India. Suku yangdianggap sebagai penduduk asli Jakarta adalah suku Betawi. SukuBetawi merupakan hasil perpaduan antaretnis dan bangsa di masa lalu.dihuni9. Jakarta dihuni oleh orang-orang yang berasal dari suku yang berbeda. Suku.yang dianggap sebagai penduduk asli Jakarta adalah....a. Suku Melayub. Suku Betawic. Suku Sundad. Suku Bali10.Ide pokok paragraph diatas adalah....a Jakarta menjadi miniature Indonesiab. Jakarta terdiri dari beberapa suku bangsac. Hamper semua suku bangsa yang ada di Indonesia kita jumpai di Jakartad. Suku Betawi merupakan hasil perpaduan antaretnis dan bangsa di masalaluIsilah titik-titik dibawah ini!1. Cerita yang berisi tentang sejarah dengan ditambah cerita lain tanpa merubahnilai sejarah yang sesungguhnya disebut.....2. Pengertian dari orator adalah....3. Pengertian patriotism dalam KBBI adalah.....4. Pengertian kata Baku adalah....5. Pak Rahmad suka mengutamakan membeli barang yang punya kwalitas. Katakwalitas dalam dalam kalimat bentuk bakunya adalah....III. Jawablah pertanyaan dibawah ini !1. Tuliskan 1 paragraf cerita sejarah tentang pahlawan yang kamu ketahuil2. Tulislah 1 contoh kalimat Tanya menggunakan 5W+1H menggunakan kalimat.yang baku!( masing-masing 1 contoh)3. Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?yang dilakukan oleh manusia berakibat buruk terhadap habitat tanaman ini4. Bagaimana cara menentukan informasi penting dari suatu teks?5. Ubahlah kata-kata dibawah ini menjadi kata yang baku sesuai Pedoman EjaanBahasa Indonesia!a Ijasahb. Jadualc Kreatifitasd. Karire. Pebruarib. Kapan dan dimana Muhammad Husni Thamrin dilahirkan?c. Siapakah Muhammad Husni Thamrin?d. Apa jasa Muhammad Husni Thamrin dalam membela rakyat?aku butuh sekarang jawaban karena besok sekolah
Jawaban:
1. D, Semangat Cinta Tanah Air
2. B Apa yang dimaksud dengan patriotism?
3. A Efektif
4. B Lemah Lembut
5. C Pengamatan
6. B Proklamator
7. A Menjadi anggota Volksraad (Dewan Perwakilan Rakyat)
8. B Kapan dan dimana Muhammad Husni Thamrin dilahirkan?
9. B suku betawi
10. B Jakarta terdiri dari beberapa suku bangsa
7. translate ke inggris verb 2 selesai upacara kita langsung menuju ke bis yang sudah di tentukan oleh panitia saya berada di bis 1 saya duduk bersama teman saya yang bernama felis dan zawa selama di perjalanan kita karaokean,nyanyi bareng dan sebagaian ada yang tidur. sekitar jam 10 kita berhenti sebentar di res area tol mojokeerto setelah berhenti kita lanjut perjalanan ke masjid al akbar surabaya untuk melaksanakan sholata jum'at bagi yang laki" dan yang perempuan makan siang ,setelah di masjid al akbar kita lanjut perjalanan sampai di probolinggo kita berhenti di spbu untuk istirahat saat di probolinggo cuacanya hujan selesai istirahat kita lanjut makan selesai makan kit pergi menuju ke pelabuhan ketapang banyuwangi.sekitar jam 10 an malam kita menyebran ke pulau dewata atau pulau bali, hari pertama di pulau bali kita ziarah makam ke makam wali pitu yang bernama habib ali bin umar bafaqih setelah ziarah kita lanjut perjalanan menuju ke resto karunia untuk makan dan mandi selesai makan dan mandi kita lanjut ke tanah lot untuk mengerjakan tugas yaitu mencari orang asing untuk diajak berbicara dengan bahasa inggris dalam tugas ini kita di bagi beberapa kelompok yang satu kelompoknya isi 10 orang saya satu kelompok dengan zila,sevti,hilya,rara,zahra,zawa,meisa,fiya,dan felis setelah kita mendapak beberapa orang asing kita menuju ke museum bajra bali yang menceritakan tentang perjuangan rakyat bali menyerang penjajah setelah ke museum kita makan siang di dewata dan membeli oleh" setelah makan kita lanjut menuju je pantai kuta untuk melanjutkan tugas kami selesai kita mengerjakan tugas kita menaiki angkot untuk lanjut ke pusat oleh oleh krisna untuk makan dan membeli oleh" srelah itu kita istirahat di hotel mars city bali . hari kedua di bali kita ke seraya budaya untuk melihat pentas seni tari barong selesai melihat pentas seni kita menuju ke resto taman sari di area bedugul disana kabutnya sangat tebal tetapi pemandangan nya sangat indah selesai makan kita lanjut ke bedugul danau terluas setelah danau batur disana aku menaiki wahana sampan dayung selesai di bedugul kita lanjut ke pelabuhan untuk melaksanakan penyebrangan ssampai di pelabuhan kita menaiki kapal untuk melaksanakan penyebrangan kita tiba di pelabuhan ketapang dan kita makan malam di resto .akhirnya saya tiba di lamongan dengan selamat
Jawaban:
after the ceremony we went straight to the bus which had been determined by the committee I was on bus 1 I sat with my friends named Felis and Zawa while on our way karaoke, singing and the women had lunch, after going to the Al Akbar Mosque we continued our journey until we arrived at Probolinggo we stopped at a gas station to rest while in Probolinggo the weather was rainy after our break the first day on the island of Bali we make a grave pilgrimage to the tomb of Wali Pitu named Habib Ali bin Umar Bafaqih after the pilgrimage we continue our journey to the bounty restaurant to eat and take a shower.lots to do the task, namely finding foreigners to speak English with in this task we are divided into several groups where one group contains 10 people, I am a group Foreigners, we go to the Bajra Bali Museum which tells about the struggle of the Balinese people to attack the invaders. After going to the museum, we have lunch at the Dewata and buy souvenirs.Kuta, to continue our task, we finished our task. We took a bus to continue to the center by Krisna to eat and buy souvenirs. After that, we rested at the Mars City Hotel.after seeing the art stage, we headed to the Taman Sari restaurant in the Bedugul area, where the fog was very thick, but the scenery was very beautiful. After eating, we continued to Bedugul, the largest lake after we continue to the port to carry out the crossing until at the port we board a ship to carry out the crossing we arrive at the port of Ketapang and we have dinner at the restaurant. finally I arrived at Lamongan safely
pejelasan : JAN LUPA LAIK & FOLLOW
8. 1. Tokoh utama pada cerita adalah ........... 2. Tokoh yang berperan sebagai antagonis adalah........ 3. Pada cerita rakyat yang berjudul ("Roro Jonggrang") tokoh utamanya adalah...... 4. Percakapan antara dua orang atau lebih dalam sebuah drama disebut...... 5.cerita rakyat yang berjudul ("asal mula selat Bali") termasuk jenis cerita fisik yang disebut Tolong jawab ya aku kasih jawaban tercerdas ya dan kasih bintang 5.0 Insya Allah saya kasih jawaban tercerdas kali.ini ya ^-^ Bahasa Indonesia (KD 3.9) Mohon para guru brainly jangan hapus pertanyaan saya, saya lagi belajar untuk habisin tema 8 Karena saya anak yatim piatu jangan di hapus ya plsss (TT)(TT)
1.Tokoh utama adalah tokoh yang ditonjolkan dalam cerita. Tokoh utama merupakan salah satu dari unsur instrinsik yang terdapat pada sebuah cerita pendek. Tokoh utama biasanya memiliki watak yang baik atau disebut juga dengan protagonis.
2.Tokoh antagonis adalah sosok yang berperan menentang dan memiliki jalan pikiran berbeda dengan tokoh protagonis.
3.Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso. Hal ini terlihat dari Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso yang menjadi fokus pembicaraan dalam cerita tersebut. Tokoh tambahan dalam cerita tersebut adalah Ayah Roro Jongrang dan pasukan jin.
4.Dialog terjadi karena percakapan antara dua tokoh atau lebih yang terdapat dalam drama.
5.di sebut dengan cerita legenda
semoga membantu
maaf kalo salah :)
Jawaban:
1. Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam sebuah cerita. Tokoh utama merupakan salah satu dari unsur instrinsik yang terdapat pada sebuah cerita pendek. Tokoh utama biasanya memiliki watak yang baik atau disebut juga dengan protagonis.
2. Tokoh antagonis adalah sosok yang berperan menentang dan memiliki jalan pikiran berbeda dengan tokoh protagonis.
3. Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso
4. Dialog terjadi karena percakapan antara dua tokoh atau lebih yang terdapat dalam drama.
5. Legenda
9. Ciri kebahasaan cerita ulang dari biografi Soekarno. Orientasi: Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya. Peristiwa & Masalah: Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan. Pada 1929 dia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktivitas politiknya, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Dia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, sampai dia dibebaskan oleh Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno mendapat kesempatan lebih besar untuk mempromosikan cita-cita nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan Sekutu. Sikap mau bekerja sama dengan Jepang ini tidak pelak mengundang kritik keras dari pelbagai kalangan “garis keras” yang menginginkan sikap nonkooperasi dengan Jepang. Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda. Pada masa itu Soekarno-Hatta sempat dibuang kembali ke Parapat dan Bangka. Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden kembali dipulihkan. Ketika sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berjalan efektif, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran semua partai politik. Dia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959, dan pada tahun berikutnya membubarkan parlemen terpilih. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya akan tiga pilar kekuatan bangsa, yaitu Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Namun, kondisi krisis ekonomi dan politik dalam negeri terus bertambah runyam. Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga terhadap AS dan kekuatan Barat. Untuk mengimbagi kekuatan Barat, dia berperan sebagai pemimpin nengara-negara baru melawan kekuatan kolonial dan “neokolonial”. Dia berhasil “memaksa” Belanda untuk menyerahkan Irian Barat (kemudian pada 1963 disebut Irian Jaya, kini Papua). Soekarno mempermaklumkan “konfrontasi” dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk pada 1963. Pada 1965 Indonesia keluar dari PBB dan Soekarno semakin aktif sebagai tokoh negara-negara “new emerging forces”. Kharismanya yang hebat tidak hanya memengaruhi rakyat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa yang baru merdeka di Asia-Afrika. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara Nonblok yang paling terkemuka. Situasi politik Indonesia memuncak dengan perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965. Kejadian ini kemudian berlanjut dengan pembunuhan besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, dan buntutnya Soekarno tersingkir. Pemimpin militer Mayjen Soeharto meminta Soekarno untuk menyerahkan kekuasaan efektifnya melalui Supersemar pada Maret 1966. Soeharto kemudian menjadi presiden menggantikan Soekarno pada 1968. Sampai kematian Soekarno di Jakarta pada 21 Juni 1970, dia masih berada dalam status tahanan rumah. Namun, pemerintah menganugerahinya Pahlawan Proklamasi. Reorientasi: Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.
sopan
berarti yg sangat dalam
bahasa nya sangat jelas padat dan singkat
10. b.Tari Rakyat15. Unsur pendukung yang berfungsi menjaga dan menilai tambah pada segi estetika yaitu....a. Tata riasc. Tata busanab. Tata suarad. Properti16. Berikut yang merupakan properti atau perlengkapan penari yaitu....Kostumc. Panggungd. Piringb. Lampuaa.17. Fungsi properti dalam seni tari adalah...Menciptakan nuansa dalam seni tarib. Memperindah dan memberi nilai tambah tarianMenghidupkan perwatakan penarid Membuat penari merasa percaya diriC.18. Salah satu unsur seni tari yang berfungsi menghidupkan karakter tokoh saat tampil adalah....Musik pengiringc. tata rias dan busanab. perlengkapand. tema taria.19. Fungsi musik dalam tari tunggal adalah sebagai....Pembawa suasanac. Penyampai pesanb. Pelengkapd. Media Permainana20. Ciri khas iringan dari bali adalah....Bersifat tenangb. Bersifat syahdua.c. Bersifat lemah gemulaid. Bersifat rancaka.21. Berikut adalah beberapa fungsi iringan tari, kecuali.Memberi kesan mewahb. Sebagai iringan penyajian tarianMengatur dan tanda efektif gerak tarid. Penentu serta pemberi tanda awal dan akhir gerak tari22. Ansambel instrumen pengiring tari yang lengkap pada umumnya terdapat didearah pulau jawa dana Sumaterac. Kalimantanb. Balid. Papua23. Berikut yang bukan unsur pembentuk sebuah cerita dalam pantonim adalah.....Mimikc. Musikb. Gerakd. Bahasaa.24. Berikut yang merupakan bentuk latihan fisik dalam pantonim adalah...Latihan Imajinasic. Latihan cerminb. Latihan emosid. Latihan ekspresia.
Jawaban:
15. D. properti
16. A. kostum
17. B. memperindah dan memberi nilai tambah tarian
18. C. tata rias dan busana
19. B. pelengkap
20. A. tenang
21. C. mengatur dan tanda efektif gerak tari
22. A. sumatra
23. C. musik
24. C. latihan cermin
Penjelasan:
maaf banget ya kak kalau ada yang salah:)
11. 4. Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat berdasarkan ….. a. Imajinasi atau karangan penulisnya b. Kisah nyata yang telah terjadi pasti c. Cerita misteri yang menakutkan d. Mitos dan kejadian aneh di dunia 5. Cerita fiksi banyak dinikmati oleh pembaca sebagai sarana …. a. Penelitian b. Sumber data c. Undang-undang d. Hiburan 6. 6. Contoh di bawah yang bukan berupa fiksi adalah …. a. Novel b. Cerita rakyat c. Buku sejarah d. Roman 7. Cerita fiksi yang berisi kisah yang bisa membuat orang mudah tertawa dinamakan …. a. Cerita misteri b. Cerita tragedi c. Cerita horor d. Cerita humor 8. Gaya dapat merubah kedudukan benda, contohnya seperti …. a. Meja menjadi berpindah tempat ketika di dorong b. Kaca menjadi hancur ketika dipukul c. Kaleng menjadi ringsek ketika diinjak d. Lampu menjadi menyala ketika dialiri listrik 9. Di lingkungan sekitar rumah Ahmad, banyak orang yang suka bermain bulu tangkis. Ahmad mengamati permainan tersebut, ketika pemain mengayunkan raketnya ke arah kok maka kok tersebut melaju dengan cepat. Maka pada kejadian tersebut terjadi gaya berupa …. a. Tarikan b. Dorongan c. Getaran d. Listrik 10. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah …. a. Gaya bisa menyebabkan benda bergerak b. Semua gaya akan membuat benda bergerak maju c. Gerak dan gaya adalah sesuatu yang sama d. Gerak bisa menciptakan gaya yang tak terbatas 11. Gaya yang dibutuhkan ketika menimba air di sumur adalah gaya yang berupa …. a.Tarikan b. Dorongan c. Gesekan d. Listrik 12. Mobil Pak Danu mogok di jalan, Bayu memanggil teman-temannya untuk membantu Pak Danu mendorong mobilnya sampai ke bengkel. Bayu menyadari bahwa semakin banyak gaya dorong yang diberikan banyak orang terhadap mobilnya, maka mobil akan …. a. Cepat hidup kembali b. Sulit bergerak ke depan c. Terdorong lebih ringan d. Mudah di angkat ke atas 13. Keragaman yang ada antara penduduk tidak menjadi masalah, jika setiap penduduk bisa bersikap …. a. Egois b. Besar kepala c. Saling menghargai d. Saling membandingkan 14. Sandi suka bermain catur, Deni suka bermain bola dan Susi suka bermain badminton. Mereka bertiga mempunyai keragaman …. a. Kegemaran b. Fisik c.Budaya d. Agama 15. Contoh di bawah ini yang merupakan keragaman fisik di antara teman adalah …. a. Bayu suka bermain bola dan Dika suka bermain basket b. Santi berkulit putih dan Riska berkulit sawo matang c. Ali berasal dari Aceh dan Budi dari Bali d. Deni rajin menabung dan Budi suka jajan 16. Pada musim hujan, para tetangga Rudi banyak yang mulai menanam padi. Kegiatan para tetangga Rudi termasuk kegiatan ekonomi berupa …. a. Produksi b. Distribusi c. Konsumsi d. Eksplorasi 17. Ayah Doni adalah seorang sopir truk, ia sering mengantarkan barang hasil panen para petani dari desa ke kota. Kegiatan ayah Doni tersebut termasuk kegiatan ekonomi yang berupa …. a. Konsumsi b. Rekreasi c. Produsen d. Distribusi 18. Setiap hari Bu Yani membeli beras dan memasaknya untuk makan. Dalam hal ini berarti Bu Yani termasuk seorang …. a. Produsen b. Distributor c. Konsumen d. Sales 19. Tokoh yang berperan penting dalam sebuah cerita dinamakan tokoh …. a. Tokoh figuran b. Tokoh utama c. Tokoh antagonis d. Tokoh protagonis 20. Cerita kancil dan buaya termasuk …. a. Fabel b. Legenda c. Misteri d. Mite disinni pelajaran ipa ips bahasa indonesia kelas 4
4. Cerita fiksi adalah cerita yang dibuat berdasarkan …..
Jawaban:a. Imajinasi atau karangan penulisnya
5. 5. Cerita fiksi banyak dinikmati oleh pembaca sebagai sarana ….
Jawaban:d. Hiburan
6. Contoh di bawah yang bukan berupa fiksi adalah ….
Jawaban:c. Buku sejarah
7. Cerita fiksi yang berisi kisah yang bisa membuat orang mudah tertawa dinamakan ….
Jawaban:.d.Cerita humor
8. Gaya dapat merubah kedudukan benda, contohnya seperti ….
Jawaban:a. Meja menjadi berpindah tempat ketika di dorong
9. Di lingkungan sekitar rumah Ahmad, banyak orang yang suka bermain bulu tangkis. Ahmad mengamati permainan tersebut, ketika pemain mengayunkan raketnya ke arah kok maka kok tersebut melaju dengan cepat. Maka pada kejadian tersebut terjadi gaya berupa ….
Jawaban:b. Dorongan
10. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
Jawaban:a. Gaya bisa menyebabkan benda
11. Gaya yang dibutuhkan ketika menimba air di sumur adalah gaya yang berupa ….
Jawaban:a.Tarikan
12. Mobil Pak Danu mogok di jalan, Bayu memanggil teman-temannya untuk membantu Pak Danu mendorong mobilnya sampai ke bengkel. Bayu menyadari bahwa semakin banyak gaya dorong yang diberikan banyak orang terhadap mobilnya, maka mobil akan ….
Jawaban:c. Terdorong lebih ringan
13. Keragaman yang ada antara penduduk tidak menjadi masalah, jika setiap penduduk bisa bersikap ….
Jawaban:c. Saling menghargai.
14. Sandi suka bermain catur, Deni suka bermain bola dan Susi suka bermain badminton. Mereka bertiga mempunyai keragaman ….
Jawaban:a. Kegemaran
15. Contoh di bawah ini yang merupakan keragaman fisik di antara teman adalah ….
Jawaban:b. Santi berkulit putih dan Riska berkulit sawo matang.
16. Pada musim hujan, para tetangga Rudi banyak yang mulai menanam padi. Kegiatan para tetangga Rudi termasuk kegiatan ekonomi berupa ….
Jawaban:a. Produksi
17. Ayah Doni adalah seorang sopir truk, ia sering mengantarkan barang hasil panen para petani dari desa ke kota. Kegiatan ayah Doni tersebut termasuk kegiatan ekonomi yang berupa ….
Jawaban: d. Distribusi
18. Setiap hari Bu Yani membeli beras dan memasaknya untuk makan. Dalam hal ini berarti Bu Yani termasuk seorang ….
Jawaban:c. Konsumen
19. Tokoh yang berperan penting dalam sebuah cerita dinamakan tokoh ….
Jawaban:b. Tokoh utama
20. Cerita kancil dan buaya termasuk ….
Jawaban:a. Fabel
Hehehe, semoga membantu ya teman. Maaf kepanjangan dibacanya ya
12. SOAL SENI BUDAYA KELAS VIII SEMESTER GANJIL 2017 A. Pilihan Ganda 1. kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek gambarnya disebut menggambar.. a. Model c. komik b. Ilustrasi d. Kartun 2. perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar disebut... a. Proporsi c. keseimbangan b. Komposisi d. Kesatuan 3. cara kita menyusun dan mengatur objek gambar model merupakan... a. Proporsi c. keseimbangan b. Komposisi d. Kesatuan 4. keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. a. Proporsi c. keseimbangan b. Komposisi d. Kesatuan 5. bahan berbasis kapur dan minyak (lilin) merupakan bahan dari .. a. krayon c. Cat air b. pinsil warna d. Cat kuas 6. g a m b a r y a n g memperjelas ide cerita atau narasi disebu gambar.. a. model c. komik b. ilustrasi d. Kartun 7. tokoh kartun seperti, Petruk dan Gareng karya Tatang S. Adalah tokoh.. a. kartun c. karikatur b. komik d. Ilustrai 8. Gambar menampilkan karakter yangdilebih-lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran merupakan... a. kartun c. karikatur b. komik d. Ilustrai 9. gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas cerita disebut.. a. kartun c. karikatur b. komik d. Vignette 10. Lukisan “Kakak dan Adik” kini disimpan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta merupakan hasil karya... a. Basuki abdullah c. Popo Iskandar b. Afandi d. Ismail marzuki 11. pada masyarakat suku Sunda menggunakan musik angklung pada waktu upacara a. Memanggil roh). C. perkawinan b. Seren Taun (panen padi) d. Khitanan 12. Lagu-lagu dalam iklan layanan masyarakat merupakan contoh fungsi musik sebagai a. Media penerangan c. Media upacara adat. b. Media bermain d. Media tari 13. Menari sekaligus bernyanyi dan bermain alat musik tifa merupakan kebiasaan masyarakat suku... a. Kalimantan c. sulawesi b. P a p u a d. NTT 14. sebutan bagi perempuan yang bernyanyi mengiringi gamelan adalah.. a. beking vokal c. Penyanyi solo b. sindhen d. Aransemen 15. lagu pakarena berasal dari daerah ... a. kalimantan c. Sulawesi Selatan b. sumatera utara d. Palembang 16. Di daerah Aceh terdapat musik yang disebut dengan.... a. Gamelan c. Gondang sembilan b. Didong d. Orkestra 17. Istilah pencon berasal dari kata pencu dari bahasa daerah... a. Jawa c. Sumatera barat b. Lampung d. Sulawesi selatan 18. totobuang merupakan alat musik pecon berasal dari daerah .. a. Jawa c. Bali b. Ambon d. Aceh 19. didefinisikan sebagai tanda alarm, sinyal komunikasi jarak jauh, morse, penanda adzan, maupun tanda bahaya merupakan kegunaan.. a. Gamelan c. Kentongan b. Tanjidor d. Bedug 20. Tokoh membuat angklung berlaraskan nada diatonis.adalah... a. Daeng sutigna c. Ikin sodikin b. Ki notosabdo d. Popo iskandar 21. Tari pakarena menggunakan properti seperti... a. Selendang c. kipas b. Payung d. Keranjang 22. menggunakan tudung kepala merupakan properti tari... a. t an i c. perang b. n e l a y a n d. Persembahan 23. Trisna Bulan Jelantik merupakan salah satu tokoh dari sekian banyak tokoh penari dan penata tari tradisional dari.. a. Bali c. Sumatera Utara b. Jawa d. Sumatera Barat 24. salah satu maestro tari Topeng Cirebonan. Adalah.. a. Huriah adam c. Didik nini thowok b. Rasinah d. S o i m ah 25. Tari randai berasal dari daerah... a. Sumatera barat c. Sumatera selatan b. Sumatera Utara d. Sulawesi selatan 26. suatu bentuk teater yang lahir, tumbuh dan berkembang di suatu daerah dan yang merupakan hasil kreativitas kebersamaan suku bangsa Indonesia... disebut teater.. a. modern c. Daerah b. tradisional d. Klasik 27. tearter rakyat yang berasal dari daerah Riau adalah.. a. Mendau c. Randai b. Makyong d. Ubrug 28. merupakan teater yang bersumber dari teater tradisional tetapi gaya penyajiannya sudah dipengaruhi oleh teater barat disebut dengan teater.. a. tradisonal c. transisi b. klasik d. Modern 29. Cerita tanpa naskah dan digarap berdasarkan peristiwa sejarah, dongeng, mitologi, atau kehidupan sehari-hari...merupan ciri-ciriteater.. a. Tradisional c. Transisi b. Klasik d. Modern 30. Peringatan pada nenek moyang dengan mempertontonkan kegagahan maupun kepahlawanannya. Merupakan fungsi teater a. Tradisional c. Transisi b. Klasik d. Modern Tolongg Jawabb Inii Pertanyaan!! besok dikumpul
1. Kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek gambarnya disebut menggambar..
A. Model
B. Ilustrasi
C. Komik
D. Kartun
2. Perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar disebut..
A. Proporsi
B. Komposisi
C. Keseimbangan
D. Kesatuan
3. Cara kita menyusun dan mengatur objek gambar model merupakan..
A. Proporsi
B. Komposisi
C. Keseimbangan
D. Kesatuan
4. Keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang di hasilkan..
A. Proporsi
B. Komposisi
C. Keseimbangan
D. Kesatuan
5. Bahan berbasis kapur dan minyak(lilin) merupakan bahan dari..
A. Krayon
B. Pensil warna
C. Cat air
D. Cat kuas
6. Gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi disebut gambar..
A. Model
B. Ilustrasi
C. Komik
D. Kartun
7. Tokoh kartun seperti, Petruk dan Gareng karya Tatang S. adalah tokoh..
A. Kartun
B. Komik
C. Karikatur
D. Ilustrasi
8. Gambar menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran merupakan..
A. Kartun
B. Komik
C. Karikatur
D. Ilustrasi
9. Gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas cerita disebut..
A. Kartun
B. Komik
C. Karikatur
D. Vignette
10. Lukisan "Kakak dan Adik" kini disimpan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta merupakan hasil karya..
A. Basuki Abdullah
B. Affandi
C. Popo Iskandar
D. Ismail Marzuki
11. Pada masyarakat suku sunda menggunakan musik angklung pada waktu upacara..
A. Memanggil roh
B. Seren Taun(Panen padi)
C. Perkawinan
D. Khitanan
12. Lagu-lagu dalam iklan layanan masyarakat merupakan contoh fungsi musik sebagai..
A. Media penerangan
B. Media bermain
C. Media upacara adat
D. Media tari
13. Menari sekaligus bernyanyi dan bermain alat musik tifa merupakan kebiasaan masyarakat suku..
A. Kalimantan
B. Papua
C. Sulawesi
D. NTT
14. Sebutan bagi perempuan yang bernyanyi mengiringi gamelan adalah..
A. Beking vocal
B. Sinden
C. Penyanyi solo
D. Aransemen
15. Lagu pakarena berasal dari daerah..
A. Kalimantan
B. Sumatera Utara
C. Sulawesi Selatan
D. Palembang
16. Di daerah Aceh terdapat musik yang disebut dengan..
A. Gamelan
B. Didong
C. Gondang sembilan
D. Orkesta
17. Istilah pencon berasal dari kata pencu dari bahasa daerah..
A. Jawa
B. Lampung
C. Sumatera Barat
D. Sulawesi Selatan
18. Totobuang merupakan alat musik pecon berasal dari daerah..
A. Jawa
B. Ambon
C. Bali
D. Aceh
19. Didefinisikan sebagai tanda alarm, sinyal komunikasi jarak jauh, morse, penanda adzan, maupun tanda bahaya merupakan kegunaan..
A. Gamelan
B. Tanjidor
C. Kentongan
D. Bedug
20. Tokoh membuat angklung berlaraskan nada diatonis adalah..
A. Daeng Sutigna
B. Ki Notosabdo
C. Ikin Sodikin
D. Popo Iskandar
21. Tari pakarena menggunakan properti seperti...
A. Selendang
B. Payung
C. Kipas
D. Keranjang
22. Menggunakan tudung kepala merupakan properti tari..
A. Tani
B. Nelayan
C. Perang
D. Persembahan
23. Trisna Bulan Jelantik merupakan salah satu tokoh dari sekian banyak tokoh penari dan penata tari tradisional..
A. Bali
B. Jawa
C. Sumatera Utara
D. Sumatera Barat
24. Salah satu maestro tari topeng cirebonan adalah..
A. Huriah Adam
B. Rasinah
C. Didik Nini Thowok
D. Soimah
25. Tari randai berasal dari daerah..
A. Sumatera Barat
B. Sumatera Utara
C. Sumatera Selatan
D. Sulawesi Selatan
26. Suatu bentuk teater yang lahir, tumbuh dan berkembang di suatu daerah dan yang merupakan hasil kreativitas kebersamaan suku bangsa Indonesia disebut teater...
A. Modern
B. Tradisional
C. Daerah
D. Klasik
27. Teater rakyat yang berasal dari daerah Riau adalah..
A. Mendau
B. Makyong
C. Randai
D. Ubrug
28. Merupakan teater yang bersumber dari teater tradisional tetapi gaya penyajiannya sudah dipengaruhi oleh teater barat disebut dengan teater..
A. Tradisional
B. Klasik
C. Transisi
D. Modern
29. Cerita tanpa naskah dan digarap berdasarkan peristiwa sejarah, dongeng, mitologi, atau kehidupan sehari-hari merupakan ciri-ciri teater..
A. Tradisional
B. Klasik
C. Transisi
D. Modern
30. Peringatan pada nenek moyang dengan mempertontonkan kegagahan maupun kepahlawanannya merupakan fungsi teater..
A. Tradisional
B. Klasik
C. Transisi
D. Modern
Pelajari lebih lanjut
1. Materi tentang seni tari, seni musik, seni teater dan seni rupa adalah https://brainly.co.id/tugas/10628174
2. Materi tentang kesenian tradisional https://brainly.co.id/tugas/268155
3. Materi tentang seni lukis, seni batik dan seni ilustrasi termasuk karya seni https://brainly.co.id/tugas/10883080
-----------------------------
Detil jawaban
Kelas: 4
Mapel: Seni Budaya
Bab: Bab 13 - Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kode: 4.19.13
Kata Kunci: seni tari, tradisional, teater
13. Evaluasi TemaBahasa IndonesiaA Bacalah cerita di bawah ini.Perang Puputan MargaranaPeristiwa ini terjadi pada 20 November 1946 di Banjar Kelaci, Kecamatan Marga, KabupatenTabanan, Provinsi Bali. Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Kolonel I Gusti NgurahRaimenerima tugas membentuk TKR (Tentara Keamanan Rakyat) di daerahnya untuk menghadangagresi Belanda yang ingin kembali menguasai Bali setelah Jepang hengkang karena kalah dalamPerang Dunia II.Ngurah Rai kemudianmembentuk pasukan Sunda Kecil bernama Ciung Wanara. Ketikamembentuk pasukan itu, dia kemudian berkonsultasi dengan Markas Besar TKR di Yogyakartasebagai pusat pemerintahan waktu itu. Namun kembali dari Yogya, ternyata Belanda sudahmendarat di Bali. Di sisi lain pasukan Ciung Wanara yang dibentuk Ngurah Rai telah tercerai beralmenjadi pasukan-pasukan kecil. Lalu, usaha pertamanya adalah mengumpulkan pasukannya itu.Belanda awalnya mengajak Ngurah Rai bekerja sama dalam upaya pendudukan tersebut. Halitu tampak dalam surat Kapten J.M.T. Kunie kepada Ngurah Rai yang intinya mengajak berunding.Namun bukannya diterima, ajakan kerja sama itu justru ditolak oleh Ngurah Rai. Mendapatpenolakan itu Belanda menambah bala bantuan pasukan dari Lombok, tujuannya untuk menyergappasukan Ngurah Rai di Tabanan. Sang kolonel yang mengetahui pergerakan Belanda itu langsungmemindahkan pasukannya ke Desa Marga. Mereka menyusuri wilayah ujung timur Pulau Bali,termasuk melintasi Gunung Agung.Namun, upaya itu diendus oleh pasukan Belanda dan akhirnya mengejar mereka. Pada 20November 1946, di Desa Marga pasukan Ngurah Rai dan pasukan Belanda bertemu hinggaakhirnya terjadilah pertempuran sengit. Dalam pertempuran itu pasukan Ciung Wanara berhasilmemukul mundur pasukan Belanda. Namun, pertempuran tidak berhenti sebab bala bantuanpasukan Belanda datang dengan jumlah besar, dilengkapi persenjataan lebih modern sertadidukung kekuatan pesawat tempur. Kondisi pun berbalik, pasukan NgurahRai malah terdesakkarena kekuatan tidak seimbang itu.Ketika hari beranjak malam, pertempuran antara pasukan Ngurah Rai dan Belanda tidak jugaberhenti. Pasukan Belanda juga kian brutal dengan menggempur pasukan Ciung Wanara denganmeriam dan bom dari pesawat tempur. Akhirnya pasukan Ciung Wanara terdesak ke wilayahterbuka di area persawahan dan ladang jagung di kawasan Kelaci, Desa Marga. Dalam kondisiterdesak itu Ngurah Rai mengeluarkan perintah puputan atau pertempuran habis-habisan. Dalampandangan pejuang Bali itu, lebih baik berjuang sebagai kesatria daripada jatuh ke tangan musuh.Malam itu, 20 November 1946, Gusti Ngurah Rai gugur bersama pasukannya. Peristiwa inilah yangkemudian dicatat sebagai peristiwa Puputan Margarana. Puputan Margarana menjadi sejarahpenting tonggak perjuangan rakyat Indonesia.soal:bacaan diatas disebut teks narasi karena....a. peristiwanya terjadi secara kronologisb. ada tokoh ceritac. mengandung sebab akibatd. menceritakan biografi seseorangTolong dijawab ya besok di kumpul
Jawaban:
B. ada tokoh cerita
Penjelasan:
Maaf kalau salah
14. 1. Kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model adalah . . . . *4 poinA. Gambar ilustrasiB. Gambar teknik.C. Gambar PosterD. Gambar Model2. Dibawah ini adalah objek gambar model dapat berupa . . . . , kecuali : *4 poinA. abstrakB. TumbuhanC. manusiaD. Hewan3. Yang tidak termasuk bentuk komposisi dibawah ini adalah . . . . *4 poinA. sentripugalB. AsimetrisC. SentralD. Simetris4. Sudut pandang penggambar disebut juga dengan . . . . *3 poina. komposisib. proporsic. komposisid. perspektif5. Dibawah ini adalah unsur-unsur gambar model, kecuali : *4 poina. garisb. proporsic. bentukd. bidang6. Dibawah ini adalah pensil yang tepat untuk membuat garis tipis . . . . *5 poina. 2Ab. HBc. B-2bD. 2H-H7. Dibawah ini jenis cat untuk menggambar, kecuali *4 poina. krayonb. cat minyakc. cat akrilikd. cat air8. Yang tidak termasuk tujuan dari gambar ilustrasi adalah . . . . *4 poinA. memperkuatB. memperburukC. memperindahD. memperjelas9. Dibawah ini adalah jenis-jenis gambar ilustrasi, kecuali : *4 poina. kartunb. karikaturc. abstrakd. komik10. Rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita disebut . . . . *3 poina. kartunb. vignettec. karikaturd. komik11. Gambar ilustrasi yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi yaitu . . . . *4 poina. vignetteb. komikc. karikaturd. kartun12. Dibawah ini adalah teknik menggambar ilustrasi . . . . *3 poinA. Teknik pahatB. Teknik batikC. Teknik ukirD. Teknik arsir13. Tahapan pertama dalam meng-gambar ilustrasi adalah . . . . *5 poinA. Menggambar sketsa globalB. Menentukan jenis gambar ilustrasiC. Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan dan kesatuanD. Menentukan tema14. Dibawah ini merupakan fungsi musik daerah, kecuali . . . *5 poinA. Pertunjukan tariB. Media hiburanC. Upacara adatD. Media olah raga15. Musik daerah yang mengiringi tari kecak yang merupakan tari yang berasal dari . . . . *3 poinA. BaliB. Jawa BaratC. BetawiD. Papua16. Alat musik yang berasal dari Papua adalah . . . . *5 poinA. AngklungB. KecapiC. TifaD. Sasando17. kicir - kicir merupakan lagu berasal dari daerah ... *A. JakartaB. Jawa BaratC. Sumatera BaratD. Bali18. Dibawah ini adalah ciri lagu daerah, kecuali . . . . *3 poinA. Bahasa daerahB. Tangga nada pentatonikC. Alat musik tradisionalD. Diketahui penciptanya19. Penampilan musik daerah di Indonesia berfungsi dalam hal- hal berikut ini yaitu .... *3 poinA. beriringan dengan pertunjukan tariB. sebagai pengiring dalam upacara- upacara adatC. sebagai media bermainD. semua jawaban benar20. Musik dalam beberapa daerah di Indonesia dianggap memiliki kekuatan yang dapat mendukung kegiatan magis. Hal tersebut merupakan fungsi musik daerah sebagai .... *4 poinA. pengiring dari pertunjukan lainnyaB. sarana upacara adatC. media hiburanD. ilustrasi pergelaran teater21. Upacara Merapu merupakan salah satu upacara adat yang menggunakan irama bunyi- bunyian untuk memanggil kepergian roh ke alam kubur. Upacara tersebut merupakan bentuk upacara adat yang berasal dari daerah .... *4 poinA. Nusa Tenggara TimurB. Sulawesi TenggaraC. BaliD. Sulawesi Selatan23. Masyarakat suku Sunda sering melibatkan irama musik angklung dalam kegiatan panen padi atau yang sering disebut dengan ... *5 poinA. Seren TaunB. TingkepanC. Nenjrag BumiD. Sepitan24. Tari Pakarena merupakan salah satu tarian yang menggunakan iringan musik di dalamnya. tarian tersebut berasal dari daerah .... *6 poinA. BaliB. SulawesiC. Nusa Tenggara baratD. Papua25. Hubungan antara musik pengiring tari dengan gerakan dalam tari adalah .... *6 poinA. iringan musik merupakan komponen yang harus ada dalam pertunjukan tariB. iringan musik membuat perasaan penari menjadi bersemangat untuk melakukan gerakan - gerakan indah dalam menariC. iringan musik tidak berpengaruh apa- apa terhadap pertunjukan tariD. Iringan musik sedikit berpengaruh dalam pertunjukan tari26. Penggunaan lagu - lagu rakyat untuk media permainan anak- anak berkembang di daerah pedesaan. Hal ini merupakan salah satu fungsi lagu daerah sebagai .... *5 poinA. media peneranganB. media bermainC. pengiring tariC. sarana upacara adat
Jawaban:
biasanya pelajaran flora n fauna itu ips bukan seni :v
15. 1.Pernyataan yang benar berkaitan dengan tari tradisional adalah. . .Tari tradisional berhubungan erat dengan kehidupan sosial budaya masyarakat setempatTari tradisional di setiap daerah cenderung samaTari tradisonal merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang turun temurun dalam suatu masyarakatKeberagaman tari tradisional memiliki keunikan tersendiri2.Di bawah ini adalah aspek – aspek yang terdapat dalam tari, Kecuali . . .Gerak C. PanggungRitmis D. Ekspresi3.Tari saman merupakan tari daerah yang berasal dari . . .Aceh C. PapuaBali D. Kalimantan4.Pola tari kecak dari bali menggunakan jenis. . . Pola lantai lurus VertikalPola lantai HorisontalPola lantai Garis Melengkung Pola lantai Diagonal5.Pola lantai lurus Vertikal pada tari menunjukan kesan . . .Lembut Tetapi lemah C. Dinamis tetapi kokohSederhana tapi kuat D. Lemah tetapi Indah6.Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat pola lantai dalam tari adalah. . . A.Menjaga setiap penari agar tidak berantakanB.Membantu penari C.menentukan gerak selanjutnyaMemberikan ciri khas suatu tarianMenunjukan peran salah satu penari dalam tariDi bawah ini adalah fungsi dari properti tari, Kecuali . . .Penunjang dan pelengkap tariMenambah nilai – nilai keindahan tariMempermudah makna dan pesan yang ingin di sampaikan penari melalui gerakannyaMenutupi kelemahan dari penampilan tariBerikut ini yang bukan termasuk unsur – unsur pendukung dalam seni tari adalah . . .A. Tata rias C. Tata panggungB. Tata Busana D. WaktuContoh iringan musik internal pada tari dapat ditemukan pada tari . . .A.Saman C. KipasB.Serimpi D. TaniTari tani yang menceritakan petani kopi memetik hasil panen, menggunakan properti . . . Caping C. Kukusan Kipas D. SelendangBerikut ini adalah pernyataan yang benar tentang bermain pantomim, Kecuali . . .Pantomim merupakan seni yang memvisualisasikan suatu objek atau benda tanpa menggunakan suaraVisualisasi pantomim menggunakan gerakan tubuh dan mimik wajahMusik tidak pernah di gunakan dalam pertunjukan pantomimCerita dalam pertunjukan pantomim adalah seputar kehidupan sehari - hariPertunjukan Pantomim menggunakan bahasa non verbal, artinya . . . Menggunakan bahasa yang mudah dimengertiMenggunakan bahsa lisanPesan atau ide yang disampaikan tidak secara langsungBahasa yang disampaikan familiar sehari - hariCerita yang dianggkat dalam pertunjukan pantomim biasanya adalah berkisar cerita . . .Rakyat C. Isu PolitikKehidupan sehari – hari D. LedendaAdegan pantomim tentang aktivitas sebuah pasar yang ramai dengan berbagai macam hal dapat dilakukan dengan bentuk pantomim . . .TunggalBerpasanganBerkelompokSemua jawaban benarDi bawah ini yang bukan merupakan tahapan latihan yang dilakukan dalam mempersiapkan pementasan pantomin adalah . . .Pemanasan C. PendinginanPelenturan D. Olah VokalPernyataan yang benar berkaitan dengan pementasan pantomim adalah . . .Karakter dan kesan dalam setiap pementasan pantomim cenderung samaSalah satu kesuksesan pementasan pantomim ditentukan oleh perancangan dan persiapan yang baikPengelolaan manajemen pertunjukan yang baik tidak menentukan pelaksanaan pementasan berjalan dengan suksesPersiapan waktu yang panjang bukanlah syarat yang wajib untuk pementasan pantomimTujuan dibentuknya panitia dalam pementasan pantomim adalah . . .Agar kegiatan pementasan lebih terarahPembagian bidang kerja yang jelasSupaya pementasan berjalan dengan baik, berhasil dan suksesAgar para pemain memiliki rasa tanggung jawabSalah satu fungsi publikasi dalam pementasan pantomim adalah . . .Memberikan gambaran tentang alur cerita pantomimMensosialisasikan kepada penonton akan pementasan pantomim yang akan datingMemberikan informasi tentang panitia pementasan pantomimMemberikan informasi tentang adanya suatu pementasan pantomim Di bawah ini adalah hal – hal berkaitan dengan pembuatan rancangan pementasan pantomim, Kecuali . . .Pembuatan rancang pentas harus menyesuaikan dengan kebutuhan naskah yang dibuatSettting dan properti sebaiknya dibuat dengan bahan yang baru dan modernPengetahuan tentang tata teknis pentas sangat diperlukan dalam mengenal cara kerja merancang pementasanKreativitas sangat diperlukan dalam merancang setting dan properti Berikut ini adalah hal – hal terkait dengan evaluasi dari pementasan pantomim, Kecuali . . . Evaluasi dilakukan untuk mengoreksi proses pementasan yang telah dilakukanEvaluasi dilaksanakan sebelum pementasan dilakukanEvaluasi sangat berguna untuk pelaksanaan pementasan selanjutnyaTingkat keberhasilan dan kegagalan rancangan dapat diketahui dari kegiatan evaluasi
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut :
Tari tradisional antar daerah yang satu dengan lainnya cenderung sama C. PanggungA. AcehPola lantai garis melengkungSederhana tapi kuatMenunjukkan peran salah satu penari dalam tari Menutupi kelemahan dari penampilan tariWaktu SamanCapingC. musik tidak pernah digunakan dalam pertunjukan pantomimMenggunakan bahasa lisanKehidupan sehari-hari Berkelompok Olah vokalPengelolaan manajemen pertunjukan yang baik tidak menentukan pelaksanaan pementasan berjalan dengan suksesAgar kegiatan pementasan lebih terarahMensosialisasikan kepada penonton akan pementasan pantomim yang akan datangKreativitas sangat diperlukan dalam merancang setting dan propertiEvaluasi dilakukan untuk mengoreksi proses pementasan yang telah dilakukanPembahasan
1.Tarian rakyat atau tari tradisional adalah tarian yang berkembang dikalangan masyarakat, ragam tarian rakyat berkembang sesuai dengan letak geografisnya, seperti daerah pegunungan dan daerah pesisir, hal ini yang membedakan bentuk dan dinamika tari.
Tarian tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Tarian tradisional erat kaitannya dengan kehidupan sosial budaya masyarakat setempat.Tari tradisional adalah tarian yang tumbuh dan berkembang serta diwariskan secara turun-temurun dalam suatu masyarakat. Ragam tarian tradisional memiliki keunikan tersendiri. Tarian tradisional memerlukan iringan musik untuk menunjang penampilan tariannya.Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah Tarian tradisional antar daerah pada umumnya sama.
2.Notasi adalah tanda tertulis untuk melambangkan atau menjadi lambang dalam tulisan. Tari adalah seni yang mengekspresikan nilai-nilai batin melalui gerakan dan ekspresi tubuh yang indah.Seni tari secara umum memiliki aspek gerak, irama, keindahan dan ekspresi. Selain itu, seni tari memiliki unsur ruang, tenaga dan waktu. Ruang berhubungan dengan posisi, level, dan perimeter. Posisi mengacu pada arah wajah dan arah gerakan. Arah pelurusan, seperti orientasi maju, mundur, miring kanan dan miring kiri.Arah gerakannya misalnya maju, mundur, berputar atau zigzag.
Oleh karena itu aspek yang terdapat dalam tari kecuali ritmis.
3.Tari Saman berasal dari suku dataran tinggi Gayo, tepatnya di provinsi Aceh, Indonesia. Diterbitkan oleh situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, penari Saman menggunakan bahasa Gayo yang dilantunkan saat melakukan gerakan tarian.
Oleh karena itu jawaban yang benar adalah Aceh
4.Berdasarkan buku Belajar Tari dalam Kurikulum PAUD, tari Kecak merupakan salah satu jenis tarian ritual yang menggunakan pola lantai lengkung yang membentuk lingkaran.
Oleh karena itu jawaban yang benar adalah lantai garis melengkung
5.Pola lantai bergaris lurus/vertikal memberikan kesan kuat dan menunjukkan hubungan antar manusia
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang tari tradisional dan non tradisional
brainly.co.id/tugas/2819313
Materi tentang perbedaan tari tradisional klasik dan kerakyatan
brainly.co.id/tugas/1278593
Materi tentang pengertian tari tradisional kerakyatan
brainly.co.id/tugas/26456513
Detail jawaban
Kelas: 7
Mapel: Seni Budaya
Bab: Bab 6 - Gerak Tari dan Iringan
Kode: 7.19.6
#AyoBelajar #SPJ 2
Posting Komentar untuk "Cerita Rakyat Bahasa Bali"